WAJIB BACA! TIPS & TRIK MENGEKSPLOR BANGKOK TANPA TAKUT KENA SCAM

WAJIB BACA! TIPS & TRIK MENGEKSPLOR BANGKOK TANPA TAKUT KENA SCAM

Friday, 16-06-2017 | 00:07

Stasiun kereta Hualampong 

 

Jelajah Bangkok itu gampang-gampang susah. Gampangnya, ya karena sesama bangsa ASEAN, warganya ramah, makanan yang sesuai lidah kita banyak, standar biaya hidupnya juga hampir sama dengan Jakarta, jadi gampang mengira-ngiranya. Tapi susahnya, banyak warga Bangkok yang sama sekali nggak ngerti bahasa Inggris. Kalau mau pergi ke mana-mana, baik naik naksi atau transportasi umum, kalau kita sebut nama tujuan dalam bahasa Inggris, misalnya Asiatique --yang menurut kita pasti semua orang Bangkok tahu-- kebanyakan mereka nggak mudeng. Mereka nggak familiar dengan sebutan yang bukan dari bahasa mereka. Repot yekaaan.... Belum lagi adanya beragam Bangkok scam. Nah, supaya eksplorasi Anda di Bangkok lancar dan nggak kena scam, baca dulu deh artikel ini.

 

CARA KE BANGKOK

-          Dari Jakarta dengan AirAsia, Tiger Air, Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Thai Airways dan Lion Air. Harga tiket pesawat normal PP Rp 3 jutaan. Durasi 3 jam.

-          Dari kota lain di Indonesia, penerbangan langsung ke Bangkok hanya ada dari Denpasar dengan AirAsia dan Thai Airways. Durasi 4 jam. Harga tiket PP >Rp 3 juta.

-          Bangkok juga dapat diakses via udara dari semua ibu kota negara ASEAN, dan dari beberapa kota kedua di tiap negara ASEAN.

Info: Bangkok punya dua bandara internasional. Don Mueang melayani budget airlines seperti  AirAsia dan Thai Lion serta maskapai domestik Thailand yakni Nok Air. Sedangkan Suvarnabhumi melayani jalur penerbangan internasional dengan maskapai lainnya. Ada fasilitas shuttle bus gratis yang mengubungkan 2 bandara ini; berangkat tiap 30 menit. Waktu tempuh +/-45 menit. Gratis hanya bagi calon penumpang dengan menunjukkan bukti tiket pesawat ya!

 

CARA KE BANGKOK DARI KOTA LAIN DI THAILAND

-          Dari Koh Samui, Phuket, Krabi, Chiang Mai, Chiang Rai, Udon Thani, Hatyai, Surat Thani dll ada penerbangan ke Bangkok dengan AirAsia, Bangkok Airways, Thai Airways, Nok Air.

-          Bangkok juga terhubung dengan kota-kota tersebut dengan kereta api maupun bus. Kecuali dari Koh Samui yang merupakan pulau terpisah di Teluk Siam harus naik kapal ferry dulu menyeberang ke Surat Thani baru sambung via darat.

 

Info: Bangkok juga punya 3 terminal bus. Ekamai (Eastern Bus Terminal), Mochit (North Eastern Bus Terminal), dan Sai Tai Thaling Chan (Southern Bus Terminal). Stasiun kereta utama hanya satu di Hualampong.

 

Loket tiket di terminal bus

 

Mata uang: Thailand Baht (THB). THB 1 = +/-Rp 380

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA SUVARNABHUMI

Airport Rail Link

 

Ada beberapa pilihan moda transportasi dari Suvarnabhumi ke dalam kota yakni dengan Airport Rail Link (ke stasiun BTS Phaya Thai, lalu sambung lagi dengan BTS ke lokasi yang dituju), public bus, taksi, public minivan. Public minivan atau public bus juga banyak melayani ke kota-kota lain di Thailand.

Catatan: Kebanyakan taksi dari bandara minta harga flat +/-THB 500 (sudah termasuk surcharge). Pesan taksi di konter resmi. Jangan percaya kalau ada calo taksi menawarkan Anda taksi dengan harga lebih murah. This is scam!

 

Bandara Suvarnabhumi 

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA  DON MUEANG

Ada airport bus, kereta (ke stasiun kereta api Hualampong), dan taksi (tarif ke BTS Mochit –BTS terdekat-- THB 150-200; kalau sesuai argo ke dalam kota paling hanya THB 250-300).

 

Shuttle bus dari Don Mueang

 

 

TRANSPORTASI DI BANGKOK

BTS. Bangkok SkyTrain adalah jalur kereta yang dibangun melayang di atas jalan raya. Ada 2 lines: Silom Line dan Sukhumvit Line. Kedua lines bertemu di Siam Station. Tarif sekali jalan THB 15-52. Jam operasi: pkl.06.30-24.00.

MRT (Mass Rapid Transit)/Subway. Kereta bawah tanah. Saat ini hanya punya 1 line, melintas dari Bangsue sampai Hualampong. Jam operasi: pkl.06.00-24.00.

Info:

- BTS dan MRT terkoneksi di dua titik: di Sala Daeng dan Asok Station.

- Tiket bisa dibeli di mesin yang tersedia banyak di tiap stasiun. Nggak sulit kok caranya, dan ada pilihan bahasa Inggrisnya.

- Single journey ticket hanya berlaku di hari tiket dibeli. Kalau udah tau bakal banyak mondar-mandir seharian dengan MRT atau BTS bisa beli one day pass (THB 140), tapi karena nggak semua objek wisata dilalui jalur BTS dan MRT, kelihatannya one day pass bukan pilihan hemat.

- Bangkok punya kartu transportasi: Rabbit Card.

 

Suasana di dalam BTS yang modern

 

Alternatif lain: bus kota, BRT (busway), songthaew, tuktuk, taksi, taksi Uber. Bus kota ber-AC tarifnya THB 10-25. Yang non AC

 

Tuktuk

 

Tips: Tarif taksi di Bangkok nggak mahal. Jarak dekat kalau pakai argo juga sekitar THB 100. Jadi kalau bepergian jarak dekat dan ber-4, daripada naik BTS atau MRT, lebih hemat naik taksi. Tapi tentu ada risiko kena macet.

 

Chao Phraya Express Boat adalah alat transportasi air yang menghubungkan dermaga?dermaga di sekitar Sungai Chao Phraya. Tarifnya sangat murah, THB 14-25. Kawasan Grand Palace dapat dicapai menggunakan ini. Kalau hanya menyeberang malah tarifnya hanya THB 3. Transportasi air lainnya adalah Saen Saep Express Boat yang menyusuri Kanal Saen Saep. Harga tiketnya THB 7-11.

 

Chao Phraya Express Boat

 

 

CARA MENGEKSPLOR BANGKOK

Bangkok luas dan macet di mana-mana. Untung ada BTS dan MRT. Tapi sayangnya nggak semua atraksi wisata dilewatinya. Jadi kalau mau jalan sendiri tanpa city tour atau tanpa sewa kendaraan, kita harus memadukan 2 atau lebih moda transportasi. Tapi seru kok dan bakal lebih berkesan ketimbang turun naik mobil sewa. Tapi kalau mau sewa mobil (biasanya sejenis van yang muat sampai 8 orang) harganya berikut supir dan bahan bakar untuk keliling Bangkok +/-THB 2.500 (tergantung durasi dan jarak).

 

WAKTU TERBAIK

Kapan aja nggak masalah. Tapi akhir November– Februari udaranya lebih dingin, sedangkan Maret–April paling panas, dan musim hujan pada Mei–Oktober.

 

Tips:

-          Bawalah alamat hotel dan lokasi-lokasi lainnya dalam bahasa Inggris dan Thai untuk ditunjukkan pada supir taksi, tuktuk atau siapa pun yang Anda tanyai di jalan.

-          Kenakan pakaian yang pantas bila berkunjung ke Grand Palace.

 

PENGINAPAN

Dengan Rp 300 ribuan sudah dapat kamar nyaman

 

Yang murah di kawasan backpackers di Khao San Road, Rp 80.000/orang di dorm hingga Rp 300.000-an untuk kamar. Sedangkan kawasan menengah terletak di daerah Silom, Siam, Pratunam dan Sukhumvit.Tarif hotel bintang maupun hostel di Bangkok boleh dibilang lebih murah dari Jakarta. Dengan THB 1.000-1.500 (Rp 380.000-570.000-an) kita sudah bisa menikmati kamar hotel yang nyaman di kawasan strategis.

 

KULINER

Barbeque, sate-satean di pinggir jalan

 

Bangkok salah satu surga kuliner yang jadi incaran. Aneka jajanan termasuk buah potong segar dan sate-satean bertebaran di pinggir jalan dengan harga THB 20-50. Makan berat semacam mie kuah dan pad thai juga ada yang cuma THB 35. Tapi bagi Anda yang Muslim, tanya-tanya dulu sebelum beli ya. Banyak yang pakai daging babi. 

Jajanan wajib: som tam (salad pepaya muda), mango sticky rice, khanom krok (semacam serabi mini), khanom wan ruam mit (semacam es kolak), banana pancake.

 

Mango sticky rice

 

Do You Know?

Kecuali bagi para pembeli, penjual serangga goreng di Khao San Road minta bayaran THB 10 bagi yang ingin memotret gerobaknya. Harga satu porsi serangga goreng hanya THB 3-5. Jadi, lebih baik beli dan puas berfoto ria. Urusan dimakan atau nggak, itu tergantung keberanian Anda.

 

Bayar THB 10 atau beli!

 

Tentang beragam scam yang terjadi di Bangkok akan diulas di tulisan selanjutnya.

 

Baca juga "Panduan Cerdas Eksplor Thailand"

Teks: Linda Bungasalu, Lisa Hendrawan, Mayawati NH Foto: Dammer Saragih, Fika Ayu Savitri, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


572

Back to Top