PANDUAN CERDAS EKSPLOR CEKO (Bagian 1)

PANDUAN CERDAS EKSPLOR CEKO (Bagian 1)

Friday, 22-09-2017 | 00:16

 

Siapa bilang ke Eropa mahal? Ada lho negara di Eropa yang biaya hidupnya nggak tinggi, bahkan ada beberapa hal yang lebih murah dari Jakarta. Czech Republic atau Republik Ceko bisa banget dieksplor tanpa bikin kantong bolong. Salah satunya karena fasilitas transportasinya memadai dengan harga terjangkau. Dan asyiknya, bayangan kita tentang Eropa akan tersuguh lengkap di sini. Kastil eksotis, istana bak di negeri dongeng, panorama alam dan kebun anggur, museum yang nggak ngebosenin, gereja tua, alun-alun indah lengkap dengan landmark-landmarknya. Belum lagi berbagai hidangan lokal nan lezat dengan harga murah. Yuk eksplor Ceko!

 

INFO UMUM

Letak: Republik Ceko terletak di Eropa Tengah, di antara Jerman, Polandia, Slovakia, dan Austria. Jadi jangan salah lagi menganggap Republik Ceko adalah bagian Eropa Timur, ya!

Negara ini hanya dibatasi pegunungan (nggak punya laut sama sekali). Gunung tertinggi adalah Gunung Snezka (1.603 m), sedangkan sungai terbesarnya adalah Sungai Elbe.

Luas: 78.866 km2 (lebih dari setengah Pulau Jawa)

Ibu kota: Praha (Prague)

Kota-kota lainnya: Kutna Hora, Pilsen, Karlovy Vary, Cesky Krumlov, Brno, Olomouc

 

Cantiknya Karlovy Vary

 

Bentuk negara: Republik, dengan 8 wilayah: Praha, Bohemia Tengah, Bohemia Barat Laut, Bohemia Timur Laut, Bohemia Barat Daya, Bohemia Tenggara, Moravia Tengah, dan Moravia Selatan. Konon, orang Moravia dan orang Praha kurang menyukai satu sama lain, namun tetap bersatu di bawah Republik Ceko.

Fakta menarik: Banyak orang salah menyamakan Republik Ceko dengan Republik Cechnya. Padahal jauh sekali, lho letaknya! Negara ini awalnya dikenal sebagai Republik Cekoslovakia. Tapi sejak 1 Januari 1993 Republik Ceko berpisah dari Slovakia dengan sistem pemerintahan Demokrasi Parlementer.

Zona waktu: GMT+2 (5 jam lebih lambat dari WIB) mulai 29 Maret pukul 02.00 sampai 25 Oktober pukul.03.00 waktu setempat, dan selebihnya GMT+1.

Bahasa: Bahasa resminya Bahasa Ceko, sedangkan dialek yang paling banyak dipakai adalah Dialek Moravia. Tapi jangan khawatir, Bahasa Inggris cukup umum digunakan di industri wisata.

Kode telepon: +420

Mata uang: Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 607 dan EUR 1= +/-CZK 27

Tips:

-          Bawa EUR untuk ditukarkan di Ceko.

-          Jangan tukarkan semua EURO di money changer di bandara atau stasiun kereta karena commission fee-nya cukup tinggi. Carilah money changer yang tidak meminta komisi, ada di sekitar Old Town dan New Town di Praha –biasanya bertuliskan “No Commission”.

-          EUR diterima di banyak tempat wisata, hotel, restoran, toko, taksi; tapi nggak berlaku di kota-kota kecil. Jadi tetap harus pegang CZK ya!

-          Hati-hati pada oknum yang menawarkan penukaran mata uang dengan harga tinggi di tempat-tempat turistik di Praha, karena mereka akan memberikan mata uang Rumania atau Bulgaria yang nilainya lebih rendah dibandingkan Koruna Ceko.

Stop kontak: Dua lubang bundar, sama dengan Indonesia.

Internet/Wi-Fi: Hampir semua hotel, terutama *3 ke atas menyediakan Wi-Fi gratis di kamar.

Kebiasaan tipping: Di restoran maupun dengan supir taksi tidak wajib memberikan tip.

Air minum: Di Praha banyak akomodasi mulai dari hotel *3 yang menyediakan air mineral botolan. Namun akomodasi di kota-kota lain banyak yang tidak menyediakan dengan alasan air keran di Ceko dapat langsung diminum dan lebih baik untuk lingkungan. Air keran di tempat umum yang tidak bisa diminum biasanya memiliki tanda khusus.

Jam buka toko: Di kota-kota besar seperti Praha dan Brno, hampir semua toko swalayan buka setiap hari pukul 08.30– 21.00. Sedangkan di kota kecil, hari Sabtu buka hanya setengah hari, dari pukul 09.00–12.00, sedangkan hari Minggu banyak yang tutup.

Aturan menyetir: Kemudi ada di sebelah kanan. 

 

 

VISA

Republik Ceko termasuk ke dalam wilayah Schengen. Pengurusan Visa Schengen hanya dilakukan di Kedutaan Besar Republik Ceko di Jakarta dengan langkah-langkah sebagai berikut:

-          Buka websitenyahttp://www.mzv.cz/jakarta (tersedia dalam Bahasa Ceko, Inggris dan Indonesia). Pilih Bidang Konsuler dan Visa.

-          Buat janji interview di VisaPoint, serta unduh dan lengkapi persyaratan Visa Schengen yang tertera di website.

-          Datang dengan membawa kelengkapan dokumen pada hari dan jam janji interview yang dijadwalkan. Memberikan data biometrik, jika belum pernah.

-          Membayar biaya Visa Schengen (EUR 60) dalam rupiah. Harganya berubah sesuai kurs, jadi kita harus mengeceknya di website.

-          Dalam 5-15 hari kerja, keputusan Visa Schengen kita sudah bisa diketahui. 

Alamat Kedutaan Besar Republik Ceko

Jl. Gereja Theresia 20

Menteng - Jakarta 10350

Telepon: (021) 2396112 dan 2396113

Fax: (021) 3904078

Hari pengurusan Visa Schengen: Selasa dan Kamis pukul 09.00-12.00.

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

Buat yang suka kastil dan istana sebaiknya datang saat musim semi sampai musim gugur (Maret-Oktober) karena selama musim dingin hampir semua kastil dan istana tutup, kecuali Prague Castle.

Yang suka melihat alam atau hiking, cycling, canoeing,disarankan datang awal Mei sampai akhir Agustus, (pertengahan musim semi sampai akhir musim panas).

Kalau berniat menikmati romantisme musim dingin di tengah gedung-gedung bersejarah atau bermain winter sport di ski resorts, datanglah pada pertengahan Desember sampai akhir Februari.

 

Pemandangan malam di musim dingin

 

(Bersambung)

Teks: Agusmia Putri Haerani & Mayawati NH Foto: Shutterstock, Tourism Olomouc

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


698

Back to Top