SEBELUM PELESIR KE BORACAY ISLAND, BACA DULU PANDUAN & TIPS INI

SEBELUM PELESIR KE BORACAY ISLAND, BACA DULU PANDUAN & TIPS INI

Saturday, 29-04-2017 | 15:30

 

Nama Boracay mungkin paling sering disebut oleh wisatawan kita saat berpikir tentang liburan di pantai cantik di Filipina. Pantai-pantai pasir putihnya sangat kesohor (walaupun pantai berpasir putih di Indonesia juga bejibun dan nggak kalah bagus). Pulau seluas 10,32 km2 ini terletak 315 km di selatan Manila, tepatnya di ujung utara Pulau Panay. Jadi untuk ke sana harus naik pesawat lagi dari Manila, ibu kota Filipina.

 

CARA KE BORACAY

Dari Jakarta terbang dulu ke Manila. Penerbangan langsung dari Jakarta ke Manila hanya dilayani Cebu Pacific Air dan Philippine Airlines. Durasi 4 jam. Cebu Pacific juga membuka rute Denpasar-Manila, dengan durasi 4 jam juga. Alternatif lain dengan AirAsia lewat KL, dari KL sambung terbang ke Manila, durasi 4 jam. Atau kalau mau yang connecting naik Tiger Air atau Malaysia Airlines, transit di Singapura atau KL. Nama bandara di Manila: Ninoy Aquino International Airport (NAIA).

 

Dari Manila ke Boracay bisa lewat dua bandara di Pulau Panay, tapi harus sambung lagi dengan boat:

  1. Godofredo P.Ramos Airport di Caticlan, Pulau Panay. Dari Manila terbang dengan Cebu Pacific 1 jam. Tapi supaya nggak repot mending pilih penerbangan connecting dari Jakarta ke Caticlan via Manila (di bandara NAIA Manila kita tetap harus keluar imigrasi, lalu ambil dan pindahin bagasi, terus ke terminal domestik untuk boarding lagi). Caticlan ini akses terdekat ke Pulau Boracay, tapi  masih harus menyeberangi selat antara Pulau Panay dan Pulau Boracay dengan boat. Untuk naik boat, tentunya harus ke dermaga. Jadi, keluar dari bandara naik tricycle (sejenis becak motor berkapasitas 4 penumpang) ke Caticlan Jetty selama 5 menit.

 

  1. Kalibo International Airport di Kalibo, Pulau Panay. Dari Manila terbang dengan Cebu Pacific atau AirAsia 1 jam. Kalau dengan Cebu Pacific bisa connecting dari Jakarta ke Kalibo via Manila. Dari bandara Kalibo kita harus ke Caticlan Jetty yang berjarak +/-100 km. Bisa dengan bus atau minivan, 2-3 jam.

 

Dari Caticlan Jetty: Ke Pulau Boracay naik boat +/- 10 menit. Boat beroperasi pkl.05.00-22.00. Beli tiket boat langsung di loket. Setibanya di Boracay Jetty tinggal naik tricycle lagi ke area penginapan di  Station 1, 2, atau 3.

 

Alternatif lain dari Kalibo: Ada operator yang melayani transfer Kalibo International Airport-Boracay Island PP ke hotel, namanya Southwest Bus. Bisa dipesan di terminal kedatangan bandara Kalibo di Southwest Desk Tour. Kembalinya juga sama, bisa pesan di hotel atau area D’Mall (Station 2).

 

WAKTU TERBAIK

Januari-Mei terbaik. Desember dan Juni masa peralihan, terkadang masih hujan. Low season Juli-November, sering angin taifun.

 

AKTIVITAS

-       Main di pantai

1.       White Beach. Pantai utama di Boracay, pasirnya halus dan airnya jernih. Disarankan datang pagi-pagi supaya masih sepi dan bebas foto sepuasnya.

Willy’s Rock di White Beach

 

2.       Diniwid Beach. Sebenarnya lanjutan dari White Beach, hanya lebih ke ujung dan lebih sepi.

3.       Puka Shell Beach. Pantai paling ujung, pasirnya lebih kasar tapi kejernihan airnya paling top. Pengunjung amat jarang, jadi serasa pantai pribadi.

Puka Shell Beach

 

4.       Bulabog Beach. Dikenal juga sebagai sports beach, pantai khusus untuk bermain kite-boarding, parasailing, flyingfish, dll.

-       Island hopping

Banyak operator di Station 2 yang menawarkan jasa untuk aktivitas ini, harga bervariasi PHP 600-1.000 tergantung jenis kapal dan fasilitas apa yang termasuk (lunch, minuman, alat snorkeling, handuk, dll).

-       Snorkeling & diving

Tinggal pilih tempat penyewaan alat dan operator di Station 2, harga bervariasi.

-       Sailing

Berlayar dengan kapal layar khas Boracay (namanya paraw) untuk menikmati sunset. Tarifnya PHP 1.000-1.500.

 

Sunset cruise di Boracay dengan paraw

 

PENGINAPAN

Akomodasi tersebar dari Station 1 sampai 3 di sepanjang White Beach. Patokannya Station 1 untuk resor dan hotel mewah dengan akses langsung ke pantai, harga USD 200-300. Station 2 merupakan jantung entertainment, pusat makanan, toko suvenir; penginapan murah dan mahal bisa ditemukan di sini. Station 3 lebih condong ke budget hotel, harga USD 30-40 (double room) dan USD 10-15/orang (dorm). Rata-rata penginapan menyediakan Wi-Fi gratis.

 

KULINER

Tempat makan mudah ditemukan, dari warung di gang sempit sampai buffet mewah. Jika mau banyak pilihan langsung saja ke D’Mall di daerah Station 2. Harga makanan di warung bervariasi PHP 50-100, untuk di restoran standar PHP 120-150. Buat penggemar seafood wajib coba di D’Talipapa wet market, sistemnya pilih sendiri, timbang, dan minta dimasakin.

 

Seafood platters

 

TIPS KE BORACAY:

-       Untuk naik tricycle dari bandara ke Caticlan Jetty disarankan sharing dengan penumpang lain karena hitungan ongkosnya per tricycle.

-       Pesawat ke Caticlan Airport adalah pesawat kecil, makanya bagasi dibatasi maks.10 kg. Kalau kelebihan bayar overweight.

-       Kalau tiket pesawat Anda bukan connecting, beri jarak min.4 jam (untuk pagi-siang) atau 6 jam (untuk sore-malam) antara penerbangan Jakarta-Manila dan Manila-Caticlan/Kalibo dan sebaliknya, karena delay sudah hal biasa di Filipina.

-       Jika naik tricycle selama di Boracay jangan lupa tanyakan apakah sistemnya sharing atau tidak. Kalau nggak nanya dianggap kita sewa full. By the way tricycle di sana fungsinya seperti angkot. Alternatif lain ojek yang tarifnya bisa dinego.

-       Saat hendak beli makanan, khusus bagi Muslim disarankan nanya dulu, karena banyak makanan non halal.

-       Sering-seringlah mengecek tiket promo Manila-Caticlan (Cebu Pacific) dan Manila-Kalibo (Cebu dan AirAsia), siapa tahu Anda beruntung. Tapi cek dulu bulannya, jangan saat low season.

 

Teks: Erl Foto: Erl, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


466

Back to Top