SHOPPING MURAH DI BANGKOK, SINGAPURA, VIETNAM, KAMBOJA

SHOPPING MURAH DI BANGKOK, SINGAPURA, VIETNAM, KAMBOJA

Friday, 23-06-2017 | 11:29

Chatuchak Weekend Market

 

Di keempat tempat ini Anda bisa belanja puas dengan harga murah. Ada yang harga fiks, ada juga yang dibutuhkan keahlian menawar. Mariii...

 

CHATUCHAK WEEKEND MARKET, BANGKOK, THAILAND

 

Cara ke sana: Lokasinya di Kamphaeng Phet 2 Road, Chatuchak. Naik BTS (Skytrain) Sukhumvit Line turun di stasiun terakhir: Mochit.

Mata uang: Thailand Baht (THB). THB 1 = +/-Rp 380

Kondisi: Bangunan luas satu lantai  yang terbagi ke dalam 27 section, dan terdiri lebih dari 15.000 kios. Ada area terbuka juga, kebanyakan diisi penjaja makanan gerobak. Nggak kurang dari 200.000 pengunjung datang tiap hari (Sabtu dan Minggu) yang 30%-nya adalah orang asing.

Barang yang dijual: Salah satu weekend market terbesar di dunia ini menjual segala macam barang. Ada ratusan kios pakaian dan aksesoris yang bisa mendandani kita dari kepala sampai kaki. Segala macam style, dari avant garde, retro, vintage, urban chic, dari pakaian anak-anak sampai orang tua, semua ada. Barang antik, barang koleksi, keramik, tanaman, bunga, buku (baru maupun buku ratusan tahun lalu; dalam bahasa Thai, Inggris, China), dekorasi rumah, kerajinan tangan, lukisan, hewan peliharaan, makanan segar dan makanan kering juga ada. Minimal setengah hari lah keliling, baru puas.

Harga: Jelas harga lokal, bukan harga turis. Apalagi kalau Anda jago nawar, bisa dapet semurah-murahnya. T-shirt standar mulai THB 100 (Rp 38.000). T-shirt dengan desain khusus THB 150-250. Tas selempang mulai THB 100. Pakaian wanita THB 150-400. Gantungan kunci satu set (isi 6) THB 150. Kain sutra Thailand (4 m) THB 500.

Tempat makan: Banyak! Di area terbuka di dekat jalan raya atau antar section banyak gerobak menjajakan sate-sate-an, sosis goreng dkk, mie goreng, serabi mini, rujak, es jeruk. Soal kehalalan, wajib tanya dulu ya. Tempat makan yang bentuknya kios juga banyak dengan beragam makanan dan camilan. Ada section khusus makanan, Dream Section. Berbagai macam restoran buka di sini. Penganan khas Thailand apa aja ada. Masakan Jepang, Vietnam dan masakan khusus Muslim juga ada.

Jam buka: Pkl.06.00-18.00 (hanya Sabtu dan Minggu). Jika 1 Januari pas jatuh di akhir pekan, pasar ini buka seperti biasa.

Tips & Trik:

-          Ambil peta lokasi yang disediakan gratis di beberapa sudut pasar untuk memandu Anda.

-          Yang mau beli baju, siapin atau ingetin ukurannya, karena nggak ada ruang ganti. Baju juga nggak boleh dicoba.

-          Pakai baju yang menyerap keringat dan alas kaki yang nyaman. Puanassss.... Lagian Anda pasti harus berjalan jauh untuk keliling.

-          Bawa tas besar untuk masukin semua belanjaan, supaya nggak ribet bawa berkantong-kantong tas plastik.

-          Nggak usah ragu nawar sampai sepertiga atau setengah harga. Belum tentu dapet sih, tapi at least, penjualnya mayoritas nggak jutek.

 

Baca juga "Wajib Baca! Tips & Trik Mengeksplor Bangkok Tanpa Takut Kena Scam"

 

BEN THANH MARKET, HO CHI MINH CITY (SAIGON), VIETNAM

 

Cara ke sana: Lokasi di Le Loi St., Distrik 1. Bisa jalan kaki (20-30 menit) dari berbagai hotel di Distrik 1 (terutama daerah Pham Ngu Lao dan De Tham).

Mata uang: Vietnamese Dong. USD 1= +/-VND 22.650. VND 1= +/-Rp 0,6

Kondisi: Gedung pasar satu lantai yang sangat luas dan punya 4 pintu. Di pintu utamanya ada clock tower yang menjadi ciri Saigon. Merupakan pasar terbesar di Vietnam. Lorong di tengahnya lebar, tapi lorong-lorong di antara kios di pinggir-pinggir sempit. Atapnya sangat tinggi, jadi walaupun nggak ber-AC masih cukup nyaman.

Barang yang dijual: Produk tekstil, kerajinan tangan, suvenir, jam tangan, sepatu, pernak-pernit lucu, makanan kecil, perabot rumah tangga, dll. Mau beli ao dai (gaun khas Vietnam) juga bisa di sini.

Harga: Ben Thanh terkenal dengan harga super murahnya. T-shirt dengan gambar bordiran cuma +/- VND 30.000 (Rp 18.000). Magnet kulkas +/- VND 10.000. Mau belanja yang agak “serius” di sini bisa beli bed cover, sprei, dan varian tekstil lainnya. USD di beberapa kios diterima. Tapi sebaiknya pakai VND (dong).

Tempat makan: Di dalam pasar ada satu blok khusus kios-kios makanan. Tempat duduknya sih nggak nyaman. Tingkat kebersihan juga so so. Tapi asyik kok melihat keseharian mereka di sini sambil menyantap makanan lokal.

Jam buka: Pkl.07.00-19.00.

Tips & Trik:

-          Tawar minimal setengahnya karena penjual biasa membuka harga tinggi bagi turis. Kemungkinan dijutekin sih ada.

-          Jangan nawar di area khusus yang menjual barang dengan harga pas.

-          Bahasa Tarzan dan bahasa kalkulator amat penting di sini.

-          Untuk pulang, jangan nyetop taksi di sekitar area pasar karena banyak banget taksi dengan argo kuda menunggu mangsa.

-          Hati-hati copet.

 

RUSSIAN MARKET, PHNOM PENH, KAMBOJA

 

Lokasi: Corner Street 163 dan Street 444.

Mata uang: Kamboja: Riel. Tapi USD lazim digunakan.  USD 1= +/-4.000 Riel. 1 Riel= +/-Rp 3

Kondisi: Kurang lebih mirip Chatuchak. Berupa bangunan satu lantai yang luas, dengan kios-kios kecil, lorong-lorong sempit dan gelap tanpa AC.

Barang yang dijual: Segala ada! Produk fashion khas Kamboja maupun jas ukuran orang Barat. Suvenir: gantungan kunci, magnet kulkas, piringan, sendok berlambang Kamboja, patung Buddha dalam segala mudra-ukuran-bahan, T-shirt (gambar dan tulisannya aneh-aneh, termasuk gambar Tintin di Kamboja, Angkor Beer). Barang antik, kain sutra, perhiasan, CD dan VCD musik atau film juga banyak. Bahkan di sini dijual spare part motor yang paling langka sekalipun.

Harga: Murah rah rah! T-shirt USD 1,5 (Rp 20.000) dengan bahan yang tipis. T-shirt dengan kualitas lebih baik bisa ditawar USD 2,5. Terutama kalau beli banyak. Blus bordir lengan pendek USD 3. Tas jinjing etnik USD 3. Patung Buddha dari tembaga yang sebesar ibu jari USD 1,5-2,5. Magnet kulkas USD 1,5. USD? Ya benar, di sini (di Kamboja pada umumnya) kita bisa bertransaksi dengan USD. Daripada menukar USD dengan riel (mata uang Kamboja), mending siapin USD pecahan 1, 5, 10.

Tempat makan: Tempat makan dipusatkan di tengah pasar. Kebanyakan menjual makanan lokal. Bisa dibayar pakai USD juga. Mau yang lebih nyaman, cari kafe di luar pasar. 

Jam buka:  Pkl.07.00-17.00.

Tips & Trik:

-          Seperti di pasar pada umumnya, keahlian menawar diuji di sini.

-          Para penjual di Kamboja lebih mahir berbahasa Inggris dan relatif lebih ramah daripada di Vietnam. Tapi kadang “bahasa kalkulator” tetap diperlukan.

-          Datanglah pagi atau menjelang sore, karena kalau siang panas sekali.

 

MUSTAFA CENTRE, SINGAPURA

 

Lokasi: 145 Syed Alwi Road.

Mata uang: Dolar Singapura (SGD). SGD 1= +/-Rp 9.600

Kondisi: Gedung berlantai 4 yang cukup besar. Tapi dengan banyaknya jenis barang , Mustafa terlihat padat. Seluruh ruangan ber-AC dan dilengkapi dengan eskalator dan tangga.

Barang yang dijual: Pusat belanja terlengkap yang menjual lebih dari 75.000 jenis barang. Anda bisa mendapatkan apa saja mulai dari produk fashion (wanita, pria, anak-anak, perlengkapan musim dingin, baju dalam, bikini, baju tidur), kosmetik, tas, sepatu, aksesoris, alat-alat elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman, sampai obat-obatan. Di lantai 1 ada berbagai model jam tangan, kacamata dan aksesoris unik khas India, serta alat-alat eletronik. Jika menginginkan kosmetik atau parfum dengan segala merek, naiklah ke lantai 2. Di lantai 2 kita juga akan menemukan berbagai jenis makanan seperti cokelat, snack, dan kudapan lain. Ada juga suvenir khas Singapura yang cocok dijadikan oleh-oleh. Lantai 3 dan lantai 4 menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan alat tulis.

Harga: Lebih terjangkau dibanding di Orchard Road. Jam tangan dan tas branded bisa Anda dapatkan mulai dari SGD 15 (Rp 144.000) dan SGD 35. Sedangkan kain sari India per set (6 m) ditawarkan mulai dari SGD 10 (Rp 96.000).

Tempat makan: Mustafa Centre dikelilingi restoran dan kedai makanan terutama yang menyajikan makanan khas India. Namun jangan khawatir, restoran India juga menyediakan berbagai menu yang dapat diterima lidah Anda.

Jam buka: 24 jam, setiap hari.

Tips & Trik:

-          Ketika memilih barang periksalah dengan teliti dan ketahui betul jenis barangnya. Karena kebanyakan pelayan toko kurang menguasai product knowledge.

-          Karena banyaknya jenis barang yang ditawarkan, coba berkeliling terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

-          Jangan khawatir bila kehabisan uang. Money changer tersedia di lantai 1.

-          Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Mustafa adalah pagi hari sebelum jam 11 siang atau tengah malam di mana pengunjung tidak terlalu padat.

-          Butuh waktu minimal 2 jam agar puas berbelanja.

 

Teks: Diona Ratrixia, Gita Nova Siregar, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, www.goasiatravel.com, www.svietnamtravel.com, www.volunteersmagazine.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


539

Back to Top