20 TEMPAT WISATA ANDALAN DI BANGKOK (Bagian 1)

20 TEMPAT WISATA ANDALAN DI BANGKOK (Bagian 1)

Monday, 19-06-2017 | 22:11

Wat Arun di malam hari

 

Kota Bangkok sangat luas, yakni 1.569 km2. Bandingkan dengan Jakarta yang luasnya 661,52 km2 (tanpa menghitung Kepulauan Seribu). Jadi mengelilingi Bangkok sampai khatam butuh waktu berhari-hari. Tujuan atau objek wisatanya pun banyak, termasuk wisata belanja dan kuliner. MyTrip mencukupkan sampai hitungan 20 saja objek wisata andalan di Bangkok yang bisa jadi rujukan. Kalau dimasukkan semua, terutama wat-watnya dan floating marketnya, juga wilayah pinggirannya tentu lebih banyak lagi.

                                       

1. Grand Palace dan Wat Phra Kaew

 

Dulunya tempat kediaman raja dan keluarganya, tapi kini hanya digunakan untuk acara-acara negara. Di dalam kompleks ini terdapat Wat Phra Kaew, pagoda yang dianggap paling suci di Thailand. Buka: pkl.08.30-15.30. Tiket: THB 500.

 

2. Wat Po

 

Kuil yang lebih tua dari Kota Bangkok ini berlokasi di sebelah Grand Palace. Di sini terdapat patung Buddha yang sangat besar dalam posisi tidur.  Warnanya keemasan. Sayangnya, ruangan tempat patung Buddha ini terasa sesak ditambah dengan berjubelnya turis, plus pilar-pilar di sekelilingnya yang membuat sulit dapat foto dengan angle bagus. Buka: pkl.08.00-17.00.Tiket: THB 100 (gratis 1 botol air minum).

 

3. Wat Arun

 

Karena letaknya di seberang Wat Po, dibatasi Sungai Chao Praya, maka cara paling mudah ke sini dengan naik kapal, ongkos menyeberangnya THB 3.  Wat Arun disebut juga Temple of the Dawn. Tinggi pagodanya bervariasi dari 66-86 m dengan hiasan porselen warna warni sehingga dari kejauhan pagoda ini berkilauan bila ditimpa sinar matahari. Wat Arun bagus untuk melihat sunset. Info turis: Kalau mau beli T-shirt murah, kios-kios di luar Wat Arun adalah pilihan yang tepat. Bisa dapat THB 70 untuk satu kaus (tapi harus beli banyak, minimal 5). Buka: 08.00-17.30. Tiket: THB 100.

 

4. Erawan Shrine (Four Faced Buddha)

 

Lokasinya yang menempel pada Grand Hyatt Erawan Hotel, dekat stasiun BTS Chitlom, membuat kuil yang bernama asli Thao Maha Phrom Shrine ini lebih dikenal dengan nama Erawan Shrine. Nama populer lainnya, Four Faced Buddha juga sebenarnya tak tepat karena patung 4 muka itu adalah patung Brahma, bukan Buddha. Anyway, kuil kecil ini selalu ramai dikunjungi para peziarah lokal maupun mancanegara. Untuk berdoa di sini peziarah biasanya membeli bunga dan dupa yang dijual di dalam kuil maupun di trotoar sekitarnya. Kalau mau lebih afdol dan punya bujet lebih, bisa membayar para penari untuk menari selagi kita berdoa.

 

 5. Jim Thompson House

 

Tempat ini jarang dilongok turis, padahal cukup legendaris. Tiket masuk sudah termasuk pemandu berbahasa Inggris. Jim Thompson seorang veteran perang dari Amerika yang jatuh cinta dengan Thailand, membangun rumah di Bangkok di samping mengembangkan sutera Thailand. Rumahnya dijadikan museum dan tempat pembuatan sutera yang telah diekspor ke mancanegara. Buka: pkl.09.00-17.00. Tiket: THB 100. Cara ke sana: Naik BTS ke National Stadium dan keluar di exit 1.

Info turis: Di sini juga ada toko suvenir berisi produk-produk sutera. Sayang, harganya mahal. Untuk sepasang sepatu dihargai THB 6.000 dan dompet kulit THB 2.800.

 

6. Chao Mae Tuptim Shrine

Nggak banyak yang tahu tempat ini karena memang bukan tujuan wisata. Apalagi lokasinya di sudut halaman belakang Swissotel Bangkok di Jalan 2 Wireless Rd, Bangkok. Chao Mae Tuptim juga disebut Penies Shrine, karena di sini ada banyak ukiran kayu berbentuk alat kelamin laki-laki dengan bermacam warna. Mereka yang belum dikarunia anak banyak yang datang dan memohon di tempat ini. Tidak ada tiket masuk.

 

7. Wat Saket (Golden Mount)

Tangga naik ke Wat Saket

 

Pagoda ini dibangun di atas bukit buatan di Pom Prap Sattru Phai distrik. Karena warna pagodanya yang kuning keemasan maka disebut juga Golden Mount. Dari atasnya kita bisa melihat pemandangan Bangkok. Buka: pkl.09.00-17.00. Gratis.

 

8. Koh Kred

 

Hanya berjarak 5 km dari Bang Sue MRT, merupakan pulau buatan di Sungai Chao Phraya. Di sini kita dapat merasakan suasana pedesaan di tengah Bangkok. Pulau ini rumah bagi komunitas Suku Mon yang berasal dari Myanmar, salah satu suku tertua yang tinggal di Thailand. Koh Kred juga dikenal sebagai penghasil kwan aman, yaitu gerabah dan keramik dengan motif khas Suku Mon. Harganya sangat murah! Untuk mangkok dan cangkir mungil dibandrol THB 10 sedangkan gerabah ukuran sedang dan besar THB 100-600. Cara ke sana: Dari Victory Monument naik bus No.166 atau 505 sampai Pasar Pak Kret. Sambung jalan kaki +/-500 m ke dermaga yang terletak di belakang kuil Wat Sanam Neua. Naik kapal penyeberangan umum (THB 5) atau perahu wisata yang bisa dicarter untuk keliling sungai (THB 500).

 

9. Dream World

Tornado

 

Inilah amusement park yang wajib dikunjungi. Berlokasi di distrik Thanyaburi, +/-10 menit dari Bandara Dong Mueang, tama ini punya >40 wahana seru. Terbagi menjadi beberapa kategori, Dream World Plaza, Dream Gardens, Fantasy Land dan Adventure Land. Wahana yang wajib coba bagi yang ingin memacu adrenalin: Tornado, The Giant Drop, Cyclone, Tower of Terror, The Claw, The Wipeout, Mick Doohan's dan Motocoaster. Mau merasakan dinginnya musim salju? Masuk aja ke Snow Town. Buat yang pengen ditakut-takuti ‘hantu-hantu’ terkenal dunia, masuk ke Haunted Mansion. Dream World menghadirkan pula miniatur keajaiban dunia serta legenda-legenda dunia yang pas buat ajang bernarsis ria. Buka: pkl.10.00-17.00 (hari biasa), 10.00-19.00 (wiken dan libur nasional). Tiket: THB 1.000 (ada beragam paket yang ditawarkan). Cara ke sini: Karena cukup jauh disarankan naik taksi. Kalau naik bus dari daerah utara, Bus AC No.523, atau bus No.538 jika naik dari Victory Monument.

 

10. Asiatique The Riverfront

 

Ini dia tempat nongkrong favorit warga Bangkok. Open air mall bergaya kolonial ini terletak di Chareonkrung Road, pinggir sungai Chao Phraya. Ada >1.500 toko suvenir dan toko pakaian, serta >500 restoran. Harga suvenirnya masih bisa ditawar, kok! Tapi kalau dibandingkan dengan Chatuchak ya di sini lebih mahal. Asiatique juga punya teater dengan kapasitas 800 kursi untuk pertunjukan Calypso Cabaret (ladyboy show). Cara ke sana: Ada perahu gratis dari dermaga Taksin Bridge yang langsung ke Asiatique. Perahunya datang setiap 15 menit sekali, mulai pkl.17.00-23.00. Bisa juga naik Chao Phraya Express Boat.

 

Cara ke Bangkok dan cara eksplor Bangkok bisa dibaca di sini.

 

(Bersambung)

Teks: Fika Ayu Savitri, Linda Bungasalu, Lisa Hendrawan, Mayawati NH Foto: Dammer Saragih, Mayawati NH, alekseitrofimov.eu, bangkokforvisitors.com, dreamworld.co.th

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


310

Back to Top