20 TEMPAT WISATA ANDALAN DI BANGKOK (Bagian 2-Tamat)

20 TEMPAT WISATA ANDALAN DI BANGKOK (Bagian 2-Tamat)

Tuesday, 20-06-2017 | 23:49

Bang Pa In Royal Palace

 

Kota Bangkok sangat luas, yakni 1.569 km2. Bandingkan dengan Jakarta yang luasnya 661,52 km2 (tanpa menghitung Kepulauan Seribu). Jadi mengelilingi Bangkok sampai khatam butuh waktu berhari-hari. Tujuan atau objek wisatanya pun banyak, termasuk wisata belanja dan kuliner. MyTrip mencukupkan sampai hitungan 20 saja objek wisata andalan di Bangkok yang bisa jadi rujukan. Kalau dimasukkan semua, terutama wat-watnya dan floating marketnya, juga wilayah pinggirannya tentu lebih banyak lagi.

 

11. MBK Shopping Centre dan Siam Centre

 

Mal yang satu dengan lainnya dihubungkan dengan skyline, sehingga tak perlu repot menyeberang jalan. MBK singkatan dari Mahboonkrong, merupakan pusat perbelanjaan berlantai 8 yang terletak di Phayathai Rd, Pathum Wan. MBK jadi favorit turis Indonesia terutama yang mau berburu snack sebagai oleh-oleh, dari snack halal maupun nonhalal ada di sini. Sementara Siam Centre ya seperti mal pada umumnya, segala ada. Kedua mal ini jam bukanya pkl.10.00-22.00.

 

12. Chatuchak Weekend Market

 

Pasar wiken terbesar di Asia Tenggara dengan >15.000 kios yang menjual apa aja dengan harga murah asal jago nawar. Biasanya turis ke sini untuk membeli suvenir atau barang kerajinan khas Thailand, juga aneka T-shirt dan snack. Minimal setengah hari lah keliling, baru puas. Jam bukanya pkl.06.00-18.00 (hanya Sabtu dan Minggu). Jika 1 Januari pas jatuh di akhir pekan, pasar ini buka seperti biasa. Baca selengkapnya di MyTrip vol 6/2012.  

 

13. Platinum Fashion Mall

 

Adalah surga belanja produk fashion murah tapi keren. Ssstt... bahkan seleb-seleb kita aja banyak yang belanja baju di sini lho. Busana yang dijual sangat mengikuti tren mode yang sedang berkembang. Ada lebih dari 1.500 kios di area belanja yang menempati 6 lantai ini.  Lorong antar barisan kios cukup lebar. Seluruh ruangan ber-AC. Ada eskalator dan lift. Jam bukanya pkl.09.00-20.00, setiap hari (tapi banyak toko yang sudah mulai tutup menjelang jam 6 sore).

 

14.Taling Chan Floating Market

Pasar tradisional di atas sungai ini memang kalah ngetop dengan Damnoen Saduak dan Amphawa Floating Market. Tapi enaknya, jadi nggak terlalu crowded. Bisa dicapai dengan BTS atau bus No.79 dari Central World. Selain cari jajanan yang sangat beraneka ragam di sini, juga bisa sambil melihat-lihat kehidupan masyarakat lokal. Bukanya hanya wiken ya, dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

 

15. Chao Praya Cruise

Leaning chedi

 

Leaning Chedi dan Golden Big Buddha adalah dua lokasi yang biasanya menjadi background berfoto ria saat turis ikut Chao Praya Cruise, karena dianggap sebagai simbol Sungai Chao Phraya. Jadi, jangan lupa berpose seru di dua spot ini, ya!

 

16. Rattanakosin Exhibition Hall

 

Lokasinya di Ratchadamnoen Klang Road. Lebih nyaman dan mudah ke sini naik taksi. Exhibition Hall ini buka pkl. 11.00-20.00 (Selasa-Jumat), 10.00-20.00 (Sabtu, Minggu dan hari besar). Tiket masuk THB 100 dan gratis untuk anak-anak di bawah 120 cm. Setelah capek berkeliling museum 4 lantai ini, kita bisa mampir ke kafe yang terdapat di lantai 4. Pemandangan dari kafe ini keren, karena bisa melihat Metal Castle, Loha Prasat dan Golden Mount.

 

17. Madame Tussauds Bangkok

Duet dengan Jim Carrey

 

Berada di lantai 6 Siam Discovery. Sama dengan museum patung lilin di tempat lain, yang di Bangkok pun penuh dengan patung lilin orang terkenal dari negarawan, tokoh agama, atlet dan tentunya artis dunia. Kita bisa berpose sedang ngopi santai dengan George Clooney, pemanasan bareng David Beckham, duet dengan Jim Carrey, duduk di meja kerja Obama, dll. Tiket early birdnya dijual online hanya THB 645 (berlaku untuk kunjungan sebelum jam 12 siang), sedangkan yang normal mulai THB 790.

 

18. Wat Suthat

 

Salah satu wihara tua di Bangkok –dibangun tahun 1782—yang terkenal indah karena atap khasnya, juga ada fresco/lukisan di dinding, dan patung Buddha-nya pun sangat besar, keemasan. Kompleksnya sangat luas, mencapai 4 hektar. Lokasinya di Sao Chingcha Square. Jam bukanya pkl.09.00-21.00. Tiket masuk THB 20.

 

19. Museum Nasional Bangkok

 

Terletak di Jalan Na Phra That, museum ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari Grand Palace ataupun Khao San Road. Museum yang menempati bekas istana raja ini memamerkan koleksi yang menceritakan sejarah dan seni Thailand dari berbagai era. Ambil peta saat Anda memasuki kompleks museum dan tentukan apa saja yang ingin Anda lihat, karena kalau merambahi satu demi satu, butuh waktu berjam-jam di sini. Tiket masuk THB 200. Jam buka pkl. 09.00-16.00 (Rabu-Minggu).

 

20. Bang Pa In Royal Palace

 

Lokasinya sih agak di luar Kota Bangkok, tapi mudah dicapai dengan naik kereta, dan dilewati kalau dari Bangkok hendak ke Ayutthaya. Istana musim panas yang dibangun pada abad ke-17 ini menempati areal yang cukup luas, dan terdiri dari beberapa bangunan yang kebanyakan berwarna putih yang dikelilingi taman dan kolam. Cantik! Kalau nggak mau capek jalan, bisa sewa semacam mobil golf untuk keliling. Tiket masuk THB 100. Jam buka pkl.08.30-17.00.

 

Cara ke Bangkok dan cara eksplor Bangkok bisa dibaca di sini.

 

(Obyek-obyek wisata Bangkok lainnya bisa dibaca di MyTrip vol 3/2011, vol 9/2012, vol 18/2014)

Teks: Fika Ayu Savitri, Linda Bungasalu, Lisa Hendrawan, Mayawati NH Foto: bangkokforvisitors.com, Dammer Saragih, Fika Ayu Savitri, Hemawati NH, Mayawati NH, Shutterstock, The Bangkok Shopping Guide, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


899

Back to Top