KOTA PELAJAR OLOMOUC DAN KASTIL NEGERI DONGENG

KOTA PELAJAR OLOMOUC DAN KASTIL NEGERI DONGENG

Saturday, 08-07-2017 | 21:43

Upper Square, tempat City Hall berada

 

Kalau di Indonesia ada Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar, di Republik Ceko juga ada. Adalah Olomouc, kota pelajar terbesar kedua di Republik Ceko setelah Brno. Kota ini dulunya dikelilingi benteng, namun kini dikelilingi taman yang menyambung dari berbagai sisi. Saat musim panas dan semi, berjalan-jalan di taman sekitaran pusat kota Olomouc sangat menyenangkan. Penduduk lokal banyak memanfaatkannya untuk berolah raga seperti inline skates, skate board atau sekadar jogging.

 

Taman kota Olomouc

 

Alun-alun di depan City Town Hall kota ini memiliki the hidden treasure yakni Holy Trinity Column dan di sekeliling kota kita akan menemukan berbagai air mancur dengan patung dewa-dewi Romawi yang mengingatkan kita pada Roma, Italia. 

 

CARA KE OLOMOUC

  • Naik kereta dari Praha ke Olomouc 2,5 jam.
  • Naik Student Agency Bus dari Vienna ke Olomouc +/-6 jam.

Sedangkan cara ke Praha darin Jakarta silakan baca di sini.

 

CARA EKSPLOR KOTA

Kotanya bisa dieksplor dengan jalan kaki

 

  • Olomouc bukan kota yang besar, terutama untuk pusat-pusat historis dan kulturalnya. Jadi cukup jalan kaki untuk mengeksplornya.
  • Kota ini hanya memiliki bus dan tram. Harga tiket sekali jalan CZK 14 sedangkan untuk tiket selama 24 jam seharga CZK 46.
  • Menyewa sepeda keliling kota juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Per hari cukup membayar CZK 200.

 

Mata uang Ceko: Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 500.

 

Olomouc Card

Berkeliling Olomouc dengan harga miring dimungkinkan dengan Olomouc Card yang berlaku dari 48 jam sampai 5 hari. Harganya untuk orang dewasa CZK 180 dan CZK 360; sedangkan untuk anak-anak hanya CZK 90 dan CZK 180. Jadi nggak usah pusing beli tiket bus dan tram karena sudah termasuk dalam kartu sakti ini. Selain itu kita juga bisa masuk gratis ke lebih dari 50 tempat wisata, seperti museum, kastil, istana dan berbagai monumen. Kita juga akan mendapatkan guide book Olomouc. Kartu ini tak hanya bisa dibeli di Tourist Information Center, tetapi juga di berbagai hotel dan tempat wisata.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

HOLY TRINITY COLUMN

 

Inilah yang menjadi kebanggaan warga Olomouc, karena Holy Trinity Column sudah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2000. Pembangunan monumen ini memakan waktu 37 tahun dan menjadi tiang Barok tertinggi di Eropa Tengah dengan ketinggian 32 m. Jika kita perhatikan, di atas tiang ini terdapat golden ball yang memang ditaruh pada saat Perang Dunia I agar tentara Prusia tidak menjatuhkan bom di atas monumen berharga ini. Di dalam monumen ini terdapat kapel kecil yang masih berfungsi selama bulan April sampai September, pukul 09.00–17.00.

 

THE CITY HALL

City Hall, di salah satu dindingnya terdapat Astronomical Clock

 

Balai kota ini terletak tepat di seberang Holy Trinity Column. Usianya yang tua membuatnya memiliki banyak sejarah yang menarik untuk disimak jika kita berminat ikut guided tour ke dalam balai kota sebelum naik ke atas menaranya. Untuk naik ke menaranya, kita perlu membayar tiket CZK 25 di Tourist Information Center yang ada di lantai bawah dan harus ditemani guide. Selain itu, di balai kota ini tertempel salah satu Astronomical Clock tertua di Eropa Tengah yang sudah direnovasi pada tahun 1950-an dengan figur-figur yang lebih modern, seperti profesi berbagai warga di Olomouc. Jam ini hanya berdentang setiap jam 12.00 dengan memainkan 3 buah lagu klasik selama kurang lebih 15 menit. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk menontonnya ya.

 

Astronomical Clock

 

7 ROMAIN FOUNTAINS

Tepatnya, terdapat 6 air mancur Barok yang dibuat sejak abad ke-17 sampai ke-18. Sedangkan satu air mancur terakhir didesain oleh pemahat terkenal dari Olomouc Ivan Theimer yang juga membantu dalam merestorasi Chateaux Versailles di Prancis. Ketujuh air mancur di mana para turis biasa membuat permohonan selama berkunjung di Olomouc, yaitu:

  1. Caesar Fountain
  2. Hercules Fountain
  3. Mercury Fountain
  4. Neptune Fountain
  5. Jupiter Fountain
  6. Triton Fountain
  7. Arion Fountain

 

Arion Fountain

 

PENGINAPAN

Sejak 1958 Flora Olomouc menjadi festival flora terbesar di Republik Ceko. Setiap tahunnya pada musim semi festival ini menjadi magnet bagi puluhan ribu pengunjung dari berbagai negara. Ada salah satu hotel *3/*4, Hotel Flora yang dekat dengan Flora Exhibition Center. Letaknya yang di tengah kota memudahkan kita mengakses berbagai tempat di Olomouc. Harga yang ditawarkan mulai CZK 1.650. Sedangkan untuk hostel di tengah kota, harga mulai EUR 14.

 

More to know:

Masih banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi di Olomouc. Terutama untuk yang suka dengan koleksi berbagai karya Barok dan Renaissance yang bernilai tinggi, MyTrip rekomendasikan untuk mengunjungi Archdiocesan Museum. Olomouc juga memiliki kastil yang terletak di sebelah museum ini, dengan Cathedral St. Vaclav yang tingginya mencapai lebih dari 102 m, yang menjadikannya katedral dengan menara tertinggi kedua di Republik Ceko.

 

Cathedral St. Vaclav

 

 

Ada juga Bouzov Castle yang berada di luar kota dan harus sewa mobil serta guide untuk ke sana. Kastilnya cantik luar dalam bak di negeri dongeng.

 

Bouzov Castle, bak di negeri dongeng

 

Bagian dalam Bouzov Castle

 

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Olomouc Tourism

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


326

Back to Top