4 LOKASI WAJIB KUNJUNG DI KOBE 2016-04-23 00:00

Kobe Maritime Museum

 

Buat para Japan Lovers tentunya Kota Kobe nggak asing, walau nggak setenar Tokyo dan Osaka. Kobe punya daya tarik, mulai dari nilai religi sampai sight-seeing di kotanya. 

Kobe yang zaman dulu sempat menjadi ibu kota Jepang selama 5 bulan dapat dimasukan dalam jejeran kota terkuat dalam sejarah Jepang. Insiden pemboman oleh Tentara Sekutu tahun 1945 melahirkan film Grave of The Fireflies. Kemudian tahun 1995 Kobe diguncang gempa berkekuatan 7,1 SR yang membuat lebih dari 6.000 orang tewas seketika --dikenal dengan Gempa Besar Hanshin 1995 dan diperingati dengan upacara Luminarie.

Kobe yang sekarang adalah kota yang tenang dan nyaman, bersih juga teratur. Kota ini sekarang menjadi incaran turis dari seluruh dunia. Dan inilah tempat-tempat yang menjadi incaran wisatawan di Kobe.

 

  1. MASJID KOBE

 

Beralamat di 2-25-14 Nakayamate-dori, Chuo-ku, Kobe, Japan (078-231-6060). Ke sana bisa naik City Loop Bus dan berhenti di halte Kitano Meister Garden dan lanjutkan dengan jalan kaki hanya 5 menit.

Masjid ini adalah masjid pertama di seluruh Jepang yang didirikan tahun 1935. Bangunan yang nggak terlalu besar ini telah melewati berbagai ujian. Tahun 1945 saat terjadi Perang Dunia II, Jepang dibombardir oleh Amerika dan seluruh bangunan hancur berantakan, tapi  herannya masjid ini tetap tegak berdiri di tengah kota Kobe.  Dan saat terjadi gempa besar tahun 1995, kembali masjid ini tetap megah berdiri saat bangunan lainnya hancur luluh lantak. Tak heran banyak sekali pelukis di seberang jalan masjid ini yang mengabadikan bangunan luar biasa ini.

 

  1. KOBE MARITIME MUSEUM

 

Beralamat di 2-2, Hatoba-cho, Chuo-ku, Kobe, Hyogo 650-0042, Japan, Meriken Park. Ke sini bisa naik subway dan dilanjutkan dengan berjalan kaki +/- 5 menit dari Municipal Subway Kaigan Line Minatomachi Station atau +/-10 menit berjalan di Meriken Road dari Kyuryochi-Daimaru-mae Station.

Museum di pinggir pantai ini lebih mirip dengan pelabuhan. Arsitekturnya sangat berbeda.  Masuk ke sini dikenakan tiket 600 yen untuk dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Jam operasionalnya pkl.10.00-17.00.  Museum ini memiliki ratusan replika kapal, mulai sampan, kapal pesiar, kapal perang, kapal transportasi, kapal selam dan masih banyak lagi. Kalau ke sini jangan sampe nggak nyobain simulasi sebagai kapten kapal perang dan pilot pesawat ya! Gratis dan kapan lagi bisa nyoba.

 

  1. KAWASAKI GOOD TIMES WORLD

 

Kawasaki yang menjadi raksasa teknologi dan menjadi kebanggaan Jepang ini letaknya nempel dengan Kobe Maritime Museum, dan berisikan sejarah berdirinya Kawasaki.  Tahukah Anda bahwa awalnya Kawasaki merupakan industri yang bergerak di bidang mesin berat seperti kereta api dan kapal? Setelah satu abad, produksinya melebar jadi bermain di motor dan pesawat terbang. Nah jadi jangan heran kalau di sini isinya mesin semua. Buat pecinta sepeda motor Kawasaki, ini lokasi wajib untuk dikunjungi karena banyak model motor zaman baheula sampai keluaran terbaru.

 

  1. GUNUNG ROKKO

Gunung yang tingginya >800 m ini mampu membuat jatuh hati para pecinta alam. Keindahan dan suasana alam yang asri benar-benar menjadikan Gunung Rokko primadona di Kobe.  Akses ke sini sangat mudah. Dengan kereta turun di Sannomiya, lanjutkan dengan bus tujuan Gunung Rokko. Kalau mau lebih praktis lagi, silakan sambung dengan Cable Car Rokko sampai di atas. Sebaiknya beli tiket pass untuk 1 hari seharga 2.560 yen untuk transportasi menuju Gunung Rokko PP.

Ada beberapa lokasi di Gunung Rokkko yang wajib kunjung:

-          Rokko International Musical Box Museum. Museum yang berisi tentang sejarah musik yang dikemas dalam sebuah opera berdurasi 15 menit. Opera ini hanya dimainkan oleh satu orang dengan banyak alat musik.  Di sini juga ada toko suvenir yang juga menjual makanan dan minuman ringan.  Tiket masuknya 1.030 yen (dewasa) dan 510 yen (anak-anak) dan jam bukanya pkl.10.00-17.00.

 

-          Rokko Snow Park. Sebuah lokasi bersalju untuk melakukan olah raga ski atau snowboarding. Tiket masuknya 2.100 yen untuk dewasa dan anak-anak 1.050 yen.  Kalau mau menyewa baju+celana+sepatu+board/ski harganya 6.000 yen. Tapi ada juga kegiatan bermain salju lainnya dan gratis. Taman ini hanya buka November hingga Maret karena salju hanya ada di bulan tersebut.

 

-          Rokko Garden Terrace.  Sebuah taman bunga  yang indah dan tidak mengenal musim. Taman ini mempunyai wahana permainan anak-anak, ada juga kereta gantung mini dengan tiket 100 yen untuk melihat keindahan taman ini dari atas.

 

Itulah 4 wisata rekomendasi MyTrip saat Anda berlibur ke Kobe.  Ke-4 lokasi tersebut bisa Anda jelajahi dalam 1 hari.  

Teks & Foto: Fransiskus Ipang K
Comment