INI DIA PANDUAN LENGKAP UNTUK PELESIRAN DI TAIPEI

INI DIA PANDUAN LENGKAP UNTUK PELESIRAN DI TAIPEI

Friday, 16-03-2018 | 20:27

 

Apa yang Trippers pikirkan tentang Taipei, ibu kota Taiwan atau yang nama resminya Republic of China/ROC? Pasar malamnya? Camilan khas pinggir jalannya? Chiang Kai Sek? Tao Ming Se? Yang pasti, banyak hal bisa disambangi di Taipei.

 

OBYEK-OBYEK WISATA DI TAIPEI DAN NEW TAIPEI CITY

Letak Kota Taipei dikelilingi oleh wilayah New Taipei City. Untuk mengeksplornya kita bisa menggunakan jasa travel lokal yang bisa dipesan via email dari beberapa perusahaan travel yang tergabung dalam Taiwan Tour Bus (www.taiwantourbus.com.tw) atau menggunakan bus dan Taipei Metro atau MRT (peta dapat diunduh di http://english.trtc.com.tw).

 

Jika kita akan banyak menggunakan MRT lebih baik beli Easy Card yang bisa untuk membayar MRT, bus, tram di Taipei Zoo, tiket Maokong Gondola dan belanja di convenience store.

 

National Palace Museum

 

Museum ini menyimpan barang bersejarah peninggalan dinasti-dinasti China yang dulunya berada di Forbidden City dan dibawa Presiden Chiang Kai Shek (presiden kedua setelah Sun Yat Sen) ke Taiwan saat masa peperangan tahun 1931.

 

Barang peninggalan yang paling banyak dilihat pengunjung adalah: Cabbage Jade, aneka porselen, lukisan.

Jam buka: 08.30-18.30 (setiap hari).

Tiket masuk: NTD 350.

 

Chiang Kai Shek Memorial Hall

 

Dibangun untuk mengenang Presiden Chiang Kai Shek (1950-1975). Patung Chiang Kai Shek banyak di Taiwan dan yang paling besar ada di Memorial Hall ini. Di sini juga terdapat National Theater dan National Concert Hall.

Jam buka: 09.00-18.00 (setiap hari).

Tiket masuk: gratis.

 

National Revolutionary Martyrs' Shrine

Bentuk bangunannya menyerupai Forbidden City. Keunikannya adalah adanya upacara pergantian penjaga pintu gerbang utama yang dilakukan setiap jam dari pkl.09.00-17.00.

Jam buka: 09.00-17.00 (setiap hari)

Tiket masuk: gratis.

 

Yehliu Geopark

 

Berlokasi di Wanli, antara Taipei dan Keelung, dapat ditempuh 1,5 jam berkendara dari Taipei. Tempat ini terdiri dari batuan sedimen yang terbentuk dari erosi laut. Kita dapat menemukan aneka bebatuan yang bentuknya unik seperti jamur, jahe, Queen’s Head, Pulau Taiwan, sepatu, kingkong, brokoli.

Jam buka: 08.00-17.00 (setiap hari).

Tiket masuk: NTD 80.

 

Maokong Gondola

Stasiun Maokong Gondola ada di dekat Stasiun Taipei Zoo MRT dan ada juga di dalam Taipei Zoo yang merupakan stasiun keduanya. Stasiun gondola ketiga adalah Zhinan Temple dan Maokong adalah stasiun keempat. Gondola beroperasi sampai malam dan tersedia 2 macam kabin yaitu glass cabin dan standard. Kita dapat melihat pemandangan alam kebun teh yang indah, pepohonan dan juga Kota Taipei.

Tiket: NTD 70 (1 stop), NTD 100 (2 stops), NTD 120 (3 stops).

 

Taipei 101

 

Gedung Taipei 101 setinggi 508 m dan terdiri dari 101 lantai ini merupakan gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai, UAE. Jika hendak naik ke Observation Deck, weekdays pkl.14.00 adalah waktu yang nggak terlalu ramai. Photo spot gedung ini paling bagus dari depan City Hall.  

Jam buka: 09.00-22.00 (setiap hari).

Tiket masuk: NTD 600.

 

Taipei Zoo

Top icon Taipei Zoo adalah panda Tuan Tuan dan Yuan Yuan. Kita bisa melihat mereka sedang bermain, makan bambu atau tidur. Sedangkan untuk berfoto hanya bisa dari balik kandangnya, nggak bisa berdampingan apalagi berpelukan.

Tiket masuk: NTD 60.

 

WISATA KULINER

Menu makanan Taipei yang terkenal adalah beef noodle, namun Taipei juga terkenal dengan aneka makanan ringan antara lain pineapple cakes dan minuman aneka milk yang di Indonesia terkenal dengan sebutan bubble tea. Kita juga bisa menemukan satu makanan khas tapi nggak semua orang sanggup mencium baunya saat belum dimasak, yaitu chou dou fu (tahu bau/stinky toufu). Memang baunya sangat menyengat, tapi kalau sudah jadi tahu goreng atau tahu kuah kuning dan kuah cokelat, mmmm... bakal nagih!

 

Stinky toufu

 

WISATA BELANJA

Ximending

Area ini terkenal sebagai Harajuku-nya Taiwan. Di sini banyak dijual baju, sepatu, aksesoris dan juga makanan. Harga barang masih bisa ditawar namun umumnya mereka nggak membuka harga terlalu tinggi.

 

Night Market

Ada beberapa night market di Taipei. Yang terbesar Shilin. Selain itu ada Huaxi Night Market. Di Huaxi Night Market ada jalanan kecil yang di kanan kirinya banyak kios penjual makanan dari ular, dan ular hidup dipajang di depan kios. Selain itu banyak juga outlet makanan dan camilan khas Taiwan seperti bubble tea, jipai (semacam chicken nugget) dan tentunya chou dou fu. Ada juga toko baju dan aneka pernak-pernik.  

 

Suasana night market

 

 

CARA KE TAIPEI

Ada banyak pilihan masakapi dari Jakarta ke Bandara Taoyuan (bandara internasional Taipei), antara lain AirAsia dan Jetstar yang merupakan budget airline, juga Garuda Indonesia, Cathay Pacific, China Airlines, dan Eva Air yang merupakan full board airline. Lama penerbangan langsung 5,5-6 jam.

 

DARI BANDARA TAOYUAN KE PUSAT KOTA TAIPEI

Bisa naik Taoyuan Metro, hanya 37 menit mencapai pusat kota. Ada pilihan single journey ticket/one day pass, periodic ticket/group ticket, multi-ride ticket. Lengkapnya silakan buka: https://www.tymetro.com.tw/tymetro-new/en/index.php

 

VISA

Pengajuan visa ke Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Gedung Artha Graha Lt.12, Jl. Jenderal Sudirman Kav.52-53, Jakarta 12190. Telepon (021) 515 1111.

 

Ada dua cara pengajuan visa Taiwan:

- Grup berkualitas akan bebas biaya visa

Dengan mengambil paket wisata dari biro perjalanan yang ditunjuk, Anda dapat mengajukan visa turis tanpa surat keterangan kerja dan bukti keuangan, biaya visanya pun gratis. Untuk lebih jelas, silakan menghubungi Kantor Pariwisata Taiwan di Kuala Lumpur atau buka situs: http://www.taiwan.net.my/id

 

- Mengajukan visa Taiwan dengan akses internet

WNI yang mempunyai visa Taiwan, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea dan Uni Eropa Schengen yang masih berlaku (termasuk PR) atau telah kadaluarsa dalam 10 tahun terakhir, dapat secara langsung mengajukan visa Taiwan di situs internet. Secara detilnya dapat dilihat di https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/ 

 

MATA UANG

New Taiwan Dollar (TWD atau NTD).

 

ZONA WAKTU

GMT +8 atau sama dengan WITA.

 

BAHASA

Bahasa resmi: Bahasa Mandarin. Tapi sebagian besar penduduknya berbahasa daerah Hokkien Taiwan.

 

PENGINAPAN

Bagi yang senang belanja atau sekadar window shopping, ada baiknya menginap di daerah Ximending sehingga bisa memanfaatkan sisa waktu di malam hari untuk berjalan-jalan di area ini yang memang ramainya di malam hari ini.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Shutterstock, Taiwan Tourism Bureau

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


754

Back to Top