25 LANDMARK DI EROPA (bagian 2)

25 LANDMARK DI EROPA (bagian 2)

Tuesday, 03-05-2016 | 15:05

La Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol

 

Landmark adalah obyek populer yang menjadi penanda atau ikon daerah/kota tertentu. Bisa berupa bangunan, menara, istana, kastil, jembatan, tugu, monumen, patung, gerbang, masjid, gereja dan bangunan tempat ibadah lainnya. Kalau sebelumnya pernah ditampilkan 30 landmark di Indonesia, kali ini 25 landmark di Eropa. Turis yang dolan-dolan ke Eropa pastilah manargetkan berfoto-foto di landmark-landmark ini. Anda sudah berfoto di mana aja?

 

 

1.       La Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol

Gereja nonkonvensional yang dibangun sejak tahun 1883 ini entah kapan selesainya, karena biaya pembangunannya hanya berasal dari hasil tiket masuk saja. Antoni Gaudi sang arsitek tidak bisa menyelesaikan karyanya karena meninggal dalam kecelakaan trem dan disemayamkan tepat di bawah gereja ini. Desain dalam La Sagrada yang mirip seperti pohon tinggi menjulang dengan kreasi kaca warna-warni memantulkan sinar ke seluruh ruangan,  menghasilkan terang yang berbeda di setiap sudutnya. Bila hanya melihat dari luar saja kita bisa menyaksikan 3 sisi muka yaitu Nativity, Passion dan Glory. Jam buka pkl.09.00-18.00 (Oktober-Maret) dan pkl.09.00-20.00 (April-September).

 

 

2.       Christo Rei di Lisbon, Portugal

Patung Yesus dengan tangan terentang ini hampir mirip dengan yang di Dili Timor Leste dan di Rio De Janeiro Brasil. Patung ini didirikan untuk memperingati jiwa-jiwa yang terselamatkan dan hidup di masa Perang Dunia II. Patung setinggi 28 m di atas menara yang menjulang ke langit setinggi 82 m ini dibangun tahun 1959. Untuk naik ke atas melalui lift harus membayar EUR 5. Dari atas akan tampak jembatan merah yang mirip Golden Gate di San Fransisco AS yang dibangun oleh arsitek yang sama.

 

 

3.       Charles Bridge di Praha, Ceko

Jembatan bergaya Barok sepanjang 621 m yang melintasi Sungai Vltava ini penghubung Kastil Praha dan Old Town. Jembatan ini dulunya bernama Kemenny atau Prazsky, namun berubah menjadi Charles Bridge tahun 1870. Beberapa bagian jembatan ini sudah mengalami kerusakan karena banjir dan pemberontakan. Beberapa patung besar di kanan kiri jembatan juga turut rusak, namun kini sudah digantikan dengan replikanya. Oh ya, salah satu patungnya, St. John Nepomuk sering dielus para turis maupun warga lokal karena konon dapat mengabulkan permohonan orang yang mengelusnya.

 

 

4.       Novy Most alias Jembatan UFO di Bratislava, Slowakia

Jembatan yang dibangun tahun 1972 dan mempunyai panjang 430 m ini berada di Sungai Danube yang membelah Kota Bratislava. Nama asli jembatan ini Novy Most (New Bridge), namun karena di atas jembatan ada bangunan mirip UFO, maka jembatan ini lebih populer dengan nama UFO Bridge. Sebenarnya “UFO” tersebut adalah sebuah restoran di ketinggian 80 m, sehingga kalau malam hari akan terlihat seperti UFO yang memancarkan cahaya dari dalam ruangannya. Untuk menikmati pemandangan Kota Bratislava kita bisa naik ke dek UFO tersebut dengan membayar EUR 6,50 dan EUR 3 untuk anak-anak. Jam bukanya pkl.10.00-23.00.

 

 

5.       Manneken Pis di Brussels, Belgia

Landmark Kota Brussels yang satu ini memang lain dari yang lain. Kalau landmark yang lain merupakan bangunan atau struktur yang besar, Maneken Pis hanyalah patung setinggi 60 cm saja. Yap, ini adalah patung anak kecil yang sedang pipis, yang dibuat pada abad ke-14. Untuk sampai ke sini harus melewati jalan sempit di kota tua Brussels, alun-alun Grote Market. Ada yang menganggap patung ini sebagai peringatan hilangnya anak bangsawan dan kemudian ditemukan sedang pipis. Ada juga yang bilang bahwa anak ini pahlawan yang membatalkan ledakan di Brussels, dan masih banyak versi lainnya. Ternyata nggak harus berukuran besar untuk menjadi terkenal di seluruh dunia ya.

 

(Bersambung)

Teks: Fransiskus Ipang K Foto: Istimewa, Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


473

Back to Top