8 PESONA KABUPATEN JAYAPURA

8 PESONA KABUPATEN JAYAPURA

Tuesday, 23-07-2019 | 23:08

Festival budaya

 

Selama ini mungkin Kabupaten Jayapura hanya menjadi tempat persinggahan sementara saat Anda datang ke Papua, berhubung Bandara Sentani yang menjadi akses jalur udara menuju Papua memang ada di Kabupaten Jayapura. Anda juga harus melewati kota kabupaten ini saat hendak menuju Kota Jayapura, ataupun menuju beberapa kabupaten lain di Provinsi Papua. Tapi, sebaiknya luangkanlah waktu lebih lama di Kabupaten Jayapura untuk menjelajahi beragam pesona yang ada di sini.

 

1. PESONA DANAU

Danau Sentani

 

Di Kabupaten Jayapura-lah danau terluas di Papua berada. Danau Sentani, yang memiliki luas lebih dari 9.300 hektar, membentang dengan pemandangan menakjubkan. Lalu ada lagi Danau Love, yang memiliki bentuk mirip hati, dikelilingi bukit kehijauan.

 

2. PESONA PANTAI

Buat penyuka leisure activity, Anda bisa berenang di pantai-pantai alami yang tersebar di kawasan Depapre. Pantai Harlend, Pantai Amai, Pantai Tablanusu, semua memiliki kesamaan: jauh dari ingar-bingar. Di sini Anda bisa snorkeling, diving, atau bird watching.

 

3. PESONA HUTAN DAN GUNUNG

Pegunungan di sekitar Danau Sentani

 

Kabupaten Jayapura memiliki lanskap lengkap. Danau Sentani juga dikelilingi Pegunungan Cycloops yang cocok bagi penyuka kegiatan outdoor-adventure. Mari menjajal alam hutan cagar alam Cyloops dengan hiking menuju air terjun, melihat flora dan fauna endemik. Lalu melepas lelah di kolam dengan air pegunungan di Pemandian Hiroshi dan Makhanuay.   

 

4. PESONA BUKIT

Hiking-lah juga ke Bukit Teletubbies yang nggak cuma ada di Bromo Jawa Timur. Naiklah ke atas bukit dan susuri, lihatlah pemandangan Danau Sentani yang spektakuler dari atas ketinggian.

 

5. PESONA SEJARAH

Pemandangan dari Tugu MacArthur

 

Mari mampir di Tugu MacArthur atau tangki minyak peninggalan Sekutu dari Perang Dunia II. Inilah keunikan Kabupaten Jayapura yang tak boleh Anda lewatkan.  

 

6. PESONA BUDAYA

Membuat lukisan kulit kayu

 

Kenali eksotisme budaya Papua melalui Kabupaten Jayapura yang menjadi tempat hidup 9 suku adat dan tersebar di sekitar danau, gunung, hingga pesisir pantai. Ritual tarian Isosolo, warga Kampung Asei yang membuat kerajinan lukisan kayu, tembikar di Kampung Abar, dan masih banyak lagi.

 

7. PESONA KULINER

Papeda

 

Jangan lupa cicipi papeda dengan ikan kuah asam. Atau bhra, si getuk dari sagu asal Papua. Semua berbahan dasar sagu, yang menjadi pangan pokok masyarakat Papua.

 

8. PESONA FESTIVAL DANAU SENTANI

 

Nah ini dia, festival budaya dan keindahan alam yang paling dinanti-nanti. Biasa digelar setiap bulan Juni. Dalam festival ini kita bisa menyaksikan pertunjukan seni, budaya, kearifan lokal, pameran kerajinan tangan, kuliner di Danau Sentani. Jelajahi Kabupaten Jayapura, dengan beragam paket wisata menarik untuk turis yang datang. Foi moi.

Teks & Foto: Tim ayojalanjalan

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


587

Back to Top