SEBERAPA GREGETNYA BRATISLAVA? ADA UFONYA!! (Bagian 2-Tamat)

SEBERAPA GREGETNYA BRATISLAVA? ADA UFONYA!! (Bagian 2-Tamat)

Wednesday, 24-10-2018 | 08:48

New Bridge dan UFO Restaurant di Bratislava

 

Bratislava adalah sebuah kota kecil yang terletak di pinggir Sungai Danube dan bertetangga dengan Budapest di Hongaria serta Vienna di Austria. Kota ini pernah menjadi ibu kota negara federal Slovak, bagian dari Republik Federasi Cekoslovakia. Namun jauh sebelum itu Bratislava merupakan ibu kota Kerajaan Hongaria hingga abad ke-16 dan sempat hampir dikuasai Kerajaan Ottoman Turki. Kini Bratislava adalah ibu kota Republik Slovakia yang menarik dikunjungi, salah satunya karena adanya UFO. Penasaran?

Baca tentang UFO Restaurant di Bratislava di sini.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA: (lanjutan)

Saint Martin’s Cathedral

 

Gereja ini dibangun pada abad ke-12 dengan gaya arsitektur Romawi yang kemudian disesuaikan menjadi gaya Gotik pada abad ke-14. Merupakan salah satu gereja terbesar dan tertua yang menjadi tempat penobatan raja-raja Hongaria di masa lampau. Di atas gereja ini dapat terlihat patung replika Mahkota St. Stephen. Turis boleh memotret bagian dalam gereja. Gereja juga bersebelahan dengan Synagogue dan Monumen Holocaust yang juga menarik untuk dilihat.

 

Slovak National Theatre

 

Sejak tahun 1776 tempat ini sudah digunakan untuk berbagai seni pertunjukan, kemudian pada tahun 1886 gedung baru diresmikan dan masih digunakan hingga saat ini. Jika menyukai musik klasik, Orkes Simfoni Slovak yang terkenal berasal dari Bratislava sering tampil di gedung yang juga terletak pusat kota tua ini. Tepat di depan teater ada air mancur dengan patung Mitologi Yunani “Ganymede”.

 

Primate’s Palace

 

Gedung bersejarah ini sekarang digunakan sebagai kantor walikota. Di masa lampau pernah menjadi tempat penandatanganan perjanjian damai antara Austria dan Prancis karena kemenangan Napoleon pada Pertempuran Ulm dan Pertempuran Austerlitz. Saat itu Bratislava masih dikenal dengan nama Pressburg, sehingga perjanjian itu dikenal dengan Peace of Pressburg. Biasanya turis yang penasaran dengan kisah Napoleon selain berfoto, juga akan masuk ke dalam gedung untuk seolah napak tilas penandatanganan perjanjian damai.

 

Patung-Patung Unik di Kota Tua

- Schone Naci: Kabarnya patung ini dibuat berdasarkan karakter seseorang bernama Ignac Lamar yang hidup sekitar awal abad ke-20. Tingkahnya yang unik membuatnya terkenal. Saat berjalan di tengah kota ia menggunakan jas dan topi beludru dan menyapa orang yang lewat dengan mengangkat topinya. Ia juga sering membungkukkan badannya untuk menyapa para wanita, memberikan mereka bunga dan menyanyi.

 

- Paparazzo: Patung ini awalnya dapat ditemukan sedang mengintip di daerah kota tua. Namun kemudian lokasinya dipindahkan ke UFO Restaurant karena pemilik sebelumnya terpaksa menutup usaha tempat makannya di kota tua.

- Cumil: Patung ini pernah beberapa kali ditabrak pengendara mobil, sehingga pemerintah setempat akhirnya memberikan rambu khusus tepat di sebelah patung. Kabarnya patung yang seolah muncul dari dalam lubang ini sedang mengintip rok wanita yang lewat di depannya.

 

- Napoleon’s Soldier: Pasukan Napoleon pertama kali masuk ke kota ini tahun 1805. Patung ini mengingatkan orang akan Napoleon dengan topi khasnya. Kabarnya patung ini terinspirasi dari seorang anggota pasukan Napoleon yang memutuskan tetap tinggal di sni karena kecintaannya pada Bratislava.

 

 

Devin Castle

 

Kastil ini terletak 12 km di luar pusat kota Bratislava, berada di atas karang setinggi 212 m dan dulunya menjadi pusat kendali rute perdagangan yang melewati Sungai Danube. Kastil ini telah digunakan sejak Zaman Neolitikum, namun sayangnya tahun 1809 hancur karena serangan Pasukan Napoleon I. Kini reruntuhannya masih dapat dikunjungi.

 

KULINER

Bratislavsky Rozok adalah kudapan khas Bratislava yang sekilas terlihat seperti croissant namun dengan diameter yang lebih kecil. Ada dua pilihan isi yaitu poppy seed dan kacang. Ya, poppy seed merupakan biji bunga opium yang memang banyak digunakan untuk roti di Eropa. Disarankan jika memang ingin mencoba pilihlah yang isi kacang. Untuk membedakan dapat dilihat dari warnanya, abu-abu atau hitam yang berisi poppy seed, sedangkan cokelat yang berisi kacang. Roti dengan permukaan mengkilap ini memiliki aroma dan rasa yang nggak terlalu manis serta cocok jika dinikmati dengan secangkir kopi. Direkomendasikan untuk belinya di Kaffe Mayer, sebuah kafe klasik di alun-alun kota tua. Tapi roti ini juga dapat ditemukan di tempat seperti Christmas Market.

 

 

Kawasan Old Town banyak menyediakan berbagai pilihan makanan mulai dari lokal sampai internasional. Bisa juga eksplor ke bagian New Town yang jarang didatangi turis salah satunya mal terdekat, Aupark, dengan jalan kaki atau naik bus arah ke New Town sekitar 5 menit. Di sana ada food court dengan banyak jenis makanan lokal dan fast food (KFC atau McDonald’s). Selain itu juga ada makanan Asia (Jepang atau China) all you can eat kalau memang “harus” makan nasi. 

 

Baca juga: "Rekomendasi Hotel Murah dan Kuliner Wajib di Eropa"

 

PENGINAPAN

Kawasan Old Town

 

Karena nggak sepopuler kota-kota di negara tetangga, fasilitas turis yang ada di Bratislava bisa dibilang lebih murah namun tetap berkualitas. Ada banyak penginapan yang sudah mendapat rekomendasi dari situs-situs andalan para travelers. Harga hotel bintang 3 yang mendapat review baik mulai EUR 30/malam atau hostel mulai EUR 15/malam. Kawasan favorit turis daerah Old Town.

 

 

 

Teks: Ratih Janis Foto: Ratih Janis, Shutterstock, @arrivalguides, www.slovakia.travel, www.tracesofwar.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


185

Back to Top