SCHAFFHAUSEN: SAAT KE AIR TERJUN NGGAK PERLU SUSAH PAYAH

SCHAFFHAUSEN: SAAT KE AIR TERJUN NGGAK PERLU SUSAH PAYAH

Friday, 12-05-2017 | 21:23

Rhine Falls,nggak perlu susah payah ke sini

 

Kalau di Indonesia untuk mencapai air terjun yang spektakuler biasanya harus susah payah, akses masuk mobilnya jelek, plus kudu trekking lagi, di Swiss mah beda! Turun dari transportasi umum, jalan kaki sedikit di jalan aspal, sampe deh ke air terjunnya. Namanya Rhine Falls. Inilah objek wisata utama di Schaffhausen, kota yang terletak di utara Swiss di bagian (Upper) Rhine antara Black Forest dan Danau Constance. Kota ini cocok sebagai tempat singgah terakhir di Swiss bila sesudahnya ingin lanjut ke Jerman. Di kota ini ada stasiun kereta milik Swiss, Swiss Federal Railways(SBB) serta di sebelahnya Deutsche Bahn (DB), stasiun kereta api Jerman. Kedua stasiun ini bekerja sama untuk mengatur transportasi antarkota di Swiss dan Jerman yang berjauhan seperti  antara Frankfurt (di Jerman) dan Zurich atau antara Basel dan Ulm (di Jerman).

 

CARA KE SCHAFFHAUSEN

-          Dari bandara Zurich: naik kereta 2 jam turun di stasiun Schaffhausen.

-          Dari bandara Genewa: naik kereta 3 jam.

-          Dari bandara Frankfurt di Jerman: naik kereta (Deutsche Bahn) di stasiun Frankfurt Main, turun di Stasiun Schaffhausen, 4 jam.

 

Cara ke Zurich dari Jakarta baca di sini.

 

CARA MENGEKSPLOR KOTA

Schaffhausen memiliki jaringan bus dengan 6 rute, termasuk Schaffhausen trolleybus system, yang menghubungkan tempat yang berdekatan. Selain itu, seperti kota di Swiss pada umumnya, kotanya nyaman dieksplor dengan jalan kaki.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

CASTLE MUNOT

 

Dibangun tahun 1564-1589 oleh penduduk Schaffhausen dan menjadi landmark kota ini. Merupakan benteng dengan bentuk kubah unik seperti sarang. Jadi, berbeda dengan kastil yang lain, Castle Munot memiliki atap yang pendek, lantai yang menanjak sehingga sekaligus berfungsi sebagai tangga. Di tempat ini kita juga bisa melihat rusa yang biasanya berkeliaran di taman kastil. Bagian atas kastil bisa disewakan sebagai tempat pesta.

Ke sini: Jalan kaki melewati kota tua sekitar 20 menit.

Tiket: Gratis.

Jam buka: pkl.08.00-20.00 (Mei-September), pkl.09.00-17.00 (Oktober-April)

 

RHINE FALLS

Pulau kecil di tengah air terjun, bisa dicapai dengan kapal wisata

 

Air terjun terbesar di Eropa setinggi 23 m dengan lebar 150 m ini sangat impresif. Pemandangan terbaik dengan level airnya yang tertinggi terjadi saat bulan Juli. Asyiknya, kita bisa mendekati air terjunnya dengan naik kapal wisata, bahkan kita bisa menaiki pulau karang kecil yang menjulang di tengah sungai. Tempat ini dilengkapi anak tangga lengkap dengan pegangannya. Aman buat anak-anak. Untuk menyeberang dengan kapal wisata butuh 20-30 menit tergantung ramai atau tidaknya pengunjung karena untuk naik ke atas pulau itu harus bergiliran berhubung tempatnya terbatas.

 

Jalur naik ke puncak pulau kecil, aman

 

Selain menikmati air terjun, kita juga bisa bersantai di tamannya yang khas dengan bendera Swiss dari semua kanton, berkeliling dengan kano, kayak atau perahu, naik lift panorama dan masuk ke Historama di Schloss Laufen (terletak di seberang tempat kedatangan dengan bus; dan ke sananya naik perahu). Atau bisa juga menikmati makanan khas Swiss di Resto Park am Rheinfall.

Ke sini:

Dari stasiun Schaffhausen, naik Trolley Bus No. 1, lalu  turun di halte Neuhausen Zentrum atau Rhine Falls Stop. Dari situ jalan kaki sekitar 15 menit. Ikuti tanda panah yang mengarahkan kita ke air terjun. Kalau malas berjalan kaki ke area air terjun, silakan naik Rhyfall Express dari Burgunwiese (dekat halte bus Neuhausen). Durasi: 10 menit.

Tiket masuk kawasan air terjun: Gratis.

Jam buka: Sepanjang waktu, tapi yang harus diperhatikan adalah jadwal bus dan kereta yang mengantar kita kembali. Untuk kereta turis (Rhyfall Express) terakhir jalan pkl.17.00.

 

Rhine Falls

 

WISATA LAIN YANG MENARIK:

- Kota tua, dengan rumah-rumah bergaya Baroque dengan ciri khas 170 jendela yang menonjol keluar (seperti balkon), yang merupakan simbol status dari keluarga pedagang kaya. Uniknya jendela ini memiliki banyak gaya, dari yang tradisional hingga modern.

- Pasar kaget yang buka setiap Sabtu dan Selasa dari pkl.08.00-11.00. Di sana semua pedagang menawarkan ciri khas dari masing-masing daerahnya. Ada yang menjual bunga, sosis, keju, sayuran, buah, anggur dll. Pasarnya bersih lho!

- Perahu dari Schaffhausen ke Stein am Rhein dan dari Untersee ke Konstanz serta Kreuzlingen yang merupakan salah satu perjalanan menyusuri sungai terbaik di Eropa karena pemandangannya yang keren.

- Former Benedictine Abbey of Allerheiligen, gereja abad ke-11 yang merupakan bangunan bersejarah Romanesque dengan kebun herbal dan museum tentang sejarah serta industri kota. Kadang bila beruntung, kita bisa melihat pernikahan yang dilangsungkan di sana.

- Modern Art Gallery. Dulu merupakan pabrik tekstil yang sekarang digunakan oleh seniman internasional untuk pameran.

Teks: Clesia Lay, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


172

Back to Top