TAHUKAH ANDA DARI MANA BIR PILSNER BERASAL?

TAHUKAH ANDA DARI MANA BIR PILSNER BERASAL?

Monday, 22-05-2017 | 08:30

Pilsner Urquell Brewery, ruang pabrik yang modern dan bersih

 

Tahu nggak asal kata “pilsner” di hampir semua botol bir berbagai merek? Yup, kata tersebut berasal dari salah satu kota di Republik Ceko, Pilsen. Kota ini menjadi trademark bir Ceko, lebih tepatnya jenis bir Pilsen larger yang berwarna emas pucat. Sejarahnya, Raja Wenceslaus II yang memimpin Kerajaan Bohemia menetapkan kota ini sebagai “Royal City” di abad ke-13 dan memperbolehkan hampir 99% penduduk kota untuk memproduksi bir sendiri.

 

Seiring waktu, Pilsner Urquell yang tetap mempertahankan pabriknya di kota ini tetap menjadi merek bir yang paling banyak memproduksi dan mendistribusikan bir ke seluruh dunia. Buat yang sudah ke Brussels atau Berlin, coba deh ke Pilsen dan bandingkan mana kota bir terbaik di Eropa!

 

CARA KE PILSEN

  • Naik kereta dari Stasiun Utama Praha ke Stasiun Utama Pilsen, +/-1,5 jam.
  • Lebih cepat naik Student Agency Bus, hanya satu jam.

Sedangkan cara ke Praha dari Jakarta silakan baca di sini.

 

CARA KELILING KOTA

  • Kalau hanya one-day trip, cukup jalan kaki dari Stasiun Utama Pilsen +/-15 menit dari pusat kota. Misalnya, Pilsner Urquell Brewery hanya berlokasi 5 menit jalan kaki dari stasiun.
  • Bisa juga naik kendaraan umum untuk keliling Pilsner dan beberapa distrik kecil di sekitarnya.
  • Kendaraan umum di Pilsen ada yang bisa dibeli untuk sekali jalan, ada juga yang terusan dan dikategorikan berdasarkan lamanya pemakaian dari 30 menit sampai 24 jam.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

PILSNER URQUELL BREWERY

Pilsner Urquell Brewery

 

Kunjungan MyTrip ke pabrik bir terbesar di Eropa ini sangat berkesan! Dalam waktu sekitar 100 menit kami diajak berkeliling pabrik yang dikelola secara modern, namun tetap mempertahankan sisi tradisionalnya sejak 1842. Awalnya ada edukasi tentang “secret recipe” dan cara membuat bir Pilsen larger dengan berkeliling pabrik dan menonton film. Kemudian kami diajak ke bawah tanah bersuhu 5 derajat celcius, yang dulunya menjadi gudang es sebelum ditemukan mesin pendingin yang mampu menjaga kesegaran bir lebih lama. Di sini kami diajak bermain mendorong barel dengan tongkat, tetapi memakai sepatu boot kayu yang dipakai para penambang es dengan ukuran 3 kali ukuran kaki biasa. Ada juga permainan masuk ke dalam tong penyimpanan bir. Seru banget! Setelah itu kami mencicipi kesegaran bir Pilsen larger yang masih diproduksi secara tradisional. Buat yang nggak suka bir, pasti akan menemukan sensasi kenikmatan minum bir di sini. Percaya deh, birnya sungguh enak! Bahkan untuk non peminum bir. Di sini juga ada toko suvenir berlogo Pilsner Urquell.

Jam buka:

April–September: 08.00–18.00

Oktober Maret: 08.00–17.00

Reservasi tur: www.prazdrojvisit.cz/en/tours

Harga tur: CZK 200 (lamanya 100 menit)

Catatan: Mata uang Ceko adalah Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 500.

 

PILSEN’S BREWERY MUSEUM

Salah satu display di Pilsen’s Brewery Museum

 

Tak jauh dari Pilsner Urquell Brewery, terdapat Pilsen Brewery Museum yang masih dikelola pihak yang sama. Di sini kita bisa mendapat informasi bagaimana sejarah panjang bir dari sudut pandang warga lokal. Selain melihat berbagai alat dan replika keadaan bar-bar bersejarah di Pilsen, terdapat juga photo booth dan sesi di mana kita bisa menikmati bir gratis sambil menonton film tentang para pembuat tong (cooper) penyimpanan bir.

 

Di sebelah museum ada restoran khas Ceko yang recommended, Na Spilce. Harga makanan utamanya mulai CZK 95 saja (sekitar Rp 47.500). Jadi nggak hanya enak di mulut tapi juga di kantong.

Untuk jam buka dan harga, bisa dicek di: http://www.prazdrojvisit.cz/en/tours/brewery-museum-tour/

 

St. BARTHOLOMEW’S CATHEDRAL

St.Bartholomew Cathedral

 

Di katedral Gotik yang dibangun abad ke-13 ini kita bisa naik ke 301 anak tangga menuju ke menara setinggi 102,6 m untuk melihat keindahan Kota Pilsen. Lokasinya tepat di tengah Old Town city center, jadi sangat strategis sebagai lookout tower. Di dalamnya terdapat The Madonna of Pilsen, yang merupakan patung Virgin Mary bergaya Gotik dan beberapa lukisan dinding bergaya Renaissance. Di salah satu sisi di luar gereja terdapat pagar Barok berhiaskan kepala malaikat yang konon katanya jika kita mengelusnya, keberuntungan akan berpihak pada kita. Nggak ada salahnya dielus! 

 

PUPPET MUSEUM

Pertunjukan boneka tali di Puppet Museum

 

Republik Ceko sangat dikenal dengan kerajinan boneka tali. Dua tokoh yang paling terkenal adalah Spejbl dan Hurvinek yang diciptakan Josef Skupa yang berasal dari Pilsen. Museum ini mengingatkan kita pada Istana Boneka di Dufan, hanya saja di sini kita bisa langsung berinteraksi dan bermain dengan beberapa boneka tangan dan tali. Terkadang ada pertunjukan boneka di lantai 3 museum yang terletak di alun-alun pusat kota Pilsen ini.

Jam buka: Selasa-Minggu pkl.10:00-18:00

Harga tiket: CZK 60 (dewasa), CZK 30 (anak-anak dan lansia), CZK 150 (keluarga)

 

TECHMANIA SCIENCE CENTER + 3D PLANETARIUM

3D Planetarium

 

Para pencinta science bisa berinteraksi dan bermain sambil belajar fisika, kimia dan biologi melalui beberapa alat peraga di sini. Ruang pamerannya sangat luas, 7.500 m2 termasuk planetarium 3D. Kebanyakan pengunjungnya anak-anak, tetapi tempat ini juga asyik buat orang dewasa, lho!

Jam buka:

Senin-Jumat: 08.30–17.00

Sabtu: 10.00–19.00

Minggu dan hari libur nasional: 10.00–18.00

Harga tiket: CZK 180 (dewasa), CZK 110 (anak-anak dan lansia), CZK 470 (keluarga)

 

More to know:

-          Pilsen memiliki banyak wilayah menarik di luar pusat kota, seperti Klatovy, Domazlice dan Bohusuv Hill. Selain itu, banyak permainan outbond dan terjun payung yang biasa dibuka selama musim semi sampai musim gugur. Tapi perlu waktu lebih, nggak bisa day trip.

-          Banyak hotel *3 dan *4 yang menawarkan rates dari EUR 35 untuk double room atau hostel dengan harga mulai hanya EUR 10 di pusat kota.

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Dok. Pilsner Urquell Brewery, Dok. Techmania Science Center, Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


797

Back to Top