5 DANAU CINTA DI SEANTERO INDONESIA

5 DANAU CINTA DI SEANTERO INDONESIA

Thursday, 14-02-2019 | 17:39

Puncak Love Karawapop di Misool Raja Ampat

 

Hari ini 14 Februari Hari Valentine. Nggak, tulisan ini nggak akan membahas asal-usul Valentine’s Day ataupun mengabarkan ada acara Valentine di mana dan ada promo Valentine apa, apalagi bagi-bagi hadiah Valentine. Tulisan ini cuma akan menampilkan karya alam di Indonesia yang berbentuk hati. Terbentuk alami, bukan buatan. Ada danau dan laguna berbentuk hati, juga teluk. Apa saja?

 

1. DANAU LOVE IMFOTE DI JAYAPURA

Saya datang ke danau yang berada di Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua ini September 2016. Saat itu di sana masih sangat sepi, belum ada fasilitas penunjang apa pun. Danau yang bentuknya benar-benar menyerupai hati ini berada di tengah padang rumput yang dikelilingi perbukitan dan lembah-lembah. Untuk melihat bentuk hatinya dengan jelas kita harus mencapai tempat yang lebih tinggi. Dari situ Danau Imfote terlihat cantik dengan bentuk hati yang sempurna. Sekitar danau ditumbuhi rumput dan alang-alang, ada sedikit bunga-bunga kuning.

 

 

Tenang saja, nggak perlu trekking untuk mencapai tempat yang lebih tinggi karena mobil bisa mencapainya. Dulu sih hanya ada satu gazebo nonpermanen di sini. Entah sekarang, mungkin sudah ada lebih banyak fasilitas.

 

Cara ke sini:

Dari Jakarta terbang ke Jayapura, lalu dari Kota Jayapura berkendara melewati jalur Yoka ataupun jalur Keerom, 1,5-2 jam perjalanan. Disarankan memakai jasa pemandu atau supir yang telah mengenal betul daerah ini.

 

Baca juga: "Hai Warga Jakarta, Anda Siap Meramaikan Danau Love di Jayapura Ini?"

 

2. TELUK CINTA DI LABENGKI

Kepulauan Labengki di Sulawesi Tenggara juga punya perairan berbentuk hati atau cinta. Tapi bentuk hatinya kurang begitu jelas karena sangat luas dan hanya berupa gradasi warna air laut di sebuah teluk. Untuk melihatnya, kita perlu mendaki Kimaboe Hills untuk ke satu spot yang dinamakan “View Raja Empat”. Mendakinya hanya 5 menit, dan sudah ada anak tangga batu. Tiba di puncak, ada dua view yang bisa kita lihat. Yang sebelah kananlah Teluk Cinta.

 

 

Jangan lupa untuk menikmati juga view sebelah kiri ke arah teluk yang menghadap Pulau Mauang. Terlihat juga atap-atap bungalow Kimaboe Lagoon Cottage & Villa. Inilah yang digadang-gadang sebagai View Raja Ampat.

 

Cara ke sini:

Dari Jakarta terbang ke Kendari, lalu dari Kota Kendari bisa langsung menempuh perjalanan laut ke Pulau Labengki, bisa juga berkendara dulu ke Soropia, barulah menempuh perjalanan laut 2 jam.

 

Baca juga: "8 Spot Instagenik di Labengki, Nomor 1 Jangan Sampai Terlewat"

 

3. PUNCAK LOVE DAFALEN DI MISOOL

Inilah salah satu spot wajib di Misool, Raja Ampat, Papua Barat. Untuk melihat laguna berbentuk hati di antara julangan pulau-pulau karst di sekitarnya kita harus mendaki bukit, melewati trek berupa patahan batu-batu karst. Terakhir saya ke sana Desember 2018, sudah mulai dibangun anak-anak tangga kayu. Kalau sudah rampung tentu akan lebih mudah mencapai puncaknya. Sebelum ada tangga, dibutuhkan waktu 30-35 menit.

 

 

Sebelum spot utamanya, ada spot bagus juga, hamparan pulau-pulau seperti Dapunlol, jadi jangan lewatkan spot ini.

 

Di spot utamanya belum dibangun teras atau panggung kayu, juga nggak ada pagar pembatas. Jadi dari ujung tebing kita langsung bisa melihat ke bawah, ke laguna berbentuk hati dan tebing panjang di sebelahnya yang seolah membentuk kolam renang di lantai atas. Spot fotonya sempit, tapi masih terbilang aman.

 

Blusukan lagi ke bawah, ke arah kanan, sekitar 2-3 menit, ada spot lain yang angle-nya beda dikit. Bentuk hatinya lebih terlihat sempurna. Ambil angle atas ya untuk berfoto di sini, supaya hasilnya lebih Instagenik.

 

 

Cara ke sini:

Dari Jakarta terbang ke Sorong, lalu dari Kota Sorong naik kapal cepat ke Misool 5-6 jam.

 

Baca juga: "Dan Kami Pun Menaklukkan Dua Bukit Sekaligus di Misool"

 

4. PUNCAK LOVE KARAWAPOP DI MISOOL

Ya, Misool di Raja Ampat Papua Barat punya dua Puncak Love, satunya lagi di Karawapop, Misool bagian selatan. Sayang, sudah 3 kali kesempatan saya batal ke sini karena cuaca tak memungkinkan kami mengeksplor ke selatan. Jadi saya nggak bisa cerita banyak. Hanya dari foto yang diambil oleh Indra pemandu di Misool, terlihat di area spot utamanya sudah dibangun teras atau panggung kayu.

 

 

Cara ke sini:

Dari Jakarta terbang ke Sorong, lalu dari Kota Sorong naik kapal cepat ke Misool 5-6 jam.

 

5. DANAU CINTA MAKALEHI DI SITARO

Danau berbentuk hati yang satu ini berada di darat, bukan di laut, di dalam Pulau Makalehi Kecamatan Siau Barat Kabupaten Sitaro (Siau Tagulandang Biaro) Provinsi Sulawesi Utara. Supaya jelas melihat bentuk hatinya, kita harus naik ke bukit dulu. Danaunya sendiri aman untuk direnangi dan ada ikannya. Sayang, saya juga belum berkesempatan ke sini.

 

 

Cara ke sini:

Dari Jakarta terbang ke Manado. Dari Pelabuhan Manado naik kapal cepat ke Pelabuahn Ulu Siau, lanjut dengan perahu nelayan ke Pulau Makalehi.

 

 

Di luar kelima tempat di atas, masih ada lagi dua danau berbentuk hati, yang juga belum saya datangi: Danau Anggi di Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat.; dan Danau Cinta Tanjung Enim di Muara Enim, Sumatera Selatan. Semoga sebelum Valentine tahun depan saya sudah bisa mengunjungi semuanya.

 

Teks: Mayawati NH Foto: Indra Franzpower, Jelajah Sultra, Priyo Tri Handoyo, Ridka Kalling, www.indonesiana.tempo.co

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


870

Back to Top