SEBERAPA GREGETNYA BRATISLAVA? ADA UFONYA!! (Bagian 1)

SEBERAPA GREGETNYA BRATISLAVA? ADA UFONYA!! (Bagian 1)

Tuesday, 23-10-2018 | 08:34

Restoran yang mirip UFO di Bratislava

 

Bratislava adalah sebuah kota kecil yang terletak di pinggir Sungai Danube dan bertetangga dengan Budapest di Hongaria serta Vienna di Austria. Kota ini pernah menjadi ibu kota negara federal Slovak, bagian dari Republik Federasi Cekoslovakia. Namun jauh sebelum itu Bratislava merupakan ibu kota Kerajaan Hongaria hingga abad ke-16 dan sempat hampir dikuasai Kerajaan Ottoman Turki. Kini Bratislava adalah ibu kota Republik Slovakia yang menarik dikunjungi, salah satunya karena adanya UFO. Penasaran?

 

Baca juga: "Itinerary Eksplor Lithuania dan Latvia via Brussels 9 Hari"

 

Letak Republik Slovakia: Di Eropa Tengah, terkurung wilayah daratan yang berbatasan langsung dengan Polandia di utara, Ceko di barat laut, Austria di barat, Hongaria di selatan dan Ukraina di timur.

Letak Kota Bratislava: Di sisi barat dan berbatasan langsung dengan Austria.

Luas Kota Bratislava: 367,58 km2 (bandingkan dengan Jakarta yang luasnya 661,5 km2).

Mata Uang: Euro (EUR).

Zona Waktu:

GMT+1 saat musim gugur dan dingin.

GMT+2 saat musim semi dan panas.

Bahasa: Bahasa Slovak. Tapi bahasa Jerman dan Inggris lebih sering digunakan untuk berkomunikasi dengan turis.

Visa: Schengen.

 

Indahnya Bratislava

 

CARA KE BRATISLAVA

Naik pesawat dari Jakarta ke Vienna

Ada penerbangan dari Jakarta ke Bratislava dengan transit satu kali menggunakan Emirates seharga +/-Rp 22 jutaan. Tapi ada alternatif lain yang lebih hemat dengan mengambil rute penerbangan Jakarta ke Vienna dan lanjut naik bus atau kereta. Total penerbangan termasuk transit 17-20 jam. Harga tiket PP Jakarta–Vienna dengan maskapai Emirates, Singapore Airlines, Qatar Airways, Turkish Airlines, KLM, Garuda Indonesia, Lufthansa, Etihad, dll sekitar Rp 12-20 jutaan.

Naik pesawat lokal Eropa

Kalau sedang berada di Eropa banyak juga penerbangan langsung dari beberapa kota di Inggris, Irlandia, Belgia, Italia, Spanyol dan Prancis ke Bratislava. Harga tiket sekali jalan EUR 15-20 dengan maskapai Ryan Air.

Sambung naik bus

Jika mendarat di Vienna, cara paling mudah ke Bratislava adalah naik bus selama 90 menit langsung dari bandara Vienna ke Kota Bratislava atau ke bandara Bratislava.

Sambung naik kereta

  • Naik kereta 3 jam dari Budapest menuju Bratislava.
  • Naik kereta 1 jam dari Vienna ke Bratislava.

 

TRANSPORTASI DI DALAM KOTA

Bratislava bisa dieksplor dengan jalan kaki karena pusat kotanya kecil. Tempat wisatanya walking distance, belum ada bus hop on hop off seperti di kota-kota tujuan wisata Eropa lainnya. Terdapat tur gratis jalan kaki mengelilingi Bratislava selama 2,5 jam yang dapat diakses melalui www.befreetours.com. Salah satu pilihan yang menarik untuk dapat insight dari penduduk lokal.

 

Tentu kita bisa naik bus dan tram, begitu pula taksi. Tiket bus dan tram hanya bisa dibeli di mesin atau di loket dan nggak dijual oleh supir bus dan tram. Kategori tiket bus dan tram berdarakan durasi pemakaian: selama 1 jam, ada juga untuk 1,2,3 dan 7 hari.

Ingat!

Selalu tempelkan tiket pada mesin yang tersedia setiap kali kita pakai. Petugas pengontrol tiket sangat tegas termasuk kepada turis.

 

Tram di Bratislava

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

Novy Most (New Bridge) & UFO Restaurant

 

Jembatan ini menghubungkan Old Town dengan Petrzalka (salah satu permukiman terpadat di Eropa Timur). Dalam pembangunan jembatan sepanjang 430 m ini beberapa bagian bersejarah dari tembok kota ikut diratakan. Kastil Bratislava yang terletak di atas bukit berbatu dapat terlihat dari sisi jembatan ini.

 

 

Terdapat sebuah bangunan mirip UFO yang terletak di atas jembatan. Bangunan itu adalah restoran UFO yang merupakan salah satu tempat paling terkenal di Bratislava. Pengunjung bisa menikmati makanan dan melihat pemandangan Bratislava dari atas restoran setinggi 85 m di atas jembatan. Harga makanan di sana termasuk fine dining yaitu EUR 12-75, termasuk mahal. Jika hanya ingin menikmati pemandangan terdapat viewing deck yang dapat dikunjungi dengan membayar tiket masuk. Di ujung jembatan ada juga tempat untuk melihat Bratislava dari atas melalui sisi yang lain yaitu Bratislava Castle.

 

Bratislava Castle

 

Kastil ini terletak di lokasi strategis yang membuat pengunjung juga dapat memandang Bratislava dari atas. Selain itu beberapa bagian dari Austria dan Hongaria juga dapat terlihat ketika cuaca cerah. Kastil ini merupakan tempat yang penting pada pertengahan abad ke-16 ketika Bratislava masih menjadi kota penobatan raja dan ratu Kerajaan Hongaria. Sempat terbakar tahun 1811 dan baru direkonstruksi tahun 1950-an. Kini selain untuk museum, tempat ini digunakan untuk berbagai festival dan acara-acara sosial berskala nasional maupun internasional. Bisa dibilang kastil adalah tempat yang paling turistik di Bratislava.

 

(Bersambung)

Teks: Ratih Janis Foto: Ratih Janis, Shutterstock, www.slovakia.travel

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


416

Back to Top