ITINERARY EKSPLOR BEIJING & SHANGHAI 7 HARI

ITINERARY EKSPLOR BEIJING & SHANGHAI 7 HARI

Saturday, 10-03-2018 | 08:36

Tian An Men Square

 

Beijing dan Shanghai, kedua kota ini mewakili kejayaan China dari masa lalu hingga masa kini. Dan lagi, bagi yang ingin ke China tapi takut dengan isu joroknya, berkunjung ke kedua kota ini jadi pilihan paling “aman”, karena termasuk kota paling maju di China. Silakan contek itinerary berikut ini bagi Anda yang berencana ngetrip ke Beijing dan Shanghai sekaligus.

 

HARI 1

JAKARTA-BEIJING

Cukup banyak maskapai yang melayani rute Jakarta-Beijing dengan minimal 1X. Pilihan jam keberangkatannya juga banyak, ada yang tiba di hari yang sama, ada yang esok harinya.

 

HARI 2

EKSPLOR BEIJING

- Menginap di dekat Tian An Men Square, subuh bangun supaya bisa lihat Upacara Penaikan Bendera di Tian An Men Square. Upacara ini 2X sehari; pagi saat matahari terbit, dan sore saat matahari terbenam (penurunan bendera). Sekalian mampir ke National Museum of China yang berisi sejarah bangsa China, serta Memorial Hall of Chairman Mao (Mausoleum Mao Zedong), tempat jasad Mao Zedong yang diawetkan disimpan. Semuanya berada di dekat Tian An Men.

- Habis makan siang, saatnya ke Kota Terlarang/Forbidden City. Cukup jalan kaki karena masih satu lokasi dengan Tian An Men. Kompleks bangunan kayu terbesar di dunia ini amazing abis! Setiap bangunan dibuat dengan detil dan bermakna.

 

Forbidden City

 

- Menuju Wangfujing Snack Street. Di sini bisa makan malam sekalian nyobain jajanan unik seperti sate kalajengking, sate kuda laut, dan banyak lagi.

 

Aneka jajanan unik

 

- Kalau kaki masih kuat, lanjutin jalan dan belanja di Wangfujing Pedestrian Street, sekalian cari paket tur lokal untuk lusanya ke Great Wall.

 

HARI 3

EKSPLOR BEIJING

- Naik subway ke Temple of Heaven (StasiunTiantandongmen). Kompleks ini dulunya tempat kaisar berdoa kepada langit, memohon berkah bagi negeri China. Di kompleks yang lebih luas dari Kota Terlarang ini banyak arsitektur unik yang terkesan “ajaib” bagi orang awam. 

 

Temple of Heaven

 

- Makan siang, dan setelahnya naik subway ke Summer Palace (Stasiun Beigongmen). Kisah paling terkenal dari istana ini adalah tentang Ibu Suri Ci Xi yang memakai dana militer untuk merenovasi istana ini sehingga China kalah perang dengan Jepang.

 

Summer Palace

 

- Sore nonton Acrobatic Show. Salah satu yang terkenal Chaoyang Acrobatic Show. Ke sini naik subway, turun di Stasiun Hujialou. Siap-siap ter-“wow-wow” nonton yang beginian!

- Malam ini nyobain Peking Duck yang tersohor di Quanjude Restaurant. Ada beberapa cabang, salah satunya di Wangfujing Street. Ke Wangfujing bisa naik subway turun di Stasiun Wangfujing. Dari sini balik hotel jalan kaki.

 

HARI 4

BEIJING: TUR GREAT WALL + MING TOMBS

- Ikut paket tur ke Great Wall. Ambil paket ke Badaling Great Wall plus ke Ming Tombs, termasuk makan siang harganya. Jam 7 pagi sudah harus siap di lobi hotel untuk dijemput tur.

- Satu jam perjalanan ke Ming Tombs, makam Kaisar Yongle (kaisar pertama China) dan Permaisuri Xu yang merupakan makam utama dan terbesar. Lanjut diajak ke Jade Factory. Kalau ikut tur pasti diajak ke tempat belanja milik pemerintah seperti ini. Jualannya agak-agak maksa. Kalau memang niat beli giok, di sini terjamin keasliannya. Tapi kalo nggak niat, tolak aja baik-baik!

 

Ming Tombs

 

- Makan siang dulu, baru ke Badaling Great Wall. Ini salah satu pintu masuk Tembok China yang terdekat dari Beijing. Meskipun sudah touristy, tapi masih enak untuk dikunjungi asal bukan saat wiken atau musim libur. Pemandangan di sini keren. Yang masih kuat bisa naik tangga ke atas temboknya. Kalau yang nggak kuat tapi pengen naik, bisa pakai gondola, atau naik pulley --semacam kereta-keretaan mirip roller coaster.

 

Great Wall

 

- Dari Badaling diajak mampir ke Bird Nest Olympic Stadium dan Water Cube untuk foto-foto dari luar. Sebelum diantar pulang, diajak belanja lagi ke Silk Shop.

 

Bird Nest Olympic Stadium

 

- Sampai hotel sekitar jam 6. Bisa langsung cabut sendiri naik subway ke Xiushui Street alias Silk Market (Stasiun Yonganli), yang komplit-plit buat belanja. Yang mau beli giok dan sutra murah bisa cari di sini. Jangan lupa harus berani nawar dan jangan takut dibentak sama penjual. Makan malam bisa sekalian di sini. Di lantai paling atas ada foodcourt.

 

HARI 5

BEIJING-SHANGHAI

- Ke Beijing Railway Station naik subway untuk naik bullet train ke Shanghai. Ada banyak pilihan jam keberangkatan. Lama perjalanan 5-6 jam. Kalau bisa naik kereta yang jam 8, supaya sampai Shanghai nggak terlalu siang.

- Jam 1 siang sampai di Shanghai Hongqiao Station, langsung naik subway ke hotel di area Nanjing East Road (Stasiun East Nanjing Road).

- Habis check in, cari makan dulu di Nanjing Road.

- Jalan kaki ke The Bund, kawasan yang penuh deretan bangunan kolonial yang jadi lambang kejayaan Shanghai sebagai pusat keuangan Asia Timur. Puas-puasin foto di sini, secara pemandangannya ciamik banget! Apalagi menjelang malam, pas lampu-lampu mulai nyala.

 

Huangpu River & The Bund

 

- Lanjut naik ferry untuk menyeberangi Huangpu River ke daerah Pudong. Turun dari ferry, jalan kaki sedikit, sampai ke Oriental Pearl TV Tower. Foto wajib dari bawah tower. Bagi pecinta ketinggian, bisa naik ke Upper Sphere.

 

Oriental Pearl TV Tower

 

- Dari bawah tower, cobain naik Maglev, semacam kereta kapsul bawah tanah berkecepatan tinggi menyeberang ke The Bund dengan waktu hanya 3 menit! Hampir seluruh body kereta dari kaca.

- Dari The Bund naik subway ke Xin Tian Di (Stasiun Xintiandi), kompleks bangunan bergaya shikumen (pertemuan arsitektur Barat dan China) yang dirombak jadi tempat nongkrong yang trend di Shanghai. Terbagi jadi dua area; selatan dan utara. Di area selatan banyak pusat perbelanjaan termasuk foodcourt di mana kita bisa makan malam. Di utara banyak kafe, butik, dan restoran fine dining.

 

HARI 6

EKSPLOR SHANGHAI

- Check out dan titip bagasi di hotel, langsung ke Yu Yuan Garden (Stasiun Yuyuan Garden) sebelum ramai sama rombongan turis. Nikmatin taman ini saat sepi itu sesuatu banget. Di sini ada batu giok unik yang konon jadi “harta karun utama” taman ini.

 

Yu Yuan Garden

 

- Keluar dari taman, lanjut makan siang di Yu Yuan Market. Pusat belanja ini menempati bangunan-bangunan China kuno. Barang-barang di sini juga murah dan menarik. Kalau mencari suvenir bisa di sini.

- Kembali ke Nanjing Road, saatnya muasin hasrat belanja! Jalanan sepanjang 6 km ini sudah jadi shopping paradise sejak 1840-an. Bahkan diklaim sebagai The First Commercial Street in China! Saat ini sudah ada Pedestrian Street sepanjang 1 km, jadi makin nyaman buat jalan-jalan.

- Jam 9 malam saatnya balik jalan kaki ke hotel ambil bagasi, packing belanjaan, dan berangkat ke bandara naik subway untuk penebangan balik ke Jakarta.

 

HARI 7

SHANGHAI-JAKARTA

 

 

TRANSPORTASI:

  • Subway: Paling efektif karena menghindari macet. Objek-objek wisata terkenal juga bisa dicapai dengan subway baik di Beijing maupun Shanghai.
  • Taksi: Jika terpaksa naik taksi, pastikan taksi resmi. Meskipun hampir semua supir taksi di kedua kota ini bisa sedikit Bahasa Inggris, tapi lebih baik siapkan nama tujuan dalam tulisan China.

 

Baca juga “Berlibur Ala Ibu Suri Sampai Belanja Kalap di Wangfujing” dan “Panduan Cerdas Eksplor Shanghai

Teks: Julius Leonardo Foto: Shutterstock, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


615

Back to Top