PANDUAN HEMAT MENYAPA SAPA DI VIETNAM

PANDUAN HEMAT MENYAPA SAPA DI VIETNAM

Saturday, 13-05-2017 | 22:11

 

Sapa adalah kota kecil di Provinsi Lao Cai, Vietnam barat laut, dekat perbatasan Tiongkok. Berada di ketinggian 1.500 mdpl, Sapa terkenal dengan panorama deretan pegunungan, sawah, sungai, air terjun dan tentunya udara yang dingin. Membuatnya menjadi tujuan trekking. Tak hanya itu, kekayaan budaya dan keberadaan suku-suku pedalaman juga menjadi daya tarik lain Sapa.

 

CARA KE SANA

Kota terdekat ke Sapa yang dijangkau mayoritas kereta atau bus dari Hanoi adalah Lao Cai. Juga ada sleeper bus yang langsung ke Sapa, walaupun tetap berhenti dulu di terminal Lao Cai. Berikut pilihan transportasi dari Hanoi ke Lao Cai atau Sapa:

-          Dengan sleeper train, kereta berangkat pkl.21.00, tiket USD 40-48 (kelas termahal dan ternyaman: 1 kompartemen 4 ranjang, soft bed, dapat air minum dan selimut). Tiket bisa dibeli online, langsung di stasiun atau pesan via hotel. Tips hemat: Beli tiket kereta via hotel karena bisa ditawar hingga USD 36 atau USD 70 PP.

Tiba di Lao Cai sekitar pkl.06.00 esok harinya (jadwalnya sama untuk rute kembali; durasi 9 jam). Di stasiun kereta api Lao Cai ada banyak minivan ke Sapa, biaya normal VND 50.000,  1,5 jam.

 

-          Dengan bus atau sleeper bus. Pemesanan tiket bisa via hotel atau di agen di sekitar Old Quarter. Kita akan dijemput di hotel ke tempat pemberangkatan bus (masih di Old Quarter). Bus berangkat sekitar pkl. 09.00 dan tiba di Lao Cai pkl.19.00. Sedangkan sleeper bus berangkat pkl.21.00 dan tiba pkl.07.00 esok harinya. Bus tiba di samping Cathedral dekat alun-alun kota Sapa. Harga tiket sleeper bus USD 14. Tips: Sebenarnya naik bus cukup nyaman, hanya memerlukan waktu lebih lama karena sering berhenti untuk mengangkut penumpang. Bahkan ada penumpang gelap yang tidur di lorong bus --biasanya warga lokal yang nggak bayar harga tiket normal. Wajib waspada dengan barang bawaan kita.

Alternatif:

Beli paket tur ke Sapa yang banyak ditawarkan di hotel atau agen di Hanoi. Ada paket 2, 3, atau 4 hari. Yang standar 3 hari aja cukup. Paket 3 hari harganya +/-VND 2,9 juta atau USD 145.  Harga termasuk penjemputan dari/ke hotel dan stasiun kereta, tiket sleeper train, hotel 2 malam di Sapa, makan 8X, tiket masuk ke lokasi wisata sesuai jadwal dan pemandu.

 

WAKTU TERBAIK

April-September, suhu berkisar 15-25 derajat C dan tidak hujan.

 

AKTIVITAS

Contoh itinerary 3 hari di Sapa (ikut paket tur):

HARI 1 

Begitu tiba pagi hari di Sapa, langsung memulai program. Pertama, soft trekking bersama pemandu ke Desa Cat Cat.  Desa yang terletak di lembah di Sapa ini merupakan sentra industri kerajinan suku Black H’mong, penduduk asli di Sapa. Sawah, air terjun dan tentunya suasana khas pedesaan adalah pemandangan yang kita lihat.

HARI 2

Suasana jual beli di Bac Ha Sunday Market

 

Dengan mobil van peserta diajak ke Bac Ha Sunday Market, 2,5–3 jam menembus kabut pekat dan jalanan yang mengular. Sesuai namanya Bac Ha hanya buka hari Minggu dari pagi hingga pukul 3 sore. Di pasar tradisional ini para penjual dari suku asli yang kebanyakan perempuan mengenakan pakaian tradisional warna-warni. Banyak yang jual suvenir berupa kerajinan tangan, termasuk pakaian suku H’mong. Usai makan siang, lanjut ke perbatasan Vietnam (Kota Lao Cai)–Tiongkok (Desa Hekou). Penghubungnya adalah jembatan di atas Red River. Cuma 30 menit di sini untuk foto-foto saja.

HARI 3

Trekking 4 jam ke Desa Ta Van, desa suku Black H’mong yang terletak di Lembah Moung Hoa.  Rutenya naik turun bukit melalui jalan tanah merah. Pemandangan sawah berundak-undak dari puncak gunung ke lembah yang kadang diselimuti kabut tebal, kadang juga dironai sinar mentari sungguh mengundang decak kagum. Makan siang di sebuah pedesaan. Dan tur pun berakhir. Peserta diantar kembali ke hotel, lalu diantar kembali ke Lao Cai untuk mengejar kereta api malam ke Hanoi.

 

CARA EKSPLOR SAPA TANPA IKUT TUR

- Keliling pusat kota dsk dengan jalan kaki ke: alun-alun, danau, katedral, pasar, bahkan juga ke Desa Cat Cat. Tiket masuk Cat Cat VND 10.000.

 

Danau di Sapa, asyik buat santai sore-sore

 

- Untuk rute yang lebih jauh sewa motor (USD 4 motor manual, USD 5 matic; 8-9 jam, tak termasuk bensin; VND 25.000/liter). Banyak penyewaan di sepanjang Jalan Phau Cau May. Karena banyak jalan menanjak disarankan sewa motor manual. Jangan lupa berbekal peta yang bisa diminta di hotel. Peta sebaiknya dalam 2 bahasa: Vietnam dan Inggris, karena penduduk di pedalaman yang mungkin akan kita tanyai mayoritas hanya bisa membaca akasara Vietnam. Jalanannya jelas dan lebar, jadi aman dan mudah untuk dijelajahi tanpa pemandu. Tempat yang bisa dikunjungi: Silver Waterfall (14 km dari kota) dan Golden Stream Love Waterfall (18 km dari kota).

 

Silver Waterfall

 

Silver Waterfall. Jalannya menanjak, pemandangan yang dilewati gunung, bukit, lembah, terasering, kadang diselingi kabut. Tiket: VND 10.000, parkir motor: VND 10.000. Untuk mencapai air terjun harus naik anak tangga +/-15 menit. Air terjunnya tertutup, sudah dipagar dan dibangun jembatan khusus untuk berfoto ria.

 

Golden Stream Love Waterfall (Thac Tinh Yeu). Berjarak 4 km dari Silver Waterfall, posisinya lebih ke atas lagi. Tiket: VND 30.000, nggak ada biaya parkir motor. Kita mesti trekking +/- 1,1 km untuk sampai di air terjun. Di air terjun ini bebas nyemplung. Cakep banget dengan dasar bebatuan berwarna kuning.

 

PENGINAPAN

Lokasi paling strategis di Jalan Phau Cau May yang dekat Sapa Market. Harga mulai USD 5/orang (dorm). Jangan lupa nawar, kalau beruntung bisa dapat triple room dengan TV layar datar dan balkon dengan harga hanya USD 12,5. Hotel yang direkomen: Graceful Hotel. USD 5/orang (dorm), USD 15 (double room), dan USD 18 (triple room).

 

Tips:

-          Tawarlah setiap kali hendak beli sesuatu. Kalau penjual marah, cuek aja, itu hanya trik mereka supaya kita nggak enak hati dan jadi beli.

-          Untuk menghemat bujet disarankan dari Hanoi ke Lao Cai dengan sleeper train sedangkan kembalinya dengan sleeper bus. Selain lebih hemat kita bisa mengalami 2 perjalanan yang berbeda. Kekurangan naik bus: sering berhenti; kelebihannya: ada wifi.

 

Perhatian!

-          Hati-hati dengan penawaran minivan Lao Cai-Sapa. Banyak calo yang menawarkan minivan dengan harga VND 150.000, padahal tarif standarnya VND 50.000. Makin keluar area stasiun biasanya makin murah. Minta diantar ke jalan Phau Cau May di Sapa, atau Sapa Market. Pastikan bayar hanya setelah sampai di tujuan (jangan bayar ke calo).

-          Para perempuan suku Black H’mong banyak menjajakan suvenir di depan hotel.  Mereka sering memaksa. Tolaklah dengan halus meskipun harus berkali-kali.

Teks: Erl, Lisa Hendrawan Foto: Dammer Saragih, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


405

Back to Top