INI DIA ALTERNATIF WISATA DI SEKITAR LONDON YANG PANTANG DILEWATKAN

INI DIA ALTERNATIF WISATA DI SEKITAR LONDON YANG PANTANG DILEWATKAN

Sunday, 18-11-2018 | 16:43

Stonehenge

 

Jauh-jauh ke London di Inggris sana tentu sayang kalau hanya muter-muter di dalam Kota London saja. Eksplor jugalah beberapa objek wisata menarik yang tak jauh dari London. Apalagi transportasi umum di London yang menjangkau kawasan di sekitarnya cukup banyak alternatifnya dan mudah. Berikut yang kami rekomen.

 

Baca juga: "Baca Ini Dulu Sebelum Berangkat ke London"

 

GREENWICH

Station: DLR (Dockland Light Railway) Cutty Sark Station. DLR ini terhubung dengan Underground Julibee Line.

 

Sangatlah menarik mengunjungi titik nol waktu berada, apalagi banyak yang bisa dilihat. Kalau memulai perjalanan dari stasiun Underground Cutty Sark, nggak jauh dari pintu keluar kita dapat melihat kapal Cutty Sark, kapal bersejarah dari abad ke-18 yang digunakan untuk mengangkut wine ke Shanghai dan saat baliknya mengangkut teh dari Shanghai. Kapal ini bolak-balik melalui Terusan Suez.

 

Cutty Sark

 

Objek wisata lainnya adalah sisi heritage dari Greenwich yaitu gedung Old Royal Naval College yang pernah menjadi sekolah tentara. Dibangun di masa pemerintahan Raja Henry VII awal abad ke-17 dan digunakan sebagai istana. Ratu Mary I dan Ratu Elizabeth I lahir di sini.

 

Old Royal Naval College

 

Dari Old Royal Naval College, jalan kaki sampai ketemu jalan raya dan menyeberang, kita akan melihat Queen House dan National Maritime Museum. Di belakang area Queen House terdapat Royal Observatory Greenwich.

 

Kita juga bisa mencoba kereta gantung Emirates Greenwich Peninsula jika arah pergi atau pulang dari tempat ini naik kereta DLR di stasiun Royal Victoria atau Underground Julibee Line di stasiun North Greenwich.

 

Kereta gantung Emirates Greenwich Peninsula

 

  • Emirates Greenwich Peninsula

Tiket: 4,40 pounds (jika bayar dengan Oyster Card 3,30 pounds)

  • Royal Observatory Greenwich

Blackheath Avenue, SE10 8XJ

Jam buka: Pkl.10.00-17.00 (jam masuk terakhir pkl.16.30)

Tiket: The Astronomy Centre gratis; Flamsteed House & Meredian Line: 8,50 pounds

  • National Maritime Museum

Jam buka: Setiap hari pkl.10.00-17.00

Tiket: gratis

  • Queen House

Jam buka: Pkl.10.00-17.00 (jam masuk terakhir pkl.16.30).

Tiket: gratis.

 

Baca juga: "10 Objek Wisata di London dan Panduan Stasiun Underground-nya"

 

ONE DAY TOUR (WINDSOR CASTLE, STONEHENGE, OXFORD

Di London ada beberapa operator tur yang punya paket one day tour ke objek-objek di sekitar London di antaranya Golden Tours. Pick up point tur umumnya di hotel-hotel bintang 5 atau di kantor perusahaan tur. Pilihan turnya beragam, ada yang setengah hari atau sehari dengan beberapa pilihan rute, salah satunya rute Windsor Castle, Stonehenge dan Oxford.

 

Windsor Castle

Windsor, Berkshire, SL4 1NJ

 

 

Ini adalah kediaman resmi Ratu Elizabeth II, beda dengan Buckingham Palace yang merupakan kantornya. Merupakan istana tertua di Eropa yang menjadi kediaman resmi raja dan ratu. Dibangun pada masa William Sang Penakluk dan menjadi kediaman resmi raja sejak akhir abad ke-11. Jadi istana ini sudah digunakan 10 abad. Keren ya.... Dan masih bagus lho!

 

Walau kediaman resmi ratu, tapi beberapa wilayahnya boleh dikunjungi, yaitu State Apartment -- bisa melihat ruang kerja, tempat tidur, ruang makan dan ruang-ruang tamu. Di sini kita juga bisa melihat koleksi boneka Ratu Mary yang besar-besar dan mainan rumah-rumahan.

 

Kita juga dapat melihat upacara pergantian penjaga sekitar jam 10 pagi di area Lower Ward. Nggak sebanyak yang di Buckingham Palace, tapi cukup menarik.

 

Di dalam istana nggak boleh motret. Kamera boleh dibawa di tas tapi jangan sekali-kali mencoba foto karena bisa didenda dan kamera langsung diambil. Foto hasil kerja narsis sebelumnya bakalan musnah deh! Jadi foto-fotonya di halaman saja.

 

Stonehenge

Amesbury, Wiltshire SP4 7DE

 

 

Jauh-jauh ke Inggris cuma melihat batu? Ya, Stonehenge adalah deretan batu tapi bukan sembarang batu. Susunan batu-batuan melingkar ini peninggalan prasejarah yang diperkirakan sudah ada sejak 4.500 tahun yang lalu. Dan di dunia ini hanya Stonehenge-lah satu-satunya yang berbentuk seperti ini.

 

Belum ada kesimpulan yang pasti tentang penggunaan tempat ini. Ada beberapa analisis antara lain (1) kalender dalam menentukan musim pada zaman perunggu karena lingkaran batu ini arahnya tampak berhubungan dengan arah matahari terbit dan tenggelam yang masih bisa dilihat sampai hari ini, (2) kuil di zaman Romawi kuno, (3) tempat penguburan dan juga diadakan upacara penguburan aliran kepercayaan Druid (aliran kepercayaan di Eropa sebelum Kristen masuk ke Eropa).

 

Batu di sini ada yang berasal dari tempat jauh seperti Bluestone yang seberat kurang lebih 2 ton. Konon berasal dari daerah Wales, sekitar 250 km dari lokasi ini. Entah bagaimana manusia pada zaman itu membawanya.

 

Selain onggokan bebatuan menjulang, di sini kita juga bisa melihat tulang-tulang manusia dan juga benda-benda Romawi, hasil temuan penggalian.

 

Sama sekali nggak horor kok suasananya. Malah Stonehenge tampak cantik berdiri di tengah padang rumput yang luas. Jika kita berdiri di rumput, di satu sisi kita melihat Stonehenge dan di sisi lainnya jalan tol. Di sini sudah dibangun visitor center yang bukan hanya ada exhibition, juga ada toko, cafe dan tentunya toilet. Miniatur rumah masa Neolithic juga ada di dekat area visitor center.

 

Oxford

Toko umumnya buka: Senin-Jumat pkl.09.30-20.00, Kamis pkl.09.00-22.00, Sabtu pkl.09.00-21.00 dan Minggu pkl.11.00-17.00

 

 

Kota ini sangat identik dengan universitas terbaik di dunia dan juga lulusannya yang keren-keren. Banyak yang jadi perdana menteri di berbagai negara dan juga pemenang hadiah Nobel.

 

Kotanya cukup "hidup" walau tidak padat. Suasana kotanya memang mendukung buat belajar. Oxford University terdiri dari banyak college yang tersebar seantero kota --hampir ada 40 college, terutama di The High dan Merton Street.

 

Universitas ini memiliki perpustakaan terbesar di UK yaitu Bodleian Library --salah satu lokasi syutingnya Harry Potter. Katanya di sini ada 11 juta buku lho!

 

Berwisata ke kota ini kita bisa juga naik kereta dari Stasiun Paddington, London. Namun harga tiketnya lumayan, tiket PP standar promo 50 pounds. Jadi jika hanya mau sekadar melihat, lebih efisien ikut tur. Namun jika ingin mengeksplor kota secara menyeluruh bisa berangkat sendiri dan menginap 1-2 malam.

 

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, www.english-heritage.org.uk, www.goldentours.com, www.ox.ac.uk, www.visitgreenwich.org.uk

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


921

Back to Top