DESTINASI WISATA EKSOTIS DI FILIPINA: VIGAN

DESTINASI WISATA EKSOTIS DI FILIPINA: VIGAN

Monday, 05-06-2017 | 22:18

Calle Crisologo

 

Ya betul, Filipina memang tengah dilanda teror. Sementara status darurat militer masih berlanjut di Kota Marawi di Pulau Mindanao sehubungan dengan serangan ISIS, ada lagi penembakan brutal disusul pembakaran di Resort World Manila. Tapi tentu kita tak bisa serta-merta menyimpulkan Filipina tidak aman bagi turis. Kalau yang kebetulan sudah berencana jauh-jauh bulan hendak ke Manila dan eksplor bagian lain di Filipina, mungkin Vigan bisa jadi pilihan.

 

Vigan adalah kota kecil yang terletak di bagian utara Pulau Luzon, pulau terbesar di Filipina di mana ibu kota Manila berada. Tepatnya di Provinsi Ilocos Sur. Luasnya 28,8 km² (kira-kira seimut Macau). Sebelum masa kolonial, Vigan adalah kota penting bagi pedagang Tiongkok yang datang dan akhirnya menetap. Pada 1572 Bangsa Spanyol datang dan menjadikan Vigan pusat pemerintahan dan penyebaran agama Katolik. Bangunan kolonial masih bertahan dan dirawat sehingga kita seakan kembali ke ratusan tahun yang lalu. Eksotis! Tak salah jika UNESCO menetapkannya sebagai World Heritage City.

 

 

CARA KE VIGAN

Tentunya via Manila. Penerbangan langsung dari Jakarta ke Manila hanya dilayani Cebu Pacific Air dan Philippine Airlines. Durasi 4 jam. Cebu Pacific juga membuka rute Denpasar-Manila, durasi 4 jam juga.

 

Alternatif lain dengan AirAsia lewat Kuala Lumpur, lalu sambung terbang ke Manila, durasi 4 jam. Atau kalau mau yang connecting naik Tiger Air atau Malaysia Airlines, transit di Singapura atau KL.

Nama bandara di Manila: Ninoy Aquino International Airport.

 

Dari Manila ada 2 opsi ke Vigan:

-          Lanjut penerbangan domestik Manila-Laoag (1,5 jam)  dengan Cebu Pacific, AirPhil Express atau Philippine Airlines. Harga tiket PP +/-Rp 1,2 juta. Laoag terletak 82 km di utara Vigan. Dari bandara Laoag bisa naik tricycle atau jeepney (PHP 60) ke terminal bus Laoag kemudian membeli tiket bus ke Vigan (PHP 135-142). Lama perjalanan dengan bus dari Laoag ke Vigan 2 jam.

·         Naik bus dengan lama perjalanan 8 jam. Operator bus yang melayani rute Manila-Vigan: Partas Bus, Victory Liner, dan Florida Liner. Manila tidak memiliki terminal terpadu, sehingga penumpang harus menunggu di pool masing-masing bus yang terpusat di Pasay dan Cubao. Harga tiket bus Partas yang berangkat dari Cubao PHP 665 dengan reclining seat.

 

MATA UANG

Philippines Peso (PHP). PHP 1= +/-Rp 270

 

WAKTU TERBAIK

November-April, bertepatan dengan perayaan Natal, Tahun Baru, Vigan City Festival, dan Paskah.

 

VISA

WNI tak perlu visa untuk datang sebagai turis ke Filipina.

 

CARA MENGEKSPLOR VIGAN

Bisa naik kereta kuda untuk keliling Vigan

 

Vigan kecil saja, bisa dikelilingi dengan naik kereta kuda (kalesa). Harganya bervariasi, tergantung berapa lama. Biasanya pengunjung menghabiskan 4-6 jam dengan harga PHP 500-1.000. Alternatif lain naik tricycle. Ongkosnya PHP 200-300 untuk 2 jam.

 

AKTIVITAS & OBJEK WISATANYA:

VIGAN CATHEDRAL

 

Biasa disebut St.Paul Metropolitan Cathedral. Gereja bergaya Barok ini dibangun oleh Agustinian atas perintah Juan de Salcedo, pendiri Kota Vigan. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Katolik, katedral ini sangat terawat dan masih digunakan hingga kini. Katedral ini buka setiap pagi, sedangkan misa umum setiap Minggu pkl.09.00 dan 15.00. Turis bisa masuk asal bukan jam misa umum. Nggak ada larangan mengambil foto.

 

PLAZA SALCEDO

Ilocos Sur Dancing Fountain di Plaza Salcedo

 

Untuk menghormati Juan de Salcedo, dibangun patung di taman yang diberi nama Plaza Salcedo. Taman yang juga ada kolam dan air mancurnya ini selalu ramai pada sore hingga malam. Setiap jam 7 dan 10 malam berlangsung pertunjukan lampu, musik, sinar laser dan air mancur yang diberi nama Ilocos Sur Dancing Fountain. Berlangsung selama 15 menit. Menariknya, musik yang dimainkan sangat up to date.

 

CALLE CRISOLOGO

 

Berasal dari nama gubernur pertama Provinsi Ilocos Sur, Don Mena Crisologo. Jalan (Calle-Bahasa Spanyol) ini dipenuhi bangunan kolonial di kiri-kanannya, yang dulunya dihuni para pedagang Tiongkok dan sekarang menjadi hotel, restoran, dan toko suvenir. Terdapat Crisologo Museum yang dulunya tempat tinggal keluarga Crisologo. Di sini kita bisa naik kereta kuda. Tarifnya PHP 80-150/jam (nego).

 

PLAZA BURGOS

 

Salah satu tempat hangout favorit penduduk Vigan. Setiap sore hingga malam banyak penjual makanan di sekitar plaza ini.

 

ST. AUGUSTINE CHURCH

 

Berada di Bantay, hanya 15 menit dengan tricycle dari Calle Crisologo. Merupakan salah satu gereja tertua di Ilocos Sur, dibangun tahun 1590. Pengunjung bisa masuk dan mengagumi interiornya yang sederhana namun mengagumkan. Di sini terdapat Bantay Bell Tower. Pada PD I dan II menara ini digunakan sebagai pengintai. 

 

BALUARTE

 

Benteng pertahanan gubernur yang juga merupakan mini zoo. Di dalamnya terdapat binatang-binatang eksotik khas Asia. Nggak seperti kebanyakan zoo, di sini pengunjung nggak boleh ngasih makan binatang. Bisa keliling gratis naik kereta kecil yang ditarik seekor kuda poni.

 

HIDDEN GARDEN

Taman ini nggak hanya berisi ratusan jenis tanaman, tapi juga ada restoran yang menjual makanan khas Filipina. Pecinta tanaman bisa beli bonsai dalam pot kecil sebagai suvenir. Buka pkl.08.00 hingga sore.

 

MEMBUAT KERAMIK DI PAGBURNAYAN

 

Keramik tanah liat yang berasal dari Vigan sangat terkenal karena bahan bakunya tanah liat terbaik yang disebut ‘burnay’. Hasil kerajinan mereka dapat dibeli mulai PHP 35. Sayangnya, mereka nggak buka kelas pembuatan keramik untuk turis. Namun turis tetap bisa mencoba membuat keramik dengan arahan dari pengrajin.

 

KULINER

-          Empanada. Nggak ada seorang pun yang meninggalkan Vigan tanpa mencoba makanan khas Vigan ini. Yang paling terkenal Empanada di Cafe Leona yang berada di Calle Crisologo.

Empanada

 

-          Sinanglao. Sup yang dibuat dari jeroan sapi.

-          Halo-halo. Mampirlah di Hidden Garden dan mencoba es Halo-Halonya seharga PHP 80. Ini semacam es campur yang banyak tedapat di seluruh Filipina.

-          Street food. Di sepanjang jalan sekitar Plaza Burgos dan Plaza Salcedo setiap hari berjejer puluhan snack stall. Pilihan makanannya banyak dengan harga terjangkau.

 

BELANJA

Biasanya turis akan mampir di Rowilda’s Loom Weaving. Rowilda adalah salah satu pengrajin kain tenun yang tertua di Vigan. Rowilda sendiri sudah sangat renta, yang melanjutkan usahanya anaknya. Jika mengunjungi galerinya, pengunjung dapat melihat proses pembuatan kain sutra.

 

PENGINAPAN

Jika ingin merasakan tinggal di salah satu bangunan kolonial, ada beberapa pilihan:

-          Vigan Hotel di Burgos Street (PHP 395-1.795)

-          Gordian Inn di V de los Reyes & Salcedo Sts (PHP 2.000– 6.000)

-          Villa Angela di Quirini Boulevard (PHP 2.000–3.000)

 

TIPS:

-          Pastikan sebelum membeli makanan karena banyak yang mengandung babi.

-          Keliling kotalah sekitar pkl.18.00 saat lampu-lampu mulai dinyalakan.

-          Selalu sediakan tisu basah karena toilet di Filipina pada umumnya toilet kering, namun di beberapa tempat tidak tersedia tisu.

 

Catatan: Semua harga bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Teks: Linda Bungasalu Foto: Linda Bungasalu, 8list.ph, adventurousfeet.com, awanderfulsole.com, bestphilippinetouristspots.com, Shutterstock, visitilocandia.com, wikitravel.org

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


962

Back to Top