JEMBATAN MERAH JUGA ADA DI HANOI

JEMBATAN MERAH JUGA ADA DI HANOI

Thursday, 15-06-2017 | 12:04

Jembatan merah di Hoan Kiem Lake

 

Atmosfer kota tua, danau teduh, kuliner pinggir jalan, itulah yang ditawarkan Hanoi, ibu kota Vietnam. Sebagai kota besar di bagian utara Vietnam, Hanoi juga menjadi gerbang masuk ke dua destinasi favorit di Vietnam yakni Halong Bay dan Sapa (tentang Sapa baca di sini).

 

CARA KE HANOI

-          Penerbangan Jakarta-Hanoi dilayani: Tiger Air (transit di Singapura), Vietnam Airlines (transit di Ho Chi Minh City/HCMC), Thai Airlines (transit di Bangkok), SQ (transit di Singapura). Lama perjalanan termasuk transit paling cepat 6 jam.  

-          Dari kota lain: KL (dengan AirAsia, 3,5 jam), Vientiane, Luang Prabang, Phnom Penh, Siem Reap.

Opsi hemat: pilih Tiger Air, dengan harga promo. Opsi kedua naik AirAsia Jakarta-KL lalu sambung KL-Hanoi (2 penerbangan terpisah).

 

Kereta dan bus: Hanoi juga bisa ditempuh dengan naik kereta api dari HCMC selama 30-36 jam, ada pilihan soft berth/sleeper (harga tiketnya hampir sama dengan harga tiket pesawat, sekitar USD 90), ataupun hard seat. Dengan bus juga bisa tapi harus sambung-sambung. Jika tanpa mampir butuh sekitar 2 hari. Kota-kota yang dilewati: Mui Ne, Dalat, Nha Trang, Hoi An, Danang, Hue (baca MyTrip vol 10/2012 yang memuat tabel bus antarkota Vietnam).

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE DALAM KOTA

-          Dari Noi Bai International Airport dengan van milik Vietnam Airlines sampai ke kantornya di daerah Hoan Kiem Lake.

-          Dengan taksi ke hotel di daerah Old Quarter atau Hoan Kiem District (+/-45 menit).

-          Dengan bus umum. Bus No.7 ke Kim Ma Bus Station, No.17 ke Long Bien Bus Station. Waktu tempuh: +/-1 jam. Jam operasional: pkl.05.00-22.00, berangkat tiap 15-20 menit.

 

WAKTU TERBAIK

Maret-Agustus.

 

Perhatian!

Berhati-hatilah terhadap tukang becak dan supir taksi yang tak jarang menipu. Untuk becak, harga yang telah disepakati bisa berubah pas bayar. Untuk taksi, jangan naik yang mangkal di sekitar objek wisata atau restoran terkenal karena banyak yang pakai argo kuda. Taksi yang direkomendasi adalah Mai Linh (hijau dan putih) atau Taxi Group (putih dengan aksen strip merah). Orderlah lewat telepon atau minta pihak hotel mencarikan.

 

AKTIVITAS & OBJEK WISATANYA

Hoan Kiem Lake di dekat kawasan turis Old Quarter merupakan atraksi utama di Hanoi.  Di tengahnya ada Ngoc Son Temple yang menarik dengan jembatan merahnya. Tak perlu bayar dan masuk ke kuil kalau hanya untuk berpose di depannya. Kita juga bisa sekadar duduk-duduk ngadem di tepi danau. Atau duduk-duduknya di Thuy Ta Cafe persis di tepi danau yang terkenal dengan es krimnya.

 

Hoan Kiem Lake dan Ngoc Son Temple di tengahnya, serta jembatan merah

 

Kalau bosan, bisa cuci mata menyusuri banyak toko yang menjual suvenir, pakaian, sepatu, tas di Old Quarter. Tapi harga suvenir di sini relatif lebih mahal dibandingkan di HCMC. Hati-hati dengan barang bermerek yang palsu tapi dijual dengan harga aslinya.

 

Old Quarter

 

Kalau masih ada waktu silakan mengunjungi Ho Chi Minh Musoleum & Museum, dari Hoan Kiem Lake harus naik becak atau taksi karena terlalu jauh kalau jalan kaki. Di musoleum ini jenazah Ho Chi Minh disemayamkan. Tutup Senin dan Jumat.  Di dekatnya terdapat One Pillar Pagoda, salah satu ikon di Vietnam, pagoda mini yang diletakkan di atas satu pilar berbentuk silinder di tengah danau buatan. Nggak ada tiket masuk.

 

Ho Chi Minh Musoleum & Museum

 

One Pillar Pagoda

 

Malam atau sore hari manfaatkan waktu untuk menonton Thang Long Water Puppet Show di gedung pertunjukan di dekat Hoan Kiem Lake. Walaupun nggak ngerti bahasanya, tapi tetap asyik buat dinikmati. Jam pertunjukan: tiap hari pkl.15.30, 17.00, 18.30, 20.00, 21.15. Minggu ada yang pkl.09.30. Tiket bisa langsung dibeli di tempat.

 

Water puppet show

 

Info turis: Paket Ha Long Bay Tour banyak ditawarkan di agen travel yang bertebaran di Old Quarter ataupun oleh penginapan. Banyak variasinya. Yang jelas, ada harga ada barang. (Baca tips & trik memilih Ha Long Bay Tour di MyTrip vol 6/2012.)

 

PENGINAPAN

Mulai USD 5/orang di backpacker hostel hingga ratusan USD di hotel mewah. Kawasan favorit di Old Quarter. Mayoritas hotel menyediakan wifi gratis. Untuk hotel nyaman di lokasi strategis siapkan min.USD 50.

 

KULINER

Street food dan makanan lokal banyak di Hoan Kiem District. Deretan meja dan kursi kecil dari plastik memenuhi pinggiran jalan menguasai trotoar. Paling banyak menjajakan pho (mie khas Vietnam) atau lumpia. Carilah di Jalan Hang Dieu, Hai Ba Trung, Dao Duy Tu, Ma May. Harga makanan mulai VND 30.000.  Buat yang Muslim, tanya-tanya dulu ya kalau jajan, soalnya ada yang mengandung babi.

 

 

Wajib coba: Resto Cha Ca La Vong di 14 Cha Ca Street, Old Quarter. Menunya cuma satu dan ngetop banget: ikan panggang yang disajikan di wajan kecil lengkap dengan kompornya.

(Baca juga tentang Hanoi di MyTrip vol 10/2012 dan vol 13/2013)

 

Mata uang: Vietnamese Dong. USD 1= +/-VND 22.650. VND 1= +/-Rp 0,6

Zona waktu: sama dengan WIB

Visa: Tidak diperlukan visa bagi WNI untuk berkunjung sebagai turis ke Vietnam.

 

Teks: Lisa Hendrawan, Mayawati NH Foto: Dammer Saragih, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


995

Back to Top