10 TEMPAT WISATA MENARIK DI CAPE TOWN

10 TEMPAT WISATA MENARIK DI CAPE TOWN

Wednesday, 20-03-2019 | 09:53

Table Mountain, ikon Cape Town

 

Cape Town, ibu kota Afrika Selatan, merupakan kota pelabuhan yang terletak di bawah kaki Gunung Meja (Table Mountain). Dikelilingi Pegunungan Hottentots Holland dan 2 samudera, yaitu Samudera Atlantik dan Samudera Hindia, membuatnya memiliki lansekap sempurna dengan gunung dan lautan. Kalau Trippers berkesempatan ke kota yang terletak di ujung selatan Benua Afrika ini jangan lupa singgahi 10 tempat berikut.

 

Cara ke Cape Town baca dulu di sini.

 

1. CAPE OF GOOD HOPE

Pertama kali ditemukan tahun 1488 oleh pelaut Portugis, Bartolomeu Dias. Semenanjung ini terkenal sebagai tempat paling selatan dari Benua Afrika dan dikenal juga dengan sebutan “Cape of Storms” karena badai besar sering melanda kawasan ini.

 

Jika diteliti secara geografis, titik paling selatannya adalah Cape Agulhas, +/-150 km ke arah tenggara. Oleh karena itu untuk menjelaskan hal ini, pemerintah Afrika Selatan memasang papan “The Most South-Western Point of the African Continent” di Cape Point yang menjadi garis pemisah antara dua samudera, di kanan Samudera Atlantik dan di kiri Samudera Hindia. Di papan yang terkenal inilah biasanya turis berpose dan ini “wajib hukumnya”. Selain itu biasanya para turis juga penasaran dengan pertemuan air Samudera Atlantik dan Samudera Hindia, dan mencobanya.

 

Papan bertuliskan “The Most South-Western Point of the African Continent”

 

Oh ya, dari sini kita dapat melanjutkan ke Cape Point yang hanya 10 menit dengan mobil atau 1 jam jalan kaki.

 

Jam buka: pagi - malam

Tiket masuk: ZAR 300

Ke sini: 2 jam dengan mobil melalui Camps Bay, llandudno, Hout Bay, melalui toll R28 (Chapman’s Peak Drive), train dari Simon’s Town.

 

2. CAPE POINT

Adalah nature reserve yang merupakan bagian dari Table Mountain National Park, termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Untuk mencapai puncaknya kita bisa berjalan kaki +/-30 menit melalui tangga-tangga. Pilihan yang lebih populer adalah naik The Flying Dutchman Funicular, mirip seperti kereta api versi kecil. Funicular ini bisa memuat 40 penumpang.

 

Pemandangan dari Cape Point

 

Pemandangan yang disuguhkan di atas sungguh luar biasa dengan perpaduan laut dan gunung. Selain itu kita juga dapat mengunjungi menara mercusuar tua ataupun berbelanja suvenir di toko suvenir. Karena tempat ini taman nasional alam, aktivitas yang paling digemari turis adalah hiking sambil menikmati keindahan alam.

 

Menara mercusuar

 

Kita juga dapat singgah untuk makan di Two Oceans Restaurant yang memiliki pemandangan cantik ke arah False Bay karena lokasinya di puncak. Restoran ini terkenal untuk menu seafoodnya yang fresh.

 

Jam buka: 06.00-18.00

Jam operasional Flying Dutchman Funicular: 09.00-17.30

Tiket masuk Cape Point: ZAR 303

Tiket Flying Dutchman Funicular: ZAR 80 (PP)

Ke sini: 2 jam dengan mobil melalui Camps Bay, llandudno, Hout Bay, melalui toll R28 (Chapman’s Peak Drive), train dari Simon’s Town.

 

3. TABLE MOUNTAIN

Adalah landmark paling terkenal di Afrika Selatan. Belum lengkap ke Afrika Selatan jika belum berkunjung ke sini. Tempat ini juga salah satu spot untuk hiking dengan 350 trails, cocok jika suka tantangan. Jika mau cepat naik ke puncak bisa dengan cable car. Sempatkan juga jalan-jalan di trail untuk menikmati keindahan alam dan Cape Town dari atas. Sebelum pergi cek dulu cuaca di internet agar dapat pakai kostum yang tepat. Angin di atas biasanya cukup dingin.

 

Tips: Cableway umumnya lebih sepi di sore hari, jadi mending beli tiket untuk sore yang berlaku dari pukul 13.00. Waktu berkunjung terbaik di musim panas (November-Februari). Cableway biasanya tutup di waktu-waktu tertentu jika cuaca tidak memungkinkan.

 

Cable car menuju Table Mountain

 

Jam buka: 08.00-20.30

Tiket masuk (termasuk cable car): ZAR 330 (PP)

Ke sini: City Sighthseeing Bus dari stasiun Two Oceans Aquarium, MyCiti, taksi.

 

4. BO-KAAP

Rumah warna-warni di Bo-Kaap

 

Tempat yang terletak di bawah kaki Signal Hill ini juga dikenal sebagai Malay Quarter dan merupakan permukiman penduduk mayoritas Muslim. Rumah-rumah di area ini merupakan peninggalan historis yang dibangun tahun 1768 dan masih dijaga kelestariannya. Kita dapat mempelajari sejarah permukiman Muslim ini dengan mayoritas budak-budak yang telah dibebaskan setelah penghapusan perbudakan di Afrika dengan mengunjungi Bo-Kaap Museum. Harga tiket masuk museum ZAR 20. Semua rumah memiliki warna-warni berbeda dan sangat unik sehingga mengundang banyak turis untuk sekadar berfoto.

 

5. PRIVATE GAME RESERVE (SAFARI)

Afrika terkenal dengan ”The Big Five Game”. Istilah ini awalnya digunakan oleh pemburu-pemburu yang khusus memburu kelima jenis hewan. Nah, dengan mengikuti safari di alam liar selama 2-3 jam, kita dapat melihat hewan-hewan yaitu singa Afrika, gajah Afrika, banteng Afrika, macan Afrika dan kuda nil Afrika.

 

Kita dapat mengambil foto dari mobil, mirip seperti di Taman Safari. Bedanya mobilnya khusus yakni mobil bak setengah terbuka yang ada atapnya, dengan didampingi supir dan pemandunya. Mobil akan berputar-putar di area luas dan kita dapat melihat beberapa binatang yang sedang tiduran dan jalan santai. Setelah itu kita mendapatkan kesempatan untuk turun di area yang aman dan disuguhi anggur khas Afrika.

 

Safari yang paling dekat dengan Cape Town adalah Aquila Private Game Reserve dengan luas 10.000 hektar yang terletak di selatan wilayah Karoo. Merupakan salah satu yang terbaik fasilitas dan pelayananya. Tiket bisa dipesan online ataupun beli di tempat.

 

Ke sini: 2 jam dengan mobil dari Cape Town. Bisa berangkat sendiri atau jika mau dijemput bisa janjian dengan operatornya untuk pick up point-nya dengan biaya tambahan.

 

6. V&A WATERFRONT

V&A Waterfront dibangun dari sebuah jetty kecil tahun 1645 oleh Jan Van Riebeeck sebagai bagian dari pekerjaannya membuat stasiun peristirahatan untuk Dutch East India Company. Saat ini tempat ini telah menjadi salah satu atraksi utama bagi wisatawan mancanegara.

 

V&A Waterfront

 

Jika suka belanja, di sini tempatnya. Luangkan waktu untuk menikmati pemandangan sambil berbelanja di dermaga cantik ini. Bisa ditemukan berbagai jenis toko, mulai dari merek lokal sampai internasional. Jika ingin membeli suvenir tersedia juga toko-toko suvenir khas Afrika.

 

Tidak jauh dari area ini, berjalan kaki sekitar 10 menit kita dapat menemukan museum dan patung tokoh apartheid terkenal yaitu Nelson Mandela.

 

7. NOBEL SQUARE

Kalau ke V&A Waterfront jangan lupa mampir ke Nobel Square di dekat V&A Hotel dan Two Oceans Aquarium. Nobel Square merupakan tempat patung tokoh penerima Nobel Perdamaian Dunia yang berasal dari Afrika Selatan, yaitu Albert Luthuli, Desmond Tutu, FW de Klerk dan Nelson Mandela. Patung-patung setinggi manusia dengan warna perunggu ini merupakan penghargaan pemerintah Afrika Selatan untuk keempatnya yang telah berjuang melawan apartheid hingga Afrika Selatan bisa mencapai demokrasi.

 

Nobel Square

 

Jam buka: 09.00–21.00

Ke sini: Naik MyCiti Bus

 

8. PANTAI BOULDERS

Pantai yang terletak di Simon's Town ini terlindung teluk dan punya pantai berpasir yang aman, juga rumah bagi koloni lebih dari 2.000 penguin Afrika yang terancam punah. Banyak sekali penguin berkeliaran di pantai. Nikmati juga berjalan santai di jalur yang sudah tersedia sambil melihat dari dekat tempat bertelur dan bersarangnya penguin Afrika. Momen yang tak boleh dilewatkan!

 

Banyak penguin di Pantai Bouders

 

Jam buka:

  • 07.00–19.30 (Des–Jan)
  • 08.00–18.30 (Feb–Mar/Okt–Nov)
  • 08.00 – 17.00 (Apr–Sept)

Tiket masuk: ZAR 75

Ke sini: Dari Simon’s Town bisa sewa sepeda.

 

9. STELLENBOSCH

Indahnya Stellenbosch

 

Kota ini terletak +/-1,5 jam dari Cape Town dan merupakan kota kedua terbesar setelah Cape Town yang mayoritas penduduknya berasal dari Eropa. Jika memandang sejauh mata, kota ini dikelilingi pohon-pohon oaks sehingga dikenal sebagai the City of Oaks. Tempat ini juga merupakan kota pelajar dengan universitas terkenalnya yaitu Stellenbosch University. Kita juga dapat mencicipi wine khas Afrika Selatan di beberapa kebun anggur atau wineries yang bertebaran di sekitar kota ini.

 

Wineries yang direkomendasikan:

Waterford Estate, ada Wine Drive Safari

Molenvliet Estate

Delaire Graff Estate

 

10. ROBBEN ISLAND

Pulau ini terkenal sebagai “rumah” bagi Nelson Mandela. Ke pulau ini harus naik boat dengan jadwal keberangkatan jam 9 pagi, 11 siang dan 1 siang dari Nelson Mandela Gateway di V&A Waterfront. Sebaiknya datang 30 menit lebih awal karena dermaga ini selalu ramai dipenuhi turis. Luangkan waktu 4 jam untuk keseluruhan tur ini termasuk naik ferrynya. 

 

Penjara di Robben Island

 

Untuk ke pulau ini harus ikut tur. Daftar atau bayar dulu sehari sebelumnya atau bisa go show juga ke dermaga. Setelah turun dari ferry, karena luasnya kawasan penjara ini kita akan naik bus yang akan membawa kita ke tempat-tempat historis. Uniknya, pemandu turnya mantan narapidana tahanan politik dari tempat ini. Puncak dari tur ini adalah kunjungan ke sel penjara nomor 466/64 yang pernah ditempati Nelson Mandela +/-18 tahun.

 

Buka: Senin- Minggu

Tiket ferry: ZAR 360

Ke sini: Naik boat dari V&A Waterfront (durasi boat menyeberang +/-30 menit).

 

Artikel lengkap tentang Cape Town pernah dimuat di majalah MyTrip vol 28/2016. Untuk pembelian edisi tersebut bisa hubungi mytrip_idm@yahoo.com atau WhatsApp 0811821006.

 

Teks: Lisa Koestaryo Foto: Mario Susilo, Shutterstock

1 COMMENTS


Ravena Mar 20, 2019 Reply

Good info


744

Back to Top