PANDUAN CERDAS EKSPLOR THAILAND (Bagian 1)

PANDUAN CERDAS EKSPLOR THAILAND (Bagian 1)

Tuesday, 16-05-2017 | 00:00

Patung Buddha di reruntuhan kuil tua di Ayutthaya

 

Anda berkeinginan menjelajah seluruh Thailand dari ujung utara di Chiang Rai hingga pojok selatan di Hat Yai? Mungkin terpikir tanya, mudahkah transportasinya? Moda transportasi yang menghubungkan kota-kota di Thailand cukup banyak pilihannya dan nyaman. Hal-hal lainnya? Langsung simak panduan lengkap berikut ini.

 

INFO UMUM

Letak: Asia Tenggara. Berbatasan darat dengan Malaysia di bagian selatan, Kamboja di tenggara, Laos di timur dan timur laut, Myanmar di barat dan barat laut. Di bagian selatan ada Teluk Siam dan di bagian barat ada Laut Andaman.

Luas: 513.120 km2 (kurang lebih seluas Pulau Kalimantan yang masuk wilayah Indonesia).

Bentuk negara: Kerajaan.

Ibu kota: Bangkok.

Zona waktu: GMT+7 ( sama dengan WIB).

Bahasa: Thai (Phasa Thai). Bahasa ini memiliki sistem aksarasendiri. Di tempat-tempat wisata bahasa Inggris cukup lazim digunakan tapi dengan nada yang khas Thai. Tapi supir taksi maupun tuktuk jarang yang bisa bahasa Inggris. Karenanya dianjurkan membawa alamat hotel dan lokasi tujuan dalam aksara Thai untuk ditunjukkan pada supir taksi, tuktuk atau siapa pun yang Anda tanyai di jalan.

Mata uang: Thailand Baht (THB). THB 1 = +/-Rp 380

Kode telepon: +66

Stop kontak: Dua lubang bundar, sama dengan di Indonesia.

Internet/Wi-Fi: Hotel tertentu memberikan Wi-Fi gratis di kamar.

Kebiasaan tipping: Ya, tip diharapkan di Thailand baik itu di restoran maupun hotel. Untuk supir taksi hanya pembulatan ke atas.

Air minum: Air keran tidak dapat diminum.

Menyetir: Posisi setir di kanan, sama dengan di Indonesia.

 

VISA

Tidak diperlukan visa bagi WNI untuk berkunjung sebagai turis ke Thailand dengan durasi maksimal 30 hari.

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

Kapan saja karena iklimnya hampir sama dengan Indonesia. Akhir November– Februari udaranya lebih dingin, sedangkan Maret–Juni paling panas, dan musim hujan pada Juli–Oktober (kurang ideal untuk destinasi laut seperti Phuket dan Koh Samui).

 

Cuaca cerah di Hua Hin

 

CARA KE THAILAND

Dari Jakarta ke Bangkok:

Dengan Garuda Indonesia, Thai Airways, AirAsia, Thai Lion Air. Durasi penerbangan langsung 3,5 jam.

Harga normal tiket pesawat PP mulai Rp 3 juta.

Bangkok punya dua bandara, Suvarnabhumi dan Don Mueang. Don Mueang melayani budget airlines seperti  AirAsia dan Thai Lion Air serta maskapai domestik Thailand yakni Nok Air. Sedangkan Suvarnabhumi melayani jalur penerbangan internasional dengan maskapai lainnya. Ada fasilitas shuttle bus gratis yang mengubungkan 2 bandara ini; berangkat tiap 30 menit; waktu tempuh +/-45 menit. Gratis hanya bagi calon penumpang dengan menunjukkan bukti tiket pesawat.

 

Dari Denpasar Bali ke Bangkok:

Penerbangan langsung ke Bangkok dari kota lain di Indonesia hanya ada dari Denpasar dengan AirAsia. Durasi 4 jam. Harga tiket PP >Rp 3 juta. Thai Airways juga melayani rute ini tapi kebanyakan transit di Jakarta.

 

Bangkok juga dapat diakses via udara dari semua ibu kota negara ASEAN lain, dan dari beberapa kota kedua di tiap negara tersebut. Tips: Karena letaknya di tengah, Bangkok bisa dijadikan hub untuk perjalanan keliling ASEAN.

 

Dari Jakarta ke Phuket:

Dengan Malaysia Airlines, AirAsia, Jetstar, Tigerair. Durasi mulai 5 jam dengan 1 kali transit. Harga normal tiket PP mulai Rp 2,5 juta. Nama bandaranya Phuket International Airport.

 

Keindahan Maya Bay di Phuket

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA  SUVARNABHUMI

Ada beberapa pilihan moda transportasi dari Suvarnabhumi ke dalam kota yakni dengan Airport Rail Link (ke stasiun BTS Phaya Thai, lalu sambung lagi dengan BTS ke lokasi yang dituju), public bus, taksi, public minivan. Public minivan atau public bus juga banyak melayani ke kota-kota lain di Thailand.

Catatan: Kebanyakan taksi dari bandara minta harga borongan +/-THB 500 (sudah termasuk surcharge).

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA  DON MUEANG

Ada airport bus, kereta (ke stasiun kereta api Hualampong), dan taksi (tarif ke BTS Mochit --BTS terdekat THB 150-200; kalau sesuai argo ke dalam kota paling hanya THB 250-300).

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA  PHUKET

Public minivan, bus, taksi.

 

TRANSPORTASI DI BANGKOK

BTS. Bangkok SkyTrain adalah jalur kereta yang dibangun melayang di atas jalan raya. Ada 2 lines: Silom Line dan Sukhumvit Line. Kedua lines bertemu di Siam Station. Tarif sekali jalan THB 15-52. Jam operasi: pkl.06.30-24.00.

 

Bangkok SkyTrain

 

MRT (Mass Rapid Transit)/Subway. Kereta bawah tanah. Saat ini hanya punya 1 line.. Jam operasi: pkl.06.00-24.00.

Info:

- BTS dan MRT terkoneksi di dua titik: di Sala Daeng dan Asok Station.

- Tiket bisa dibeli di mesin yang tersedia banyak di tiap stasiun. Nggak sulit kok caranya, dan ada pilihan bahasa Inggrisnya.

- Single journey ticket hanya berlaku di hari tiket dibeli. Kalau udah tau bakal banyak mondar-mandir seharian dengan MRT atau BTS bisa beli one day pass (THB 140), tapi karena nggak semua objek wisata dilalui jalur BTS dan MRT, kelihatannya one day pass bukan pilihan hemat.

 

Alternatif lain: bus kota, BRT (busway), songthaew, tuktuk, taksi, taksi Uber. Bus kota ber-AC tarifnya THB 10-25. Yang non AC

Tips: Tarif taksi di Bangkok nggak mahal. Jarak dekat kalau pakai argo juga nggak bakal lebih dari THB 100. Jadi kalau bepergian jarak dekat dan ber-4, daripada naik BTS atau MRT, lebih hemat naik taksi.

 

Songthaew

 

Chao Phraya Express Boat adalah alat transportasi air yang menghubungkan dermaga?dermaga di sekitar Sungai Chao Phraya. Tarifnya sangat murah, THB 14-25. Kawasan Grand Palace dapat dicapai menggunakan ini. Transportasi air lainnya adalah Saen Saep Express Boat yang menyusuri Kanal Saen Saep. Harga tiketnya THB 7-11.

 

Terminal bus:

  1. Ekamai (Eastern Bus Terminal)
  2. Mochit (North Eastern Bus Terminal)
  3. Sai Tai Thaling Chan (Southern Bus Terminal)

 

Stasiun kereta utama: Hualampong

 

Catatan:

-          Bangkok punya kartu transportasi: Rabbit Card.

-          Bangkok sangat luas dan sering macet di mana-mana. Jadi perhitungkan waktu terutama kalau hendak ke bandara.

-          Paling enak memang eksplor Bangkok dengan BTS dan MRT. Tapi sayangnya nggak semua atraksi wisata dilewatinya. Jadi kalau mau jalan sendiri tanpa city tour atau tanpa sewa kendaraan, kita harus memadukan 2 atau lebih moda transportasi. Tapi seru kok dan bakal lebih berkesan ketimbang turun naik mobil sewa. Tapi kalau mau sewa mobil (biasanya sejenis van yang muat sampai 8 orang) harganya berikut supir dan bahan bakar untuk keliling Bangkok +/-THB 2.500 (tergantung durasi dan jarak).

 

Warning! Bangkok Scam!

Modusnya: Info palsu Grand Palace tutup, lalu diajak keliling murah naik tuktuk dan berakhir di toko perhiasan yang harganya overrated.

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH Foto: Istimewa, Mayawati NH, Shutterstock, Tourism Authority of Thailand

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


202

Back to Top