TRANSIT 6, 8, ATAU 16 JAM DI SINGAPURA BISA KE MANA AJA?

TRANSIT 6, 8, ATAU 16 JAM DI SINGAPURA BISA KE MANA AJA?

Saturday, 24-06-2017 | 22:41

Merlion, ikon Singapura

 

Singapura kota transit yang sangat populer bagi para turis maupun business traveler, karena Bandara Changi merupakan salah satu bandara terbesar di Asia. Banyak penumpang pesawat transit ataupun stopover di Singapura sebelum melanjutkan perjalanannya. Bingung mau ke mana aja kalau transit berjam-jam di Changi? Nih MyTrip kasih ide. 

 

PENITIPAN BAGASI

Jika pesawat lanjutan (connecting flight) kita dari maskapai yang sama (misal Jakarta-Singapura-San Francisco dengan Singapore Airlines) atau maskapai yang memiliki aliansi/perjanjian bagasi (misal Jakarta-Singapura dengan Garuda lalu Singapura-Paris dengan Air France) maka bagasi kita otomatis ditransfer; kita nggak perlu repot ambil dan mindahin bagasi. Tapi jika penerbangan kita point to point (misal Jakarta–Singapura dengan AirAsia lalu Singapura–Sydney dengan Fly Scoot) bagasi tidak otomatis ditransfer. Nah kalau begitu, kita sebaiknya titip bagasi sebelum keluar dari Changi untuk melihat-lihat Singapura. Penitipan bagasi ini ada di Terminal 1, 2 dan 3 dengan biaya  (tergantung ukuran tas) SGD 1,07 sampai 8,56 per 24 jam.

 

REKOMENDASI ITINERARY:

1. TRANSIT SINGKAT (6 jam)

Untuk yang memiliki waktu transit minimal 5,5 jam (dari waktu pendaftaran tur) dapat bergabung dengan free tour dari Changi. Registrasi harus dilakukan paling lambat 1 jam sebelum tur dimulai. Datangi saja konter Free Singapore Tours (FST) di Terminal 2 dan 3. Ada 2 jenis: The Heritage Tour dan City Sights Tour, masing-masing berdurasi 2,5 jam.

Heritage Tour

Jadwal: pkl.09.00–11.30, 11.30-14.00,14.30-17.00 dan 15.30-18.00

Tur ini singkat tapi cukup untuk melihat Singapura secara sekilas. Melihat perpaduan antara budaya timur yang kental, dipadu dengan modernisasi ala Barat serta gaya hidup Singapura yang majemuk.

 

Kampong Glam

 

Rutenya: Colonial District, The Central Business District, Merlion Park (berhenti 20 menit), Chinatown, Little India, Kampong Glam & Malay Heritage Centre (berhenti 20 menit). 

 

City Sights Tour

Jadwal: pkl.18.00–20.30 dan 19.30-22.00

Tur ini khusus untuk melihat dinamika kehidupan modern di Singapura di malam hari.

Rutenya: Singapore Flyer, Esplanade, Marina Bay Financial Centre, Merlion Park (berhenti 20 menit), Marina Bay Sands, Gardens by The Bay (berhenti 30 menit).

 

2. TRANSIT 8 JAM (penerbangan lanjutan sore/malam)

Bisa menjelajah Singapura secara independen dengan mengikuti itinerary berikut:

Pkl.08.00:  Setelah urusan imigrasi dan titip bagasi kelar, sarapan dulu. Di Changi banyak tempat sarapan seperti:

- Killiney Kopi Tiam (Terminal 2): menyediakan makanan sarapan khas Singapura yaitu roti kaya toast, mie siam atau laksa.

- Ruyi (Terminal 1): Fast food Chinese yang menyediakan nasi bakmoy, bakmi pangsit, dimsum, dll (non halal).

- Ada juga gerai fast food 24 jam seperti McDonalds, Burger King dan Subway hampir di setiap terminal.

Pkl.09.00: Menuju MRT di bawah Terminal 2. Di konter MRT kita bisa beli EZ Link Pass atau Singapore Tourist Pass (bisa dipakai unlimited untuk MRT dan bus selama sehari penuh). Naik MRT jalur hijau dengan berganti di Tanah Merah Interchange.

Pkl.09.30: Dari Tanah Merah Interchange ke arah kota, lalu stop di Bugis MRT. Di sini kita bisa melihat Bugis Junction, jalanan yang penuh pedagang aksesoris dan pakaian.

Pkl.10.30: Lanjut naik MRT jalur biru menuju Chinatown. Di sini kita akan berjalan melewati toko-toko sepanjang Pagoda Street yang menjual pernak-pernik suvenir Singapura. Usai belanja, liriklah kuil India Sri Mariamman. Dari situ lanjut ke kuil Buddha Tooth Relic yang berjarak 1-2 blok.

 

Kuil Sri Mariamman

 

Pkl.12.00: Tiba jam makan siang. Tempat makan yang terdekat dan cukup terkenal di Chinatown adalah Maxwell Food Centre. Terletak +/- 50 m di hadapan kuil Buddha Tooth Relic. Cobain makanan yang biasanya ngantrenya  panjang yaitu nasi ayam hainan, carrot cake atau mie hokkien. Alternatif tempat lain di Chinatown juga:

  • Tak Po Dim Sum di Smith Street (non halal).
  • Mei Hong Yuan Desert di Temple Street. Untuk pencuci mulut bisa mencoba es serut dengan berbagai rasa seperti durian,coklat,sirsak,dll.

Di Chinatown kita juga bisa beli oleh-oleh khas Singapura yaitu bakwa (dendeng babi). Yang terkenal merek Bee Cheng Hiang dan Lim Chee Guan.

  • : Kembali ke Chinatown MRT untuk naik MRT jalur ungu ke arah Dhoby Gaut Interchange, kemudian ganti MRT jalur merah ke arah Orchard. Eksplorlah Jalan Orchard sepanjang 2,2 km. Kita juga bisa mencoba es krim potong Singapura yang terkenal.
  • : Kembali ke stasiun MRT untuk naik jalur merah menuju Raffles Place. Dari Raffles Park MRT kita bisa keluar dari Exit H dan mengikuti petunjuk untuk ke Merlion Park. Di sini kita bisa berfoto dengan patung singa yang menjadi lambang Singapura. Dari sini kita juga bisa melihat pemandangan 360 derajat Singapura yang meliputi Marina Bay Sands, Esplanade,serta gedung-gedung perkantoran. Untuk yang sudah lapar lagi bisa mencoba tempat makan di dekat Merlion Park yaitu Makan Sutra yang terletak di sebelah Esplanade (kita bisa berjalan menyeberangi jembatan di atas Merlion Park untuk ke sana). Menu di Makan Sutra yang bisa kita coba di antaranya: mie hokkien, satay, BBQ chicken wings dan oyster omellete.

 

Makan Sutra

 

  • : Ke Raffles MRT untuk kembali ke Changi MRT dengan menaiki MRT jalur hijau.

 

3. TRANSIT 16 JAM (penerbangan lanjutan subuh)

Untuk 8 jam pertama bisa mengikuti itinerary transit 8 jam. Selanjutnya sbb:

Pkl.16.00: Dari Merlion Park kembali ke Raffles MRT untuk naik MRT jalur merah ke Marina Bay MRT. Dari situ ganti ke jalur kuning untuk naik ke arah Bayfront MRT. Dari Bayfront MRT kita tinggal mengikuti petunjuk menuju Gardens By The Bay (GBTB). Di GBTB kita bisa melihat Supertree Grove yaitu bangunan yang didesain menyerupai pohon raksasa dan dihubungkan dengan jembatan (OCBC Skyway). Di GBTB juga terdapat 2 bangunan kubah yaitu Flower Dome dan Cloud Forest. Di dalamnya kita bisa melihat berbagai macam tanaman dan bunga dari berbagai belahan dunia.

 

Supertree Grove

 

Pkl.19.00: Jalanlah ke arah Marina Bay Sands (MBS). Merupakan bangunan yang terdiri dari 3 gedung yang didesain sebagai mal, hotel serta kasino. Kalau mau melihat Singapura dari atas gedung juga bisa. Naik aja ke SkyPark Observation Deck dengan biaya SGD 23. Untuk makan malam di MBS terdapat food court.  

Pkl.20.00: Jam segini di pelataran MBS digelar water show, yaitu permainan video dengan laser dan air yang diiringi musik. Gratis.  

Pkl.21.00: Belum capek? Masih mau cari oleh-oleh? Paling bener ke Mustafa Center deh! Dari Bayfront MRT naik jalur biru ke arah Chinatown lalu dari situ ganti jalur ungu ke Farrer Park MRT. Keluar dari Exit H, setelah menyeberang jalan sudah terlihat Mustafa Center. Tentang Mustafa Center baca di sini.  

Pkl.23.00: Dari Mustafa Center kalau udah bawa barang belanjaan banyak baiknya balik ke Changi naik taksi. Cuma setengah jam. Masih sempat istirahat sejenak di Changi sebelum naik penerbangan lanjutan.

 

Catatan: Hitung baik-baik waktu transit Anda, terutama jika pesawat Anda bukan connecting, di mana Anda harus melalui proses check in dan imigrasi lagi.

Teks: Rio Indrawan Foto: Rio Indrawan, Shutterstock ,www.changiairport.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


150

Back to Top