YVERDON-LES-BAINS SWISS: KETIKA JELAJAH GUA BISA DENGAN HIGH HEELS

YVERDON-LES-BAINS SWISS: KETIKA JELAJAH GUA BISA DENGAN HIGH HEELS

Monday, 12-06-2017 | 20:57

Gua Vallorbe yang bisa dieksplor dengan memakai high heels

 

Dengan areanya yang nggak berkontur, Yverdon-les-Bains, kota yang terletak 28 km dari Lausanne, 74 km dari Genewa dan 158 km dari Zurich ini menjadi tempat persinggahan yang kaya akan wisata alam –salah satunya gua, budaya dan sejarah. Dan sebagai pusat spa di daerah Swiss yang berbahasa Prancis, Yverdon-les-Bains cocok untuk relaksasi.

 

CARA KE YVERDON-LES-BAINS

-          Dari bandara Zurich: naik kereta 1 jam 50 menit.

-          Dari bandara Genewa: naik kereta 55 menit.

 

Sedangkan cara ke Zurich dari Jakarta bisa dibaca di sini.

 

CARA MENGEKSPLOR KOTA

Jalan kaki atau sewa sepeda dengan harga CHF 10 per 24 jam di stasiun kereta Yverdon. Karena bersepeda sudah dianggap tradisi, kota ini bahkan menyediakan kawasan yang memiliki jaringan untuk sepeda elektrik.

 

MATA UANG SWISS

Swiss Franc (CHF). CHF 1= +/-Rp 13.450.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

CENTRE THERMAL

One-stop relaxation bisa kita dapatkan di tempat yang fasilitas utamanya adalah kolam air hangat dari sumber mata air alami yang mengandung belerang ini. Terdiri dari 4 kolam besar yaitu 2 di luar ruangan dan 2 di dalam. Satu kolam besar di luar digunakan untuk pijatan dengan tekanan air dan satunya lagi merupakan kolam arus. Sedangkan kolam di dalam lebih banyak dipakai untuk pengobatan dan penyembuhan (fisioteraopi), salah satunya adalah kolam aerobik. Khusus kolam ini harus mendaftar dulu. Selain itu, di lantai ini terdapat tempat khusus untuk melakukan masker tubuh dengan tanah liat yang mengandung mineral.

 

 

Lantai 2 merupakan Espace Forme, area yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin fitness dengan panduan instruktur berpengalaman. Dan ada juga Espace Beaute untuk mereka yang ingin merawat wajah dan tubuh.

 

Area relaksasi ada di  lantai 3 yang terdiri dari  pancuran tropikal di mana air keluar dari pancuran besar di atas kepala, 2 ruangan sauna (70°C dan 90°C), tiga hammam (sauna ala Turki dengan suhu 45°C), kolam Jepang (whirpool dengan panas 38°C), dan tempat berjemur di teras terbuka.

 

Harga tiket:

-Kolam renang:

Dewasa: CHF 19

Pelajar: CHF 15

Anak-anak (4-15 tahun): CHF 11,5

-Kolam renang + tambahan (relaksasi lt.3 & fitness lt.2):

Dewasa (kolam renang+ fitness):  CHF 30

Dewasa (kolam renang + tempat relaksasi): CHF 30

Dewasa (kolam renang + relaksasi + fitness): CHF 35

 

Info:

-          Lamanya berendam disarankan sekitar 20 menit.

-          Paling lama berada di dalam Centre Thermal dibatasi 3 jam untuk setiap kali masuk (termasuk bersantai atau berjemur). Tapi waktu fitness dan relaksasi bisa diperpanjang.

 

Jam buka: 08.00-22.00 (Senin-Sabtu), 08.00-20.00 (Minggu dan hari libur)

Ke sini: Dari stasiun kereta Yverdon-les-Bains, naik bus jurusan Les Bains, perjalanan kira-kira 10 menit.

 

LES GROTTES DE VALLORBE (GUA VALLORBE)

 

Gua yang diperkirakan terbentuk sejak 7 juta tahun lalu ini dibuka untuk umum sejak 1974. Dengan stalagmit, stalagtit, bebatuan yang berbentuk seperti tirai, kolon, jamur, dan sungai bawah tanah, gua yang menjadi sumber air bagi Sungai Orbe ini sungguh patut dikunjungi. Apalagi di bagian ujung guanya juga ada pameran 250 bebatuan mulia dari seluruh negara dan tempat penyimpanan keju yang alami karena suhu gua yang stabil sepanjang waktu. Jangan lupa juga untuk menyaksikan pertunjukan musik dan lampu yang disorot ke arah bebatuan. Dengan permainan cahaya dan simfoni apik, kita serasa menyaksikan orkestra dari alam.

 

Salah satu batu mulia yang dipamerkan

 

Gua terbesar di pegunungan Jura ini bisa dimasuki secara independen maupun dengan pemandu. Dan jangan ngebayangin masuk gua ini perlu persiapan khusus apalagi memakai perlengkapan, karena gua yang difasilitasi dengan rapi ini bahkan bisa dieksplor dengan memakai high heels!

 

Do you know?

Siapa sangka 150 juta tahun lalu tempat ini adalah laut dangkal seperti Kepulauan Bahama. Proses geologikal seratusan juta tahun mengubahnya menjadi gua seperti yang sekarang kita lihat.

 

Ke sini:

Karena jaraknya cukup jauh dari Yverdon-les-Bains, 27 km, dan nggak dilalui kereta, dari stasiun kereta Yverdon kita naik bus lagi dengan tujuan Grotte de Vallorbe, tapi harus dilanjutkan dengan jalan kaki 15-20 menit, karena bus hanya berhenti di depan area gua. Tapi jangan khawatir, karena sambil jalan kita bisa menikmati pemandangan dengan sungai mengalir sepanjang jalur, lengkap dengan pohon pinusnya.

 

Tiket masuk:

Dewasa                : CHF 15

Anak-anak (<15 tahun): CHF 7

Biaya pemandu : CHF 50 (dengan perjanjian)  

Jam Buka:

-Maret dan November: pkl.13.30-16.00 (Sabtu & Minggu)

-April, Mei, September dan Oktober: pkl.09.30-16.30 (setiap hari)

-Juni, Juli dan Agustus: pkl.09.30-17.30 (setiap hari)

-Tutup setiap Desember sampai awal Maret (buka hanya dengan perjanjian).

 

INFO:

-Karena dekat dengan perbatasan Prancis (25 km saja), jangan heran kalau mendekati jam pulang kerja atau pagi hari saat berangkat kerja, jalan tersendat. Dan, lebih baik jangan memilih Jumat sore ke sana, karena itu jamnya orang Prancis yang tinggal di Swiss pulang dan bikin macet daerah dekat perbatasan.

-Dekat Gua Vallorbe ada hostel yang tarifnya +/-CHF 50/malam.

 

Ada banyak atraksi wisata di dalam kota yang layak dikunjungi, di antaranya:

-          Swiss Fashion Museum: museum  pakaian dan aksesoris yang unik dengan 3.000 koleksi.

-          House from Elsewhere" ("Haus von Anderswo"): museum science-fiction satu-satunya di dunia.

-          Pusat cagar alam di Grande Cariçaie wetland: Champ-Pittet.

 

REKOMENDASI PENGINAPAN

Hotel du Theatre (*3) dengan tarif kamar double mulai CHF 180. Lokasinya strategis, gampang ke mana-mana jalan kaki, dan pemiliknya asal Indonesia. Hotel *3 lainnya ada juga yang tarifnya hanya CHF 95.

 

Teks: Clesia Lay, Mayawati NH Foto: ALP-Stock, C. Jaccard (www.vaud-photos.ch), Mayawati NH, Stephan Engler

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


505

Back to Top