MENJELAJAH SAPA DI VIETNAM, ALPENNYA ASIA

MENJELAJAH SAPA DI VIETNAM, ALPENNYA ASIA

Monday, 13-11-2017 | 12:37

 

Panorama pengunungan spektakuler ala Alpen lengkap dengan lembah hijaunya bisa dinikmati juga di Asia Tenggara. Tepatnya di Vietnam bagian utara yang berbatasan darat dengan Tiongkok. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Eropa. Selain bisa dinikmati dengan waktu yang terbatas --kurang dari 1 minggu-- bujetnya juga ramah di kantong. 

 

 

Sapa berada di Provinsi Lao Cai, Vietnam bagian utara (atau barat laut), yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Tiongkok. Wilayahnya terdiri dari pegunungan, perbukitan, lembah dan sawah terasering. Puncak tertinggi di Sapa adalah Gunung Fansipan yang merupakan kaki dari rangkaian Pegunungan Himalaya dengan tinggi mencapai 3.143 mdpl. Karena wilayahnya yang berada di ketinggian, cuaca di Sapa selalu dingin. Saat musim gugur suhu mencapai 16 derajat celcius. Sedang saat musim dingin (Desember-Februari) kadang turun salju.

 

Gunung Fansipan

 

Alam Sapa masih asri, dengan barisan pegunungan dan perbukitan mengelilingi kota yang bangunannya bergaya kolonial Prancis. Lembah yang hijau subur dan sawah terasering juga menjadi incaran bagi para turis yang ke sini. Sapa juga menjadi rumah bagi suku minoritas Vietnam yang bernama suku Black Hmong, Day dan Tay. 

 

 

AKTIVITAS DI SAPA

Banyak aktivitas seru yang bisa dicoba di Sapa. Seperti trekking ke desa suku minoritas yaitu Cat Cat Village, Lao Chai Village dan Ta Van Village. Para pendaki juga bisa naik ke Gunung Fansipan dan merasakan suasana dingin di kaki Himalaya. Pendakian bisa dilakukan dengan jalan kaki atau menggunakan cable car yang disambung dengan naik tangga ke puncak gunung. Bersantai di Kota Sapa sambil menikmati udara dingin dan hangatnya kuliner lokal juga sangat menarik untuk dilakukan. 

 

Naik cable car ke Gunung Fansipan

 

CARA KE SAPA & EKSPLOR SAPA

Dari Jakarta atau Kuala Lumpur ambil penerbangan ke Hanoi, Vietnam. Dari Hanoi perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan sleeper bus. Tiket bus bisa dibeli di hotel atau travel agent di sekitar Old Quarter Hanoi. Bisa juga dengan beli tiket langsung di terminal My Dinh (naik Uber ke terminal). Tiket bus Hason Haivan adalah VND 240.000 atau sekitar Rp 120.000. 

 

Perjalanan ke Sapa dengan bus memakan waktu 6 jam, bisa juga lebih. Meski perjalanannya lumayan lama tapi bisa istirahat karena sleeper bus nyaman dan berangkatnya malam hari. Bus akan tiba di terminal bus Sapa yang terletak di tengah kota. 

 

Bila datang dari Tiongkok, Sapa bisa dicapai dengan melewati perbatasan kedua negara di Kota Hekoi, Tiongkok dan Kota Lao Cai, Vietnam. Dari Lao Cai naik shuttle bus menuju Sapa. Harga tiket bus VND 40.000 atau Rp 20.000 dengan lama perjalanan 1 jam. 

 

Untuk menjelajah Sapa dan sekitarnya sebaiknya sewa sepeda motor dari hotel. Harga sewa sekitar VND 100.000 atau USD 4 atau sekitar Rp 50.000  per 9 jam. Bisa juga dengan naik taksi atau sewa mobil. 

 

 

REKOMENDASI PENGINAPAN 

Ada banyak hotel dan hostel di Kota Sapa mulai dari bintang 1 hingga 5. Kalau ingin menginap di dalam kota bisa mencoba hotel bintang 3 yang bisa ditempati 2-4 orang. Harganya VND 450.000 atau sekitar Rp 225.000 per malam dan sudah termasuk sarapan. Sedangkan bila ingin penginapan dengan view pegunungan harganya sekitar VND 800.000 atau Rp 400.000 per malam dan termasuk sarapan. 

 

Hotel dengan view pegunungan

 

Baca juga “Panduan Hemat Menyapa Sapa di Vietnam

Teks: Sabra Sathilla Foto: palmvietnamtravel.com, Sabra Sathilla, sapatoursfromhanoi.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


108

Back to Top