13 OBJEK WISATA DI ST. PETERSBURG & PANDUANNYA

13 OBJEK WISATA DI ST. PETERSBURG & PANDUANNYA

Sunday, 07-07-2019 | 18:12

Church of the Savior on Spilled Blood

 

Tidak afdol kunjungan ke Rusia kalau hanya ke Moskow. Harus juga ke Kota St.Petersburg. Jarak tempuhnya dari Moskow hanya 4 jam dengan kereta cepat Sapsan. Ada apa saja yang menarik di St. Petersburg? Simak yang berikut.

 

1. PALACE SQUARE

Jika Moskow punya Red Square, St. Petersburg punya Palace Square di Dvortsovaya Ploshad. Merupakan lokasi di mana peristiwa-peristiwa penting terjadi termasuk Revolusi Oktober tahun 1917 dan Bloody Sunday tahun 1905.

 

Di tengah square terdapat Alexander Column dengan tinggi 47,5 m. Bangunan yang paling dikenal di alun-alun ini adalah Winter Palace dan General Staff Building. Di sebelah barat terdapat Admiralty Building, sedangkan di bagian timur ada Guards Corps Headquarter. Jadi, dari tengah alun-alun ini kita bisa berfoto dengan banyak latar bangunan di sekitarnya.

 

Alexander Column dan Winter Palace di tengah Palace Square

 

2. STATE HERMITAGE MUSEUM

Kompleks Hermitage Museum terdiri dari Hermitage Theater, The Old Hermitage, The Small Hermitage, Winter Palace dan New Hermitage yang terletak di belakang Old Hermitage. Bangunan-bangunan ini terletak berjajar di sepanjang Palace Embankment menghadap sungai. Museum meliputi Kompleks Utama Hermitage Museum ditambah Menshikov Palace, General Staff Building, Museum of Porcelain, dan Sorage Facility. Sebagian besar barang seni terdapat di Winter Palace.

 

Winter Palace, bagian dari State Hermitage Museum

 

Tiket: Untuk tiket terusan kompleks utama Museum Hermitage, General Staff Building, Winter Palace, Menshikov Palace, Museum of Porcelain sebesar 600 rubel. Untuk satu museum 300 rubel. 

Jam buka: Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu pkl.10.30–18.00, Rabu, Jumat pkl.10.30–21.00. Tutup setiap Senin, 1 Januari dan 9 Mei.

 

3. WINTER PALACE

Istana yang luas ini memperlihatkan kebesaran dan kemegahan Rusia. Panjangnya 250 m dan tinggi 30 m dengan dinding luar didominasi warna putih dan hijau. Istana ini memiliki 1.500 ruangan, 117 tangga, dan hampir 2.000 jendela. Interiornya sungguh memesona, tidak terkecuali langit-langit di berbagai ruangannya. Di sini pengunjung bisa melihat barang-barang yang berkaitan dengan Peter the Great (1672-1725), termasuk juga lukisan-lukisan dan artefak pribadinya. Winter Palace menjadi salah satu bagian dari Hermitage Museum.

 

Winter Palace dan langit-langit yang cantik

 

Tiket: Dewasa 300 rubel, untuk anak-anak dan pelajar gratis. Tiket terusan kompleks utama Museum Hermitage, General Staff Building, Winter Palace sebesar 600 rubel. Gratis setiap Kamis di minggu pertama tiap bulannya.

Jam buka: Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu pkl.10.30–18.00, Rabu, Jumat pkl.10.30–21.00. Tutup setiap Senin, 1 Januari dan 9 Mei.

 

4. ADMIRALTY BUILDING

 

Merupakan bangunan yang terletak di depan Neva River dan Taman Alexandrovsky yang mengelilinginya. Didirikan tahun 1706 sesuai dengan rencana yang digambarkan oleh Peter The Great. Bangunan ini memiliki bentuk yang unik, yaitu huruf U. Gedung ini hanya bisa dilihat dari luar.

 

5. BRONZE HORSEMAN

 

Merupakan monumen untuk menghormati Peter I (Peter The Great). Terdapat di Senate Square yang berhadapan dengan Sungai Neva. Patung equistrian (patung kuda dengan penunggangnya) di sini adalah Peter I. Ada legenda yang menyebutkan bahwa kota ini tidak akan dikuasai lagi oleh negara lain selama Bronze Horseman tetap berada di tempatnya.

 

6. SAINT PETERSBURG MOSQUE

 

Masjid yang didesain Nikolai Vasilyevini merupakan masjid terbesar keempat di Rusia bagian Eropa. Desainnya sangat indah, kubahnya memiliki tinggi 39 m dan menaranya 48 m. Eksterior masjid didominasi warna turkois.

 

7. RUSSIAN MUSEUM

Didirikan oleh Emperor Alexander III, museum ini berisi koleksi seni terbesar Rusia dari abad ke-10 hingga ke-21. Museum ini mencakup 30 hektar termasuk Mikhailovsky Palace, Marble Palace, Stroganof Palace dan Mikhailovsky Castle, Summer Garden, Peter I Summer Palace, Peter The Great Cabin dan Mikhailovsky Garden.

Tiket gabungan: Dewasa 750 rubel, pelajar 350 rubel.

Jam buka: Senin, Rabu, Jumat-Minggu pkl.10.00-18.00, Kamis pkl.13.00-21.00, Selasa tutup. Untuk Mikhailovsky dan Benois Wing Senin buka hingga pukul 20.00.

 

8. SUMMER GARDEN

 

Merupakan taman umum dengan 79 pahatan yang dibuat oleh seniman terkenal pada abad ke-17 dan ke-18. Memiliki pepohonan tinggi dan rindang. Di beberapa spot kita dapat menemukan paviliun, kolam, coffee house dan tea house.

Jam buka:Rabu-Senin pkl.10.00-18.00 dan khusus Kamis hingga pkl.21.00.

 

9. CHURCH OF THE SAVIOR ON SPILLED BLOOD

Gereja ini terletak di lokasi pembunuhan Emperor Alexander II tahun 1881. Alexander II dikenal karena mengeluarkan kebijakan emansipasi budak Rusia, mereformasi sistem peradilan, dan menghapuskan hukuman fisik.

 

Gereja ini memiliki struktur khas Barok dan Neoklasik. Yang menjadi ciri khas gereja ini adalah kubah berbentuk bawang yang masing-masing dicat dengan warna cerah sehingga sangat eye catching. Bagian dalam juga diisi oleh mosaik dan mural yang sangat berwarna. Gereja ini diyakini sebagai gereja dengan mosaik paling banyak di dunia.

 

Mosaik cantik di Church of the Savior on Spilled Blood

 

Tiket: Dewasa 300 rubel, pelajar dengan tanda pengenal 170 rubel, anak-anak (7-18 tahun) 50 rubel, <5 tahun gratis. Izin untuk mengambil foto 66 rubel, video 132 rubel, audio guide 350 rubel.

Jam buka: Kamis-Selasa pkl.10.30–18.00. 1 Mei-30 September juga buka malam hari pkl.18.00-22.30.

 

10. KAZAN CATHEDRAL

 

Dari luar gereja ini nggak terlihat seperti gereja karena bagian depannya memiliki pilar-pilar besar dan kokoh layaknya istana. Gereja ortodoks ini memiliki 56 tiang granit merah besar dan lantai dengan marmer mosaik. Di malam hari cahaya dari gereja ini sangat cantik. Baik Kazan Cathedral di sini maupun di Moskow, keduanya dibangun untuk menghormati Lady of Kazan, salah satu tokoh yang sangat dikenal di Rusia.

Jam buka: Senin-Rabu pkl.08.30-akhir pelayanan malam, weekend pkl.06.30 hingga akhir kebaktian.

 

11. PETERHOF PALACE

Peterhof Palace dan tamannya sering disebut sebagai Versailles-nya Rusia karena tamannya yang besar dan air mancurnya sangat mirip dengan Versailles di Prancis. Istana ini memiliki luas sekitar 500 hektar. Dan setiap sudut istana maupun tamannya sangat indah.. Yang wajib dikunjungi di istana ini adalah Grand Palace yang meskipun tidak terlalu besar tapi merupakan pusat dari istana ini.

 

Peterhof Palace, mirip Versailles

 

Tiket: Dewasa 600 rubel, anak kecil dan pelajar 300 rubel.

Jam buka: Selasa-Minggu pkl.10.30-18.00, tutup hari Senin dan Selasa terakhir tiap bulannya. 

 

12. ST. ISAAC’S CATHEDRAL

Didirikan tahun 1818-1858, saat itu gereja ini merupakan gereja utama di St. Petersburg dan katedral terbesar di Rusia. Katedral ini didesain oleh Auguste Montferrand dan merupakan salah satu gereja yang paling indah di Rusia. Bagian dalam gereja dihiasi mosaik dan lukisan yang menakjubkan. Di musim panas (1 Mei-1 Oktober), gereja ini bisa dikunjungi juga di malam hari.

 

Indahnya mosaik di St. Isaac’s Cathedral

 

Tiket: Dewasa 300 rubel, anak-anak dan pelajar dengan ID 170 rubel.

Jam buka: Kamis-Selasa pkl.10.30-18.00

 

13. NEVSKY PROSPEKT

Nevsky Prospekt di malam hari

 

Merupakan jalan utama di St. Petersburg, memanjang dari Moskow Railway Station dan Vosstaniya Square hingga Admiralty Building. Kazan Cathedral terletak di jalan ini. Di sepanjang jalan kita bisa mendapati berbagai toko termasuk toko suvenir. Di malam hari jalan ini bertambah cantik dengan lampu-lampunya. Wajib menyusuri jalan ini kalau ke St. Petersburg.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Lithuania dan Latvia"

 

TRANSPORTASI DI ST. PETERSBURG

Menyusuri St. Petersburg lebih enak dengan berjalan kaki. Selain karena sebagian besar objek wisatanya terletak di tengah kota dan jaraknya berdekatan, kita akan lebih bisa menikmati cantiknya kota ini. Namun jika ingin menggunakan transportasi umum kita bisa menggunakan metro, bus, trem, trolley bus, taksi ataupun dengan Uber.

 

PENGINAPAN

Sama dengan Moskow, St. Petersburg juga memiliki banyak pilihan penginapan dari mulai hostel, apartemen hingga hotel berbintang. Rekomendasi: Morskaya, atau Nevsky Prospekt.

 

TRANSPORTASI DARI MOSKOW

Dari Moskow ke St. Petersburg bisa naik kereta cepat Rusia, Sapsan. Jika kereta biasa normalnya memakan waktu 8 jam, dengan Sapsan hanya 4 jam.

Teks: Titry Frilyani Foto: Priyo Tri Handoyo, Shutterstock, Titry Frilyani

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


992

Back to Top