PANDUAN SINGKAT KE EDINBURGH

PANDUAN SINGKAT KE EDINBURGH

Thursday, 06-12-2018 | 05:51

 

Edinburgh merupakan kota kuno sarat sejarah yang terpelihara dengan baik, sehingga tetap terlihat cantik dan menarik. Alam ibu kota negara dan kota terbesar kedua di Skotlandia ini juga sangat menawan. Karena banyak terdapat warisan sejarah, Edinburgh masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

SEKILAS TENTANG SKOTLANDIA

Skotlandia adalah negara konstituen dari negara resmi Britania Raya, mencakup sepertiga bagian utara Pulau Britania. Berbatasan dengan Inggris di selatan, Laut Utara di timur, Samudera Atlantik di utara dan barat, serta Selat Utara dan Laut Irlandia di barat daya.

 

Skotlandia mempunyai pemerintahan sendiri yang terbatas di dalam Inggris, serta perwakilan di Parlemen Britania Raya. Sistem hukumnya terpisah dari sistem yang digunakan di Inggris.

 

Ibu kotanya, Edinburgh, terletak di pesisir timur, berada di daerah bukit dan pegunungan. Luasnya: 264 km2 (hanya 1/3 Jakarta).

 

Mata uang yang berlaku sama dengan Inggris Raya, poundsterling, disingkat GBP. Nilai tukar GBP 1 = +/-Rp 18.300.

 

Zona waktu juga sama dengan Britania Raya, GMT nol (7 jam lebih lambat dari WIB).

 

Bahasa yang diakui resmi yaitu Bahasa Inggris, Skots dan Gaelik Skotlandia.

 

VISA

Untuk mengunjungi Skotlandia butuh Visa United Kingdom. Pengajuannya melalui VFS Global. Isi formulir permohonan visa secara online, webnya http://visa4uk.fco.gov.uk. Berikutnya kita akan menerima email dan setelah itu janji temu. Lama proses 3 minggu.

 

Alamat VFS Global: Kuningan City Mall, Lt. 2, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta dan Benoa Square Lt. 3 No. 7-9.3A, Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan Kuta, Bali.

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

Pada musim panas, Juni-September. Terutama setiap Agustus-September diselenggarakan Edinburgh Festival, pertunjukan seni terbesar di dunia dan juga pesta Jalan Hogmanay.

 

CARA KE EDINBURGH

Dari Jakarta

Penerbangan langsung dari Jakarta ke Edinburgh 18-20 jam termasuk transit. Harga mulai USD 1.300 (nonpromo). Maskapai yang melayani:

  • Qatar Airways, transit di Doha
  • Etihad Airways, transit di Abu Dhabi
  • Turkish Airlines, transit di Istanbul

 

Dari London

Ada beberapa pilihan transportasi ke Edinburgh: bus, kereta api, dan pesawat.

Bus:

Durasi 9-12 jam. Perusahaan bus di antaranya National Express (www.nationalexpress.com), Eurolines (www.eurolines.com) dan Megabus (www.megabus.com). Tiket dapat dibeli online pada web masing masing. Bus berangkat dari London Coach Station.

 

Megabus double decker

 

Kereta:

Durasi +/-5 jam. Berangkat dari London King’s Cross St.Pancras Station (East Coast www.eastcoast.co.uk dan Cross Country www.crosscountrytrains.co.uk) dan London Euston Station (National Railway www.nationalrail.co.uk), dan akan berhenti di Edinburgh Waverley Station. Tiket dapat dibeli online pada web masing masing.

Pesawat:

Di antaranya Ryan Air (www.ryanair.com), Easy Jet (www.easyjet.com) dan Flybe (www.flybe.com).

 

TRANSPORTASI DARI EDINBURGH INTERNATIONAL AIRPORT

Hanya ada satu bandara, lokasinya 13 km sebelah barat pusat kota Edinburgh. Untuk menuju pusat kota kita dapat menggunakan Edinburgh Airport Taxi Service, bus dan coach.

 

TRANSPORTASI DALAM KOTA

Edinburgh kota kecil, dapat dieksplor dengan jalan kaki. Tapi tentu bisa juga naik bus, tram atau taksi. Lothians Bus menyediakan all day ticket. Kita juga dapat mengeksplor dengan menggunakan bus hop-on hop-off yang berlaku 24 jam sejak kita membeli.

 

Edinburgh Bus Station

Letak: St. Andrew Square, Elder Street, pusat kota Edinburgh

Fasilitas: toilet, loker, ATM, coffee shop, ruang tunggu, WH Smith convenience shop, vending machines, photobooth.

 

Edinburgh Waverley Station

Letak: Edinburgh EH1 1BB, di antara kota lama dan kota baru

Pintu masuk utara: Princess Streets

Pintuk masuk selatan: Market Street

Pintu masuk barat: Bridge Waverley (berdekatan dengan East Princes Street Garden).

Fasilitas: kantor pariwisata, toilet, penitipan bagasi, ATM, coffee shop, ruang tunggu, restoran, pertokoan, money changer, loker.

 

Baca juga: "Ini Dia Alternatif Wisata di Sekitar London yang Pantang Dilewatkan"

 

PENGINAPAN

Karena tempat wisata yang akan dikunjungi lebih banyak di kawasan Old Town, maka direkomendasikan mencari penginapan di kawasan ini. Baik hotel berbintang maupun guest house banyak terdapat di sini. Tinggal kita menyesuaikan dengan bujet. Kisaran harga hotel *3–5: USD 170–300/malam. Guest house USD 30–50/malam.

 

KULINER

Di kawasan Old Town banyak restoran sehingga memudahkan kita mencari tempat makan.  Ada beberapa restoran yang menyajikan menu halal, biasanya restoran India (Kebab Mahal, Tanjore, Kama Sutra, Shamoli, Royal Spice), restoran Malaysia (Nanyang), restoran Timur Tengah (Hanams, Nawros), restoran Pakistan (Aroma Mosque Kitchen & Café), restoran Mediterania (Laila’s Restauran). Harga makan berdua sekitar GBP 20–40.

Teks: Hanik Proboningtyas Foto: Hanik Proboningtyas, www.planetware.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


183

Back to Top