APA? MELIHAT SAWAH AJA JAUH-JAUH KE CHINA?

APA? MELIHAT SAWAH AJA JAUH-JAUH KE CHINA?

Friday, 08-09-2017 | 13:11

 

Pernah melihat foto pemandangan persawahan bertingkat-tingkat di China yang fotogenik banget? Itu pasti di Yuanyang, Provinsi Yunnan.Tercatat sebagai Top 10 World’s Best Rice Terrace dan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, Yuanyang memiliki beberapa spot persawahan yang membuat kita serasa melayang di kahyangan. Gumpalan awan putih bagai kapas menari-nari di atas hamparan teras sawah berundak, menyajikan lukisan alam yang membius jiwa.

 

Perlu dicatat, semua scenic spot persawahan di Yuanyang berada di luar kota. Siapkan senter dan jaket karena kita akan membutuhkannya ketika berjalan menembus kegelapan untuk memburu matahari bangun pagi dan duduk manis di atas “kolam sawah”.

 

Ada dua jenis sawah di daerah ini. Di daerah dengan ketinggian curam, sawahnya bertingkat-tingkat. Teras sawahnya cenderung sempit, namun bisa terdiri dari ratusan tingkat dari atas ke bawah bagaikan anak tangga alam yang menakjubkan. Sedangkan di hamparan yang lebih landai, terasnya bisa melebar dan di saat musim tanam tiba penuh terisi air dan menjelma bak cermin yang memantulkan kilau matahari dengan indahnya.

 

Sinar matahari sore memantulkan pendar indah

 

Selain teras sawah, Yuanyang juga memiliki desa adat Hani di mana kita bisa melihat bangunan rumah berbentuk jamur dengan atap jerami bertumpuk.

 

Tiket masuk (khusus untuk viewing deck di Laohuzhui, Bada dan Duoyishu): RMB 100, berlaku selama 2 hari. Di luar ketiga lokasi itu nggak dipungut bayaran dan bisa datang kapan saja.

Jam buka (khusus untuk viewing deck di Laohuzhui, Bada dan Duoyishu): pkl.05.30-19.30 (tergantung musim)

 

CARA KE YUANYANG

- Seperti halnya ke kota-kota lain di Provinsi Yunnan, ke Yuanyang juga harus melalui Kunming dulu (cara ke Kunming bisa dibaca di sini). Bus antarkota dari Kunming ke Yuanyang berawal dari Southern Bus Terminal dengan durasi 7-8 jam. Pemberhentian pertama di Nansha, lalu terakhir di Xinjie. Harga tiket Kunming-Xinjie RMB 132. Dari sana masih harus berganti kendaraan lokal (RMB 10) yang berangkat setiap 30 menit menuju Duoyishu, destinasi paling populer untuk mengamati sunrise dan sunset.

- Kalau dari Jianshui ke Yuanyang, ambil bus antarkota ke Nansha (RMB 32, durasi 2,5-3 jam. Dari Nansha berganti kendaraan menuju Xinjie +/-1 jam dengan harga tiket RMB 5-10. Barulah kemudian lanjut ke Duoyishu seperti petunjuk di atas.

 

Jika menggunakan salah satu dari kedua opsi di atas, usahakan sampai di Xinjie selambatnya pukul 17.00 karena kendaraan umum dari Xinjie menuju Duoyishu hanya beroperasi hingga pukul 18.00. Sebaliknya, kendaraan paling pagi dari Duoyishu menuju Xinjie baru berangkat pukul 07.30 pagi. Di luar jadwal itu sebaiknya menyewa kendaraan atau mencarter taksi.

 

 

REKOMENDASI PENGINAPAN

Jacky’s Guesthouse

Ini yang paling terkenal di kalangan turis asing, mengingat Jacky sebagai pemilik mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, sebuah ketrampilan yang langka di daerah ini. Mengingat rumah ini tidak memiliki kapasitas besar, bisa lakukan reservasi melalui ponsel Jacky di +86 13529732170  atau email: jackyguesthouses@gmail.com

 

Selain itu ada banyak pilihan homestay di sekitar Duoyishu. Namun seperti  juga di Dongchuan, reservasi penginapan di Yuanyang sulit dilakukan melalui internet. Mayoritas turis asing (terutama yang buta bahasa Mandarin) lebih memilih datang langsung dan melihat sendiri kondisi kamar serta fasilitas lainnya, baru memutuskan di tempat.  

Teks: Christina Wibisono Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


522

Back to Top