PANDUAN MENIKMATI 4 TEMPAT WISATA KELUARGA DI JEPANG

PANDUAN MENIKMATI 4 TEMPAT WISATA KELUARGA DI JEPANG

Thursday, 20-06-2019 | 20:55

Disneyland Tokyo

 

Jepang masih merupakan tujuan wisata populer bagi orang Indonesia, terutama yang bepergian dengan keluargaa. Salah satunya karena Jepang menawarkan banyak theme park yang menarik. Artikel ini hanya kan membahas 4 tempat tapi disertai panduan yang sangat bermanfaat buat modal liburan keluarga Anda berikutnya.

 

1. DISNEYLAND & DISNEYSEA TOKYO

Disneyland, the happiest place on earth! Dan bahkan hadir dalam ‘paket kombo’ Disneysea yang hanya ada satu-satunya di dunia! Apa bedanya? Bedanya, Disneyland cocok untuk segala umur. Suasananya pun lebih romantis dan memorable. Sedangkan Disneysea hadir dengan suasana petualangan yang menegangkan, jadi lebih banyak anak-anak muda di sini. Juga, kalau di Disneyland ada kastil, di Disneysea ada gunung berapi!

 

 

Selain karakter klasik Disney, hadir juga ‘keluarga-keluarga baru’ yang menghadirkan keseruan baru. Ada Stitch, Monster Inc, Nemo, Toy Story, Pirates of Carribean, sampai Star Wars – Star Tours yang menawarkan empat petualangan berbeda. Bahkan, pengunjung yang datang juga mempertontonkan atraksi tersendiri lho! Banyak yang datang dengan berkostum karakter Disney. Eits, jangan buru-buru pulang, karena Disney akan menutup keseruan secara spektakuler dengan pertunjukan kembang api!

 

Lokasi: 1-1 Maihama, Urayasu, Chiba Prefecture 279-0031, Jepang. Tel: +81 45-330-5211

Harga tiket: Dewasa (>18 tahun) 7.400 yen (1 day passport), 13.400 yen (2 day passport), 17.800 yen (3 day magic passport), 22.400 yen (4 day magic passport). Junior (12-17 tahun) 6.400 yen (1 day passport), 11.600 yen (2 day passport), 15.500 yen (3 day magic passport), 19.400 yen (4 day magic passport). Anak-anak (4-11 tahun) 4.800 yen (1 day passport), 8.600 yen (2 day passport), 11.500 yen (3 day magic passport), 14.400 yen (4 day magic passport). Balita (<3 tahun) gratis.

Jam buka: Bervariasi tergantung musim. Umumnya pukul 08.30-22.00.

 

 

Tips:

- Nggak pernah ada kata sepi di Disneyland Tokyo, karena warga Jepang itu maniak theme park. Jadi lebih baik Anda merencanakan kunjungan semaksimal mungkin. Buka http://www.tokyodisneyresort.jp/en/ untuk mengetahui permainan, atraksi, dan yang ingin Anda nikmati.

- Saat jam makan (siang dan malam) seluruh restoran dan kantin akan dipenuhi orang antre. Jadi lebih baik cari tempat makan sebelum jam makan.

- Perhatikan jadwal show dan parade yang terdapat pada flyer yang tergabung dengan peta taman.

- Maksimalkan penggunaan Fastpass di permainan-permainan yang antreannya panjang. Di tiket Fastpass akan tercetak waktu Anda dapat memasuki permainan tanpa ikut antrean reguler. Fastpass ini terbatas, dan sistemnya first come first serve. Jika Anda melewati waktu yang ditentukan, maka Fastpass Anda nggak berlaku.

 

2. EDO WONDERLAND (NIKKO EDOMURA)

Di theme park unik ini kita bisa merasakan langsung kehidupan Jepang di zaman Edo. Selain arsitekturnya, para pekerjanya pun mengenakan kostum zaman Edo. Ada yang jadi samurai, jadi pedagang, sampai ada yang jadi maling juga lho! Serunya lagi, kita juga bisa ikutan role play di sini.

 

 

Disediakan penyewaan kostum bagi pria dan wanita dengan berbagai peran, dari warga biasa sampai bangsawan. Nah, nanti kita akan diperlakukan sesuai dengan kostum yang kita pakai. Misalnya kalau kita memakai kostum bangsawan, jangan kaget kalau ada yang memberi hormat. Untuk anak-anak bahkan tersedia kursus ninja dan samurai. Seru ‘kan? Selain role play, di sini juga banyak atraksi menarik dan unik yang juga bergaya Edo, dari rumah ninja, penjara, sampai rumah hantu.

 

Lokasi: 321-2524, Tochigi Prefecture, Nikko City, Karakura 470-2, Jepang. Tel: +81 288-77-1777

Harga tiket: 4.700 yen (dewasa), 2.400 yen (anak-anak), 3.290 yen (lansia >65 tahun), balita gratis. Penyewaan kostum bervariasi tergantung jenis kostum yang disewa, mulai dari 2.900 yen (warga biasa) sampai 9.800 yen (tuan putri).

Jam buka: Musim panas (20 Mar–30 Nov) pkl.09.00-17.00, musim dingin (1 Des–19 Mar) pkl.09.30-16.00. Tutup tiap Rabu, dan saat maintenance (8 Des–21 Des).

 

Tips:

- Jika punya kimono atau kostum, boleh dipakai, jadi nggak perlu sewa kostum lagi. Yang nggak mau pakai kostum juga nggak apa-apa.

- Perhatikan jadwal pertunjukan supaya nggak kelewat. Atraksi yang nggak boleh dilewatkan adalah Oiran Courtesan Procession yang hanya satu kali dalam sehari.

- Semua pertunjukan menggunakan bahasa Jepang, jadi jangan lupa mengambil lembaran sinopsis supaya tetap bisa ngerti. Ada yang bahasa Indonesia kok sinopsisnya.

- Di beberapa pertunjukan kita dibagikan lembaran kertas kecil saat akan masuk. Fungsinya untuk membungkus ‘uang tip’ yang akan dilemparkan ke panggung saat akhir pertunjukan, tanda kita puas. Kalau nggak ngasih tips, jangan lempar kertasnya ya.

 

Baca juga: "8 Hal yang Harus Dilakukan di Kyoto"

 

3. MT. KACHI-KACHI ROPEWAY

Ini adalah salah satu cara unik untuk menikmati keindahan Gunung Fuji di Jepang. Dengan menaiki kereta gantung, dalam 3 menit kita akan dibawa pada ketinggian 1.075 m di mana kita dapat menikmati pemandangan Gunung Fuji beserta Danau Kawaguchi. Dengan pemandangan 360 derajat kita bahkan bisa melihat Minami Alps (Gunung Akaishi dan Arakawa) saat langit cerah.

 

 

Selain pemandangan, banyak hal unik lainnya yang hanya ada di atas sini, seperti Usagi Shrine, Karawake Throwing, Tanuki Tea House, serta Bell of Tenjo yang wajib bagi yang sedang kasmaran. Lengkapi perjalanan Anda dengan menaiki Ensoleille Sightseeing Boat di atas Danau Kawaguchi. Perjalanan dengan kapal bergaya retro ini memakan waktu sekitar 30 menit, dan akan membawa kita sampai ke tengah danau. Jika masih kurang puas, bisa dilanjutkan dengan perjalanan darat menggunakan Retro Bus/Omnibus yang unik.

 

Lokasi: 401-0303 Yamanashi Prefecture, Minamitsuru District, Fujikawaguchiko, Azagawa, 1163−1, Jepang.

Harga tiket: Dewasa 800 yen (ropeway only), 1.000 yen (boat only), 1.300 yen (ropeway & boat), 2.360 yen (ropeway, boat, retro bus). Anak-anak 400 yen (ropeway only), 500 yen (boat only), 650 yen (ropeway & boat), 1.180 yen (ropeway, boat, retro bus).

Jam buka: 09.00-17.00 (tutup jika ada kendala cuaca dan lainya).

 

Tips:

- Bagi yang nggak mau naik kereta gantung, bisa trekking melalui jalan yang disediakan (gratis) untuk menuju dek observasi.

- Jika membeli paket Ropeway & Boat, urutan pertama yang diwajibkan adalah ropeway dulu, lalu boat. Untuk Omnibus/ Retro Bus menggunakan sistem hop on/ hop off sepuasnya untuk dua hari.

- Pastikan saat kunjungan kondisi alam tidak sedang berkabut atau berawan, agar dapat melihat Gunung Fuji. Musim terbaik adalah saat sakura mekar, karena pemandangannya jadi sangat cantik. Juga saat musim dingin, karena umumnya langit cerah tak berawan.

 

4. UNIVERSAL STUDIOS JAPAN, OSAKA

Universal Studios Japan memiliki area yang jauh lebih luas dari Universal Studios Singapore. Permainan dan atraksinya pun lebih lengkap bagi segala umur. Yang pasti, penggemar Harry Potter wajib ke sini kalau mau ngerasain langsung suasana Diagon Alley, masuk ke dalam Hogwarts, memilih tongkat sihir di Ollivanders, sampai berhadapan langsung dengan Dementor!

 

Kastil Hogwarts

 

Penggemar anime juga nggak boleh ketinggalan, karena di sini sering diadakan event khusus yang bertemakan anime, seperti One Piece, Detective Conan, Attack of  The Titans, Evangelion, Sailor Moon, Biohazard, sampai yang terbaru Final Fantasy! Dan tentu saja berbagai atraksi seru lainnya khas Universal Studios, seperti Jurassic Park, Jaws, Sesame Street, Minion, plus Hello Kitty dan Snoopy!

 

Lokasi: 2 Chome-1-33 Sakurajima, Konohana Ward, Osaka, Osaka Prefecture 554-0031, Jepang. Tel: +81 570-200-606.

Harga tiket: 1 Hari Dewasa 7.400 yen, 1 Hari Anak-Anak 5.100 yen, 2 Hari Dewasa 14.700 yen, 2 Hari Anak-Anak 10.000 yen.

Jam buka: Bervariasi tergantung musim dan event. Rata-rata pukul 09.00-18.30. Silakan cek di https://www.usj.co.jp/e/parkguide/calendar.html

 

Tips:

- Selain areanya sangat luas, permainan dan atraksinya juga sangat banyak. Bila hanya punya waktu satu hari di sini silakan buka https://www.usj.co.jp/e/ untuk rencanakan kunjungan Anda dengan baik. Yang pasti nggak pernah ada kata sepi di sini, jadi bersiaplah mengantre!

- Saat peak season, untuk memasuki The Wizarding World of Harry Potter diharuskan menggunakan tiket antrean (numbered ticket). Tiket ini tidak dikenakan biaya tambahan, hanya saja menentukan pukul berapa kita boleh masuk dengan sistem first come first serve. Jadi jika ingin berlama-lama lebih baik segera dapatkan tiket ini begitu masuk.

- Dilarang bawa makanan dan minuman. Tapi kalau makanan kecil dan botol kecil sih boleh. Yang mau ngirit, bisa cari makan di Universal City Walk yang berada pas di luar USJ. Di sini harganya lebih ramah di kantong. Tapi jangan lupa minta cap tangan saat keluar ya, supaya bisa masuk lagi setelah makan.

Teks & Foto: Julius Leonardo

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


720

Back to Top