ITINERARY EKSPLOR MADRID-SEVILLE-CORDOBA-GRANADA (SPANYOL) 7 HARI

ITINERARY EKSPLOR MADRID-SEVILLE-CORDOBA-GRANADA (SPANYOL) 7 HARI

Thursday, 08-03-2018 | 23:10

Istana Alhambra di Granada

 

Spanyol tak hanya Madrid dan Barcelona. Ada banyak kota lain yang menarik, di antaranya Seville, Cordoba dan Granada. Granada punya Istana Alhambra yang sarat informasi sejarah. Luangkan waktu 7 hari untuk mengeksplor 4 kota di Spanyol dan ikuti rekomendasi itinerary berikut ini.

 

HARI 1

JAKARTA-MADRID

- Dari Jakarta tengah malam, tiba di Madrid siang hari.

- Dari Bandara Barajas Madrid menuju hotel di Gran Via (jalan raya utama di Madrid) dengan metro.

 

Grand Via

 

- Setelah check in hotel, jalan kaki menuju Plaza de Espana, nikmati sore di salah satu plaza cantik dan favorit di Madrid, dengan latar belakang Torre de Madrid.

- Jalan kaki ke Temple de Debod yaitu kuil Mesir yang merupakan persembahan pemerintah Mesir untuk Spanyol.

- Puas-puasin jalan kaki di sekitar Gran Via yang penuh toko barang bermerek.

 

HARI 2

EKSPLOR MADRID

- Ke Santiago Bernabeu dengan metro. Turun di Stasiun Santiago Bernabeu. Beli tiket untuk tur keliling stadion kebanggaan klub sepak bola Real Madrid ini.

- Lanjut naik metro menuju Puerto del Sol (turun di Stasiun Sol), salah satu plaza terkenal di Madrid yang terdapat simbol kota Madrid, yaitu beruang yang merambat ke pohon madro.

 

Puerto del Sol

 

- Jalan kaki ke Plaza Mayor, plaza utama lainnya di Madrid.

- Jalan kaki ke Mercado de San Miguel, pasar yang menjual nggak cuma bahan mentah, tapi juga makanan jadi seperti paella (menu nasi khas Spanyol) dan tapas (camilan khas Spanyol yang banyak jenisnya). Makan siang di sini.

- Melewati Plaza de la Villa dalam perjalanan menuju Catedral de la Almudena (Madrid Cathedral). Gereja ini dinding dalamnya dari batu granit dan marmer putih.

- Menuju Palacio Real (Royal Palace) di sebelah Catedral de la Almudena. Pastikan memiliki waktu cukup untuk masuk ke istana ini (waktu kunjungan April-Sept pkl.10.00-20.00, dan Okt-Mar pkl.10.00-18.00).

- Berfoto di Plaza de Oriente, plaza mungil di sebelah timur Palacio Real. Air mancur dengan patung Raja Philip IV yang sedang menunggang kuda menjadi simbolnya.

- Menikmati Jardines de Sabatini di sebelah utara Palacio Real. Tempat ini memiliki taman-taman berbentuk labirin persegi panjang.

- Makan malam di  Gran Via, bisa coba resto Wok to Walk –menyediakan variasi menu mie yang cocok banget di lidah Asia.

- Kembali ke hotel jalan kaki.

 

HARI 3

EKSPLOR MADRID

- Dengan metro menuju Plaza de Cibeles (turun di Stasiun Banco de Espana). Plaza ini memiliki air mancur dan di tengahnya terdapat patung Dewi Kesuburan Yunani, Cybele.

 

Plaza de Cibeles

 

- Dari Plaza de Cibeles, dengan menyusuri jalan Calle de Alcala, kita akan sampai di Puerta de Alcala.  Gerbang kota yang dibangun tahun 1774 ini terletak di tengah taman yang dihiasi bunga-bunga.

 

Puerta de Alcala

 

- Jalan kaki menuju Museo Nacional Del Prado, salah satu museum seni terlengkap di dunia.

- Terletak di sebelah timur museum, kita akan jumpai Iglesia de los Jeronimos, yaitu gereja Katolik Roma yang nggak terlalu besar tapi terlihat cantik.

- Jalan kaki menuju Retiro Park, taman yang dibangun tahun 1632 untuk tempat bersantai keluarga kerajaan. Di taman ini terdapat Alfonso XII Monument, the Estanque del Retiro, Palacio de Cristal, dan Mueso del Ejercito.

 

Palacio de Cristal

 

- Naik metro ke Plaza de Toros (Las Ventas). Arena bullfighting yang berdiri tahun 1931 ini bergaya Mudejar (khas Moorish).

 

Plaza de Toros (Las Ventas)

 

- Setelah kembali ke hotel dengan naik metro untuk mengambil koper, naik metro lagi ke stasiun kereta Atocha, stasiun terbesar di Madrid. Dari luar, bangunan stasiun terlihat bergaya Moor, terutama dari warna temboknya. Beli makan siang di stasiun.

 

MADRID-SEVILLE (dengan kereta)

- Dari Stasiun Atocha di Madrid kita akan berhenti di Stasiun Santa Justa Seville dan memakan waktu +/-2,5 jam. Nggak disarankan naik bus karena bisa 9 jam.

- Naik bus dari stasiun kereta Seville ke pusat kota.

- Check in hotel/hostel (cari yang di pusat kota, dekat dengan tempat wisata utama).

 

HARI 4

EKSPLOR SEVILLE

- Berjalan kakilah ke Royal Alcazar melewati Plaza Nueva. Di istana ini nikmatilah indahnya The Courtyard of the Maidens dan Hall of Ambassadors yang dinding-dindingnya dipenuhi ukiran. Ingat, jam buka bagian ini hanya pkl.10.00-14.00.

 

Royal Alcazar

 

Hall of Ambassadors

 

- Menuju Seville Cathedral di sebelah Alcazar. Katedral ini dulunya masjid. Jika ingin ke Giralda Tower (bell tower), waktu kunjungannya mulai pkl.11.00. Dalam katedral ini terdapat makam Christophorus Columbus.

 

Seville Cathedral

 

- Setelah makan siang di salah satu resto di jalan Avda de La Constitution, jalan kakilah menuju Maria Luisa Park melewati jalan San Fernando, di mana terdapat Universitas Seville yang dulunya pabrik rokok pertama di Eropa yang dibangun abad ke-18, hingga kemudian beralih menjadi universitas tahun 1950.

- Menikmati indahnya Plaza de Espana. Gedung di kawasan Maria Luisa Park ini salah satu bangunan tercantik di Seville.  

 

Plaza de Espana

        

- Jalan kaki menuju Torre del Oro sambil menikmati Sungai Guadaquivir nan cantik. Menara yang pernah menjadi penjara di abad pertengahan, saat ini dijadikan museum angkatan laut.

- Beli camilan churros di sisi jembatan Sungai Guadaquivir.

- Ikut tur di Plaza de Toros (bullfighting ring) yang nggak jauh dari Torre del Oro.

- Bersantai di Plaza Mayor, plaza berstruktur kayu.

- Kembali ke hostel.

Catatan: Keliling hari ini semua dengan jalan kaki.

 

HARI 5

SEVILLE-CORDOBA-GRANADA

- Dari hostel jalan kaki ke pemberhentian bus terdekat untuk menuju stasiun kereta. Kereta dari Seville ke Cordoba durasinya 1,5 jam.

- Sesampainya di Cordoba, titipkan koper di loker stasiun bus yang terletak di depan stasiun kereta, kemudian naik bus menuju Mezquita. Bangunan ini didirikan tahun 600 sebagai gereja Visigothic St. Vincent. Setelah penaklukan oleh kaum Muslim, gereja ini dibagi dua untuk Muslim dan Kristiani.

 

Interior Mezquita

 

- Jalan kaki menuju Alcazar of the Christian Monarchs yang nggak jauh dari Mezquita. Bangunan ini merupakan benteng pertahanan pada masa Romawi. Benteng ini memiliki taman, kolam yang dihiasi air mancur dengan bunga warna-warni.

- Berfoto di Roman Bridge. Di seberangnya terdapat Torre Calahorra. Menara ini berupa museum mungil yang menginformasikan mengenai Spanyol di masa pemerintahan Bangsa Moor. Bisa naik ke atas menara.

 

Roman Bridge

 

- Kalau sempat, berjalanlah di sekitar kawasan Yahudi yang dipenuhi toko suvenir dan restoran. Di Jalan Judios kita bisa melihat Sinagog dan House of Seerad untuk mengetahui asal usul Yahudi di kota ini.

- Naik bus kembali ke stasiun, kemudian beli makan siang di stasiun bus/kereta.

- Sore hari menuju Granada dengan bus, lama perjalanan 3 jam.

- Setibanya di Granada beli tiket dulu untuk walking tour malam ke Albayzin dan Sacromonte di stasiun bus. Lalu dari stasiun bus di Granada sambung dengan bus lagi ke pusat kota, turun di Puerta Real, jalan sedikit untuk sampai di hotel di sekitar Plaza de los Campos.

 

Tipikal rumah di Albayzin

 

- Check in hotel dan menuju Plaza Santa Anna sebagai meeting point tur malam ke Albayzin dan Sacromonte. Tempat ini berada di atas bukit, jadi kita diajak naik mobil sejenis van menuju ke sana. Kawasan Albayzin  merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO --kawasan tempat tinggal orang-orang Muslim keturunan Arab. Jalan di kawasan ini berupa lorong-lorong kecil dengan rumah bertingkat di kanan kirinya yang merupakan warisan Bangsa Moor. Melihat sunset di Mirador St. Nicholas merupakan hal wajib di sini. Ini adalah sebuah lokasi terbuka seperti plaza mungil, tempat orang bersantai dan menikmati pemandangan Kota Granada dan Alhambra. Sedangkan Sacromonte merupakan kawasan gipsy yang nggak kalah menarik. Walking tour malam ini berakhir di Plaza Nueva.

- Lanjutkan jalan sendiri di sekitar Plaza Nueva untuk beli oleh-oleh. Belilah gelato di sini.

- Makan malam di restoran sekitar Calle de Elvira. Jalan kaki dari Plaza Nueva. Kalau pesan minuman (biasanya bir atau wine; bisa juga grape juice), kita akan mendapatkan tapas gratis.

- Kembali ke hotel jalan kaki lagi.

 

HARI 6

EKSPLOR GRANADA

- Check out dan titipkan koper di hotel.

- Berjalan kaki ke Plaza del Sol untuk menuju Alhambra dengan bus. Alhambra adalah kompleks istana dan benteng yang sangat terkenal dan menjadi ikon Granada. Pastikan udah beli tiketnya beberapa minggu atau sebulan sebelumnya secara online supaya bisa masuk yang pagi. Waktu kunjungan untuk 1 Apr-14 Okt pkl.08.30-20.00 dan untuk 15 Okt-31 Mar pkl.08.30-18.00. Alhambra terdiri dari 4 bagian,yaitu Alcazaba, Nasrid Palace, Partal, dan Generalife. Untuk mengelilingi kawasan ini kalau mau puas dan santai +/-4 jam. Tapi 2,5 jam juga OK lah.

 

Istana Alhambra

 

- Kembali ke Plaza del Sol naik bus dan jalan kaki menuju Granada Cathedral.

- Makan siang take away di Calle Reyes Catolicos.

- Balik ke hotel jalan kaki untuk ambil koper. Lalu naik bus menuju stasiun bus.

- Pkl.13.00 naik bus Granada-Madrid, selama 5 jam. Pilihlah perusahaan bus ALSA, karena jadwalnya lebih banyak dan nyaman. Turun di Avda de America. Dari situ naik bus line 200 ke Madrid Barajas Airport. Waktu tempuh 30 menit.

- Tiba di bandara sore. Naik pesawat yang take off  sekitar jam 9 atau 10 malam.

 

HARI 7

Sampai di Jakarta sekitar jam 10 malam.

 

Panduan lengkap tentang Spanyol baca di sini.

Teks: Titry Frilyani Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


176

Back to Top