ITINERARY EKSPLOR LITHUANIA & LATVIA VIA BRUSSELS 9 HARI

ITINERARY EKSPLOR LITHUANIA & LATVIA VIA BRUSSELS 9 HARI

Wednesday, 14-03-2018 | 12:00

Trakai Island Castle

 

Lithuania dengan ibu kotanya Vilnius dan Latvia dengan ibu kota Riga menawarkan banyak objek wisata anti mainstream, dan harganya juga terjangkau. Kota-kota lain di sekitarnya pun menarik untuk dikunjungi. Tiket pesawat murah dari low-cost airlines bisa didapat salah satunya dengan berangkat dari Brussels Belgia. Panduan ke kedua Negara Baltik ini silakan dibaca di sini. Sedangkan contekan itinerary-nya silakan simak yang berikut.

 

HARI 1

JAKARTA-BRUSSELS

Terbang sore dari Jakarta.

 

HARI 2

BRUSSELS-CHARLEROI-VILNIUS

- Biasanya sampai di Brussels siang, dan penerbangan lanjutannya sore, jadi ada waktu eksplor Brussels. Dari Bandara Brussels naik kereta ke Stasiun Brussels Midi. Koper/ransel bisa dititip di loker stasiun.

- Dari Brussels Midi ke Mannekin Pis dan Grand Palace jalan kaki +/-20 menit. Eksplor dan makan siang sekitar 1,5 jam, lalu ke Charleroi Airport --bandara lain di Brussels, khusus untuk maskapai low cost. Naik shuttle bus di sebelah Stasiun Brussels Midi ke Charleroi Airport paling lambat 3 jam sebelum penerbangan ke Vilnius (ibu kota Lithuania).

 

Mannekin Pis

 

- Tiba di Bandara Oro Uostas Vilnius. Ada dua pilihan ke pusat kota, yaitu bus atau kereta. Kalau naik bus dari bandara sampai ke Terminal Bus Vilnius di Gelezinkelio Stotis. Kalau naik kereta sampai ke Stasiun Kereta Vilnius. Sambung naik taksi. Taksi yang disarankan EKIPAZAZ.

Catatan: Walaupun biaya transportasi di Lithuania murah, tapi untuk menghemat waktu ada baiknya cari penginapan di kawasan Old Town yang dekat ke mana-mana.

 

HARI 3

EKSPLOR VILNIUS

- Pusat kota Vilnius berada di sekitar Cathedral Square. Kita bisa menemukan berbagai restoran yang menawarkan hidangan khas Lithuania dengan harga terjangkau. Di sini kita juga bisa temukan kantor informasi turis untuk membeli tiket tur.

- Walking Tour di Vilnius Old Town dimulai jam 11. Tur yang dimulai dari Cathedral Belfy ini berlangsung 2 jam. Tempat-tempat yang dituju: The Gate of Dawn, Vilnius University, Presidential Palace, sampai kembali ke Mindaugas Castle dan Vilnius Cathedral. Berkeliling di sekitar Vilnius Old Town ini is a must karena merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

Vilnius University

 

- Kalau suka ke museum, di sebelah katedral ini juga ada Musem Nasional Lithuania (Lietuvos Nacionalinis Muziejus). Selanjutnya bisa mendaki ke bukit sebelah tempat Gediminas Castle (Vilniaus aukstutine pilis). Dari teras atas kita bisa melihat pemandangan Kota Vilnius.

 

Gediminas Castle

 

HARI 4

VILNIUS-TRAKAI + KAUNAS CITY TOUR

- Naik kereta dari Stasiun Kereta Vilnius menuju Trakai. Yang istimewa dari Trakai adalah kastilnya, Trakai Island Castle yang terletak tepat di tengah Danau Galve. Saat musim dingin danaunya beku sehingga kita bisa berjalan-jalan di atasnya.

 

Trakai Island Castle

 

- Dari Trakai naik kereta, transit di Lentvaris lalu ke Kaunas. Kaunas salah satu kota pelajar di Lithuania. Dari stasiun kereta jalan kaki atau naik bus ke pusat kota di Laisves Aleja (Liberty Avenue). Tempat yang paling direkomendasikan untuk makan siang Berneli? Uzeiga. Kita bisa mencicipi berbagai hidangan khas Lithuania dengan suasana tradisional.

- Untuk city tour disarankan ke tourist information center dulu untuk nyewa pemandu, karena akan lebih menyenangkan ditemani pemandu lokal. Karena letak obyek wisatanya sedikit berjauhan, lebih enak naik minibus hop on hop off  untuk keliling kota termasuk Pazaisis Monastery. Tur biasanya berangkat dari Devil’s Museum. Dengan tur ini kita bisa mengunjungi Old Town, Town Hall, Kaunas Castle, Kaunas Funiculars, Christ’s Resurrection Church, Kaunas Fortress, Masjid Kaunas dan banyak lagi.

 

Kaunas Castle

 

- Nikmati hiburan malam di lounges atau bar yang biasanya banyak didatangi mahasiswa internasional.

 

HARI 5

KAUNAS-SIAULAI + KLAIPEDA-RIGA

- Naik bus menuju Siaulai. Yang menarik adalah Kryzi? Kalnas (Hill of Crosses). Tempat ini merupakan pelopor dari Hill of Crosses di negara-negara lainnya. Selain itu, situs ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Masuknya gratis, dan kalau mau berkontribusi, bagi yang Kristiani bisa membawa salib untuk ditinggalkan di sana. Untuk ke sana bisa naik bus umum dari stasiun bus Siaulai turun di Domantai, tepat di depan pintu gerbang Kryzi? Kalnas.

 

Hill of Crosses

 

- Langsung ke Klaipeda, kawasan pantai. Naik bus dari stasiun bus Siaulai. Koper atau backpack bisa dititipkan di terminal.

 

Klaipeda

 

- Setelah makan siang kita bisa berkeliling kota atau langsung naik ferry ke Smiltyne. Ini merupakan pulau yang dikelilingi hutan pinus dan memiliki pantai berpasir lembut. Hanya ada satu restoran di sana, jadi lebih baik bawa bekal sendiri atau makan dulu di Klaipeda.

- Kembali ke stasiun bus dan melanjutkan perjalanan ke Riga (ibu kota Latvia) dengan bus paling akhir. Sesampainya di stasiun bus Riga di pusat kota, pastikan kita sudah memiliki penginapan.

 

HARI 6

EKSPLOR RIGA

- Paling pas menginap di kawasan Riga Old Town karena dekat dengan tempat-tempat menarik seperti Riga Town Hall dan Hall of Blackheads. Sedangkan di perbatasan antara kota baru dan kota tua, kita bisa bersantai di taman Latvian National Opera dan Vermanes Park yang dekat sekali dengan Freedom Monument (Brivibas Piemineklis) --landmark paling terkenal di Riga.

 

Hall of Blackheads

 

Latvian National Opera

 

- Jika mau merasakan sensasi horor Eropa, kita bisa masuk ke Psaiho, theatrical-game atau rumah hantu. Buat yang suka belanja, daerah old town ini surganya secondhand shop! Kita bisa beli baju dengan kualitas hampir seperti baru dengan harga miring dari merek klasik.

- Daerah old town memang pusat kehidupan malam Riga. Berbagai tempat menghadirkan musik asyik, minuman dengan harga miring. Kalau belum pernah mendapatkan reservasi di Moulin Rouge Paris, mungkin kita bisa mencoba Bourlesque Latvia untuk menikmati makan malam dan kabaret Latvia.

 

HARI 7

RIGA-JURMALA-RIGA-CHARLEROI-BRUSSELS

- Packing dan titipkan koper di hostel.

- Dari Riga ke Jurmala yang merupakan kawasan pantai, naik ferry. Ferry akan membawa kita ke Majori, bagian pantai yang paling terkenal. Dari atas ferry nikmati indahnya pemandangan di tepian Sungai Daugava.

- Kawasan pantai ini merupakan area rumah musim panas bagi kaum jetset di Latvia. Maka dari itu, di sekitar Bulduri kita akan menemukan banyak vila unik. Dan di Jalan Jomas kita bisa menemukan toko suvenir dan berbagai kafe serta restoran yang menawarkan makanan khas Latvia, Georgia, Thailand dan masakan internasional lainnya. Salah satu ikon Jurmala adalah Brunurupucis, patung perunggu kura-kura yang melambangkan umur panjang. Masuk ke pantainya gratis lho! O ya, jangan langsung nyebur ke laut ya, karena suhu air Laut Baltik hampir selalu sedingin air es, walaupun di musim panas.

 

Brunurupucis

 

- Lanjut ke Taman Hutan Dzintari. Buat yang mau menantang adrenalin, coba deh naik ke Observation Tower yang terbuat dari kayu yang disusun nggak terlalu rapat sehingga kita bisa melihat ke bawah. Gratis.

 

Observation Tower

 

- Pulangnya bisa naik kereta api tua dari Stasiun Bulduri di Jurmala ke Riga. Ambil koper di hostel, lalu bersiap ke Bandara Riga dengan shuttle bus.

- Terbang dari Riga ke Charleroi.

- Sesampainya di Charleroi langsung naik shuttle bus ke Brussels Midi. Lebih baik menginap di Brussels karena selain lebih murah, kita juga nggak perlu buru-buru esok paginya untuk mengejar pesawat kembali ke Jakarta.

 

HARI 8

BRUSSELS-JAKARTA

Pagi hari bisa jalan-jalan sebentar sebelum ke Bandara Brussels yang hanya memakan waktu 16 menit naik kereta. Biasanya pesawat ke Jakarta berangkat siang. Jadi minimal 2,5 jam sebelum pesawat take off kita sudah harus berada di kereta menuju Brussels Airport.

 

HARI 9

TIBA DI JAKARTA

 

Baca juga “Panduan Cerdas Eksplor Lithuania dan Latvia

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Agusmia Putri Harerani, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


434

Back to Top