SHAXI & GAMBARAN KOTA TUA DI FILM-FILM KUNGFU

SHAXI & GAMBARAN KOTA TUA DI FILM-FILM KUNGFU

Saturday, 09-09-2017 | 21:07

Gerbang Old Theatre Inn

 

Satu lagi kota yang menarik untuk dikunjungi saat Anda ke Provinsi Yunnan China, yaitu Shaxi. Shaxi mewakili gambaran ideal tentang sebuah kota tua di China. Senyap, bersahaja namun anggun dan penuh wibawa. Kota dengan dominasi warna kayu ini tetap setia dengan tarikan garis klasiknya yang khas bak zaman karavan masa lalu, seakan bergeming di tengah putaran waktu. Pada masa jayanya kota ini menjadi titik penting lintasan jalur perdagangan karavan yang membawa berbagai komoditas dan kebutuhan hidup sehari-hari.

 

 

CARA KE SHAXI

Shaxi mudah dicapai dari Kota Dali yang juga berada di Provinsi Yunnan (cara ke Dali silakan baca di sini). Dari terminal bus Dali ke Shaxi bisa naik bus antarkota jurusan Jianchuan. Harga tiketnya RMB 32, dan jangan kaget jika di dalam bus ditagih tambahan RMB 5 untuk patungan bayar tol! Ya, sejak Februari 2014 jalur luar kota Dali-Jianchuan-Lijiang sudah memiliki akses tol yang bisa menghemat hingga 1-2 jam perjalanan. Sampai di Jianchuan cari saja colt mini menuju Shaxi. Atau kalau nggak sabar menunggu hingga mobil penuh, bisa sewa taksi seharga RMB 50-80 (tergantung proses tawar-menawar dan jumlah penumpang).

 

REKOMENDASI PENGINAPAN

- Old Theatre Inn

Old Theatre Inn di kala malam

 

Gedung bekas teater lengkap dengan panggungnya ini merupakan salah satu bangunan heritage yang bisa kita nikmati untuk bermalam. Terletak di Desa Duan, +/-3 km dari gerbang kota Shaxi, penginapan yang berada di peringkat teratas Tripadvisor ini memiliki 9 paviliun kayu dengan kasur empuk dan dekorasi interior eksklusif. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk menyeruput teh sambil memandangi hamparan ladang bunga canola menguning dan membiarkan paru-paru kita mengirup kesegaran udara gunung. Atmosfer pedesaan yang alami sangat kental membedakan penginapan yang satu ini dengan hotel-hotel lain di dalam kota tua. Harga kamar RMB 450 termasuk makan pagi (umumnya harga penginapan di China tidak termasuk makan pagi, kecuali jika ditulis demikian). Pemesanan bisa dilakukan melalui http://www.shaxichina.com/.

 

- Shaxi Horse Pen

Kalau Anda lebih suka menginap di dalam kota, penginapan yang satu ini bisa jadi alternatif. Termasuk dalam kategori youth hostel yang menempati salah satu dari rumah tua yang terbuat dari kayu. Kamar dibandrol RMB 120. Reservasi bisa dilakukan melalui www.hostelbookers.com atau langsung ke www.horsepen46.com.

 

OBYEK-OBYEK WISATANYA:

SIDENG FRIDAY MARKET

 

Setiap Jumat Shaxi tampak begitu sibuk dengan hari pasarnya. Penduduk yang sebagian besar berusia tua menyerbu pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Beberapa datang dengan kostum adat sukunya masing-masing, membuat pasar tampak riuh dan menyediakan begitu banyak objek menarik sebagai makanan lensa kamera.

Jam operasional: setiap Jumat, pagi-siang

Lokasi: sepanjang jalan raya Sideng, di dalam Shaxi Old Town

Perkiraan durasi kunjungan: setengah hari

 

SHIBAOSHAN

Hanya berjarak 12 km di utara Shaxi, Anda akan disuguhi pesona pegunungan dan kuil kuno di Shibaoshan yang termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Ada dua situs kuno di sini. Yang pertama Baoxiang Temple yang dipahat di dinding bukit di atas gunung dan dikelilingi kompleks biara yang hingga kini masih digunakan untuk tempat tinggal para bhiksu. Butuh waktu 20-30 menit untuk mendaki hingga ke puncak, dan pemandangan dari situ pastinya bikin kita sukses menahan napas.

 

Baoxiang Temple

 

Dari Baoxiang, lanjutkan perjalanan ke Shizhong Temple yang menjadi magnet terkuat Shibaoshan. Sebuah kuil dengan 139 pahatan batu sejak zaman Dinasti Tang dari abad ke-7 hingga ke-9, yang menceritakan penyebaran agama Buddha Mahayana dari Tibet masuk ke Yunnan.

 

Shizhong Temple

 

Perlu Diingat!

Mengingat maha karya ini sudah berumur ratusan tahun dan rawan akan kehancuran dari tangan-tangan jahil, have some respect dengan tidak menyentuh ataupun memotret dengan alasan apa pun #Trippersberetika.

Ke sana: Dari Kota Shaxi menuju Shibaoshan ada dua pilihan. Pertama, untuk trekkers bisa memanfaatkan jalur lintas alam sambil menikmati pemandangan gunung. Atau pilihan kedua, dengan menyewa taksi seharga RMB 30-50 tergantung negosiasi dan jumlah penumpang.

Tiket masuk: RMB 50

Jam buka: pkl.08.30-16.30

Perkiraan durasi kunjungan: setengah hari

 

 

Teks & Foto: Christina Wibisono

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


482

Back to Top