15 DIVE SITES FAVORIT DI RAJA AMPAT (Bagian 2-Tamat)

15 DIVE SITES FAVORIT DI RAJA AMPAT (Bagian 2-Tamat)

Sunday, 24-03-2019 | 22:53

Pygmy seahorse

 

Siapa yang berani membantah bahwa surga bawah laut ada di Raja Ampat? Terumbu karangnya rapat, variatif dan berwarna-warni, ikan-ikan besarnya berseliweran, makhluk-makhluk mininya mencengangkan, belum lagi lansekap bawah lautnya yang cantik seperti gua-gua, swim through, window, hanging reef dan banyak lagi. Mata terpuaskan, adrenalin pun terpacu. Sekali dive trip tak akan cukup untuk menjelajah bawah laut Raja Ampat yang membentang baik di kawasan utara maupun selatan (Misool). Berikut 15 dive sites favorit di Raja Ampat pilihan MyTrip dari sekian banyak dive sites yang ada.

 

KAWASAN SELATAN RAJA AMPAT (MISOOL)

11. KARANG BAYANGAN (MAGIC MOUNTAIN)

Highlight: Ikan besar seperti oceanic manta, napoleon wrasse, barakuda, hiu

 

Yang suka pelagic alias ikan-ikan besar pasti jatuh cinta dengan titik selam yang satu ini. Apalagi kalau begitu masuk kita disambut dengan tarian gemulai sang oceanic manta ray, yang disusul beberapa barakuda, napoleon dan hiu. Amboi... Nggak pingin naik rasanya.

 

12. BOO WINDOW

Highlight: Lansekap bawah laut berupa dua jendela alami di dekat permukaan

 

Semua penyelam pasti suka bernarsis-narsis ria di depan dua “jendela” yang cetek aja lokasinya. Jadi biasanya para penyelam bermain-main di sini saat safety stop, usai berpuas diri memotret pygmy seahorse maupun batfish besar-besar yang berseliweran.

 

13. WAYILBATAN

Highlight: Aneka macam makro

 

Pecinta makro jangan melewatkan titik selam yang satu ini. Sangat besar kemungkinan bertemu makhluk-makhluk imut nan cantik seperti bobtail squid, candy crab, flat worm, dan juga pikachu nudibranch, dan masih banyak lagi.

 

14. FARONDI CAVE

Highlight: Gua bawah laut

 

Formasi gua bawah lautnya akan menyihir siapa pun yang menyelam di sini. Tergantung kondisi arus, kita bisa mengambil rute di mana gua bawah laut yang menyambung ke atas menjadi akhir atau awal penyelaman. Sedangkan kontur di luar gua berupa wall yang menawarkan makhluk-makhluk makro. Hampir mirip dengan The Passage dengan Blue Cave-nya, di sini kita juga bisa naik ke permukaan yang dikepung dinding gua dan celah yang disusupi sinar matahar dari atas. Cantik, pake banget!

 

Baca juga: "10 Lokasi Penyelaman Terbaik di Indonesia (Bagian 1)"

 

15. PLATEAU

Highlight: Swim through dan overhang

Pintu masuk swim through-nya kecil, butuh buoyancy bagus untuk bisa memasukinya. Keluar dari situ, mata kita akan dimanjakan overhang yang lebar. Indah!

 

Bagaimana, mulai tergoda menyelam di Raja Ampat? Yuk, angkat dive gear Anda! Just pack & go!

Teks: Mayawati NH Foto: Eddy Sukandar, Novindra Christian

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


629

Back to Top