TEMPAT BELANJA ELIT DI EROPA DAN AMERIKA

TEMPAT BELANJA ELIT DI EROPA DAN AMERIKA

Sunday, 15-10-2017 | 21:10

Champs Elysees

 

 

Bawa barang belanjaan banyak takut kena hadang petugas beacukai di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng? Jangan kayak orang susah dong. Berani beli barang mahal, harus berani juga bayar pajaknya. Yekan? Kalau nggak punya cukup bujet, cukup datang ke pusat-pusat belanja elit di Paris, Milan, London, dan New York ini untuk to see and to be seen.

 

CHAMPS ELYSEES, PARIS, PRANCIS

 

Lokasi: Distrik Champs Elysees, Faubourg du Roule. Membentang dari Place de la Concorde sampai Place Charles De Gaulle (tempat Arc de Triomphe berdiri).

Barang yang dijual: Segala barang bermerek kelas dunia, terutama produk fashion, ada di sini. You name it! Louis Vuitton, Banana Republic, Gap, Zara, Hugo Boss, sampai Disney Store, dll. Penampilan toko-tokonya pun sangat mewah. Mereka juga biasanya menyediakan personal shopper. Bagi yang nggak berminat ke toko yang mengusung satu merek, melipir aja ke department store yang juga bejibun. Hiburan lain selain belanja: nontonin orang-orang berduit dan orang terkenal yang hobi belanja di sini. Reputasi sebagai tempat belanja elegan disandang tempat ini. Pokoknya, inilah surga belanja kelas atas ala Paris. Apa pun barang mewah yang Anda impikan ada di sini.

Kondisi: Sebuah avenue luas (panjangnya 1.910 m dan lebar 70 m) dengan toko-toko khusus super mewah, resto, kafe dan bioskop.

Harga: Pasti selangit. Wong harga sewa lahannya aja termahal kedua di dunia setelah Fifth Avenue di New York City. Siapkan aja kartu kredit berlimit besar. Harga yang tercantum sudah termasuk pajak.

Tempat makan: Top restoran banyak terdapat di sini. Kebanyakan tentu Western food (Italia, Prancis). Resto fast food dengan harga lebih bersahabat juga ada. Kafe dengan konsep outdoor bertebaran di sepanjang jalan. Ngopi dan nongkrong di sini untuk “to see and to be seenis a must!

Jam buka: Toko-toko biasanya buka pukul 10.00-18.00/19.00. Department stores: 09.00-20.30/21.30.

Tips & tricks:

- Biar belanjanya puas, pilih hotel yang dekat, jadi ke sana tinggal jalan kaki. Ada La Regence Etoile (*3),  Bradford Elysees dan Chateau Frontenac (*4), Royal Monceau dan Plazza Athenee (*5).

- Untuk belanja fashion, sebaiknya datang bulan Januari atau Juni, musimnya sale.

 

GALLERIA VITTORIO EMANUELE II, MILAN, ITALIA

 

Lokasi: Menghubungkan Piazza del Duomo dan Piazza della Scala, di pusat Milan.

Barang yang dijual: Adibusana dari perancang dunia, tas, sepatu, perhiasan, juga buku dan lukisan. Merek-merek prestisius dunia membuka gerainya di sini. Sebut saja: Prada, Massimo Dutti, Louis Vuitton, Gucci, dll. Selain itu Galleria juga terkenal sebagai rumahnya toko dan restoran tua di Milan. Arsitekturnya yang unik menjadikannya salah satu landmark Milan.

Kondisi: Shopping mall berlantai 4 yang berupa double arcade berkubah kaca dan terdiri dari banyak toko maupun resto. Semua serba luks dan kinclong.

Harga: Sesuai dengan kelasnya, tentunya mahal. Ada harga, ada kualitas. 

Tempat makan: Resto, kafe dan bar nggak kurang di sini. Salah satu yang melegenda adalah kafe yang sudah seratus tahun lebih, Biffi Caffe. Yang mau simpel, bisa makan di McDonald’s. Secangkir espresso seharga EUR 10 bisa Anda temukan di kafe-kafe di sini.

Jam buka: Pkl.11.00-19.00.

Tips & tricks: Ini juga tempat “to see and to be seen”. Milan sebagai jantung mode dunia tentulah nggak pernah gagal membuat para penikmat mode meresapi “ fashion show” setiap hari di jalan atau pusat belanja seperti Galerria ini.

 

KING’S ROAD, LONDON, INGGRIS

 

Lokasi: Turun di stasiun tube (kereta bawah tanah) terdekat, Sloane Square.

Barang yang dijual: Banyak butik trendy, merek unik, toko-toko desainer top. Jalan ini juga tempat yang pas untuk mencari ide desain interior dan furnitur. Jangan lupa singgah di toko di mana punk lahir di tahun  70an, Vivienne Westwood.  Juga toko barang antik yang menjual beragam “harta karun”,   Chelsea Antiques Market. Mau ke art gallery juga ada.

Kondisi: Jalan yang penuh dengan toko dan department stores. Peter Jones department store adalah penanda awal King’s Road di Sloane Square.

Harga: Sama dengan Champs Elysees dan Fifth Avenue, mahal! Karena ini juga pusat belanja elit.

Tempat makan: Di sepanjang jalan banyak kafe dan rumah makan.

Jam buka: Standar toko-toko di Eropa, antara pukul  09.00/10.00-18.00/19.00/20.00.

Tips & tricks: Beli online dulu peta dan buku petunjuk belanja di London (tentu ada King’s Road-nya) yang ada di situs www.streetsensation.co.uk. Petunjuknya sangat jelas dan lengkap.

 

FIFTH AVENUE, MANHATTAN, NEW YORK CITY, USA

 

Lokasi: Di pusat Manhattan, tepatnya ruas Fifth Avenue yang melintasi Midtown Manhattan, antara 49th Street dan 60th Street. Ini lokasi terbaiknya.

Barang yang dijual: Barang butik yang pastinya merek-merek terkenal. Louis Vuitton, Tiffany & Co., Gucci, Prada, Bottega Veneta, Giorgio Armani, Fendi, Versace, Cartier, Omega, Nike, Adidas, Zara, Escada, Swarovski, United Colors of Benetton, dll. Juga terdapat department stores seperti  Saks Fifth Avenue, Barneys, Bergdorf Goodman, Bloomingdales, Macy’s. Jadi buat Anda pecinta fashion, kudu mampir belanja di sini kalau pas ke New York City. Karena pengalaman belanjanya beda dengan tempat lain. O ya, suvenir dan peralatan rumah tangga juga bisa kita temukan di sini. World of Disney Store juga ada.

Kondisi: Berupa jalan pertokoan elit. Fifth Avenue berawal di Washington Square Park, Greenwich Village dan membentang ke utara melintasi jantung Midtown, sepanjang sisi timur Central Park. Di sini jalan ini membentuk perbatasan Upper East Side dan melintasi Harlem, tempat jalan ini berakhir di Sungai Harlem di 142nd Street.

Harga: Tentunya mahal. Bawa kartu kredit Platinum Anda yang limitnya masih full untuk modal shop till you drop di salah satu pusat belanja termahal di dunia ini. Harga yang tercantum biasanya belum termasuk pajak. Pajak sebesar 8,25% ditambahkan saat membayar. Tapi barang seharga nggak lebih dari +/- USD 110 nggak kena pajak.

Tempat makan: Banyak resto, bar, kafe mewah. Segala selera ada. Dengan harga per menu +/- USD 11 sampai semahal-mahalnya :-p

Jam buka: Nggak semua sama. Tapi mostly buka pkl.10.00 (weekdays) dan 11.000 (Minggu). Tutup pkl.19.00-21.30.

Tips & tricks:

- Tempat parkir kosong susah ditemukan dan mahal, jadi lebih baik naik bus atau subway ke sini.

- Supaya waktu belanja efisien, menginaplah di hotel sekitaran Fifth Avenue. Banyak pilihannya. Ada The Carlyle Hotel New York yang mewah dan bergaya klasik, The Plaza Hotel NYC, The Dream Hotel. Kalau buking jauh-jauh hari, bisa dapat penawaran harga khusus. Pilihan hotel bintang 3, The Marmara Manhattan dan The Bentley yang promo rate-nya di bawah USD 200.

 

Teks: Tim MyTrip Foto: Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


483

Back to Top