48 JAM DI SYDNEY BISA NGAPAIN AJA?

48 JAM DI SYDNEY BISA NGAPAIN AJA?

Wednesday, 26-04-2017 | 22:36

Sydney Harbour Bridge

 

Tahu kota tempat “kembaran” Keong Mas di Australia?  Yup, it's Sydney! Turned out Sydney is everything I imagined it to be, even more... Mulai dari Opera House yang man-made sampai natural beauty yang breathtaking! Walaupun 48 jam pasti nggak akan cukup untuk menikmati semua yang ditawarkan Sydney, tapi mudah-mudahan rekomendasi itinerary 2 hari di Sydney ini bisa menjadi referensi bagi yang punya jatah cuti terbatas.

 

HARI 1

Pukul 06.00 – 08.00

Bandara–Hotel di Sydney Central

Setelah penerbangan selama 7,5 jam dari Jakarta, tibalah kita di Kingsford Smith Airport di Sydney pkl.06.00. Dari bandara ke Sydney Central (Central Station) hanya 15 menit naik kereta, atau 30 menit dengan bus. Check in atau titip koper dulu di penginapan yang dipilih di area Sydney Central.

 

Pukul 08.00–10.15

Central Station–Circular Quay

Dari Central Station ke Circular Quay bisa naik bus atau kereta. Circular Quay merupakan titik fokus untuk pariwisata, karena posisinya di tengah antara Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge, juga antara Bennelong Point dan The Rocks. Tempat pertemuan sejumlah ferry, bus dan stasiun kereta.

 

Sydney Opera House & Harbour Bridge

 

Pukul 10.15–13.30

Circular Quay – Manly Beach

Ke Manly Beach naik kapal ferry 30 menit, sekaligus menikmati pemandangan Opera House dari sisi berbeda (laut), Harbour Bridge, serta pantai-pantai. Manly Beach lokasinya di North Steyne. Pantai ini tambah cantik karena dikelilingi gedung-gedung tinggi. Di sini banyak ditemui penjual makanan ringan, salah satunya pizza yang nggak seperti pizza yang kita biasa makan di Indonesia. Sangat tipis dengan topping yang sangat murah hati. Daaan... diameternya lebih besar dari wajah saya! Kalau pizza bukan pilihan Anda, tenang aja, ada kebab. Atau, siapa takut makan dua-duanya? Menikmati makanan enak sambil denger suara ombak berdebur, surga banget deh! Tapi sayang tidak sempat berenang di sini karena kita cuma punya waktu 1 jam di sini.

 

Manly Beach

 

Pukul 13.30– 16.00

Manly Beach–Circular Quay–Bondi Beach

Dari Circular Quay ke Bondi bisa naik bus 1 jam. Bondi Beach atau Bondi Bay adalah pantai yang populer di Sydney. Di sini asyik buat foto-foto. Pantai pasir putihnya yang luas bener-bener menggoda! Foto dari angle mana pun cakep! Kalau nggak pengen basah-basahan, bahkan hanya duduk-duduk menonton aktivitas orang-orang dengan latar pemandangannya aja udah puas. Nggak heran Bondi Beach jadi lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Australia. Luangkan waktu minimal 1,5 jam di sini.

 

Bondi Beach

 

Pukul 16.00–21.00

Bondi Beach – Market Street

Dari Bondi ke Market Street bisa naik bus 1 jam. Market Street terletak di jantung distrik bisnis Sydney. Jalan kaki dari sini, kita bisa menemukan atraksi turis di antaranya: Sydney Tower, Queen Victoria Building, St Mary's Catherdral, Hyde Park, Darling Harbour, Hardrock Cafe (bagi kolektor merchandise), Sea Life Sydney Aquarium, Madame Tussauds Sydney, Sydney's Paddy's Market (beli oleh-oleh), Star City Casino, China Town (kuliner), juga ada masakan Indonesia.

 

Darling Harbour

 

HARI 2

Untuk keliling hari kedua ini akan lebih hemat jika menggunakan jasa tur lokal yang banyak menjual paketnya. Harga paket mulai AUD 79/orang termasuk makan siang.

 

Pukul 06.00–12.00

Sydney Central–Scenic World & Echo Point Katoomba (The Blue Mountains)

Tur berangkat jam 6 pagi dengan meeting point di Central Station atau bisa minta dijemput di hotel apabila menginap di area Sydney CBD. Dari Sydney Central ke kawasan Blue Mountains memakan waktu +/-2 jam. Udara pegunungan yang segar akan menyambut ketika kita sampai di Scenic World dan Echo Point Katoomba yang merupakan wilayah spektakuler di The Blue Mountains. Terdapat The Three Sisters (formasi batuan yang unik) di Echo Point, tambah sempurna dengan aktivitas menyusuri alam dengan Scenic Skyway, Scenic Walkway, Scenic Cable Way dan Scenic Railway yang merupakan tujuan ideal untuk liburan yang romantis atau bersama keluarga.

 

The Three Sisters

 

- Scenic Skyway merupakan kereta gantung untuk meluncur di antara puncak tebing. Di dalam skyway ini kita bisa menatap hutan hujan melalui lantai kaca di bawah kaki kita. Dengan pemandangan 360° dan perjalanan sepanjang 720 m kita akan disuguhi pemandangan terbaik dari Katoomba Falls, Three Sisters, dan Lembah Jamison yang membentang ke cakrawala.

 

Katoomba Falls


- Scenic Walkway merupakan jalur jalan santai berkelok-kelok sejauh 2,4 km menembus hutan hujan.

- Scenic Cable Way juga merupakan kereta gantung yang akan membawa kita sejauh 545 m turun ke Lembah Jamison. Cable way tertutup ini akan memberikan sudut pandang yang unik untuk melihat Three Sisters, Orphan Rock, Mt Solitary dan Katoomba Falls.

- Scenic Railway merupakan jalur kereta menanjak paling curam di dunia yang meluncur 400 m menuruni tebing dengan kemiringan 52°. Woww....

 

Pukul 12.00–16.00

The Blue Mountains–Featherdale Wild Life Park

Dari Blue Mountains ke Featherdale 1 jam. Belum ke Australia kalau belum memberi makan kanguru, wallabi atau emu, atau sekadar berfoto bersama koala. Di Featherdale juga terdapat tasmania serta penguin lho! Burung-burung khas Australia lainnya juga ada. One stop life park, dapat semua.

 

Koala

 

Tasmania

 

 

Pukul 16.00–19.00

Featherdale–Capten Cook Cruises – Sydney Harbour

 

Sydney Harbour

 

 

Dari Featherdale kita akan diantar ke Burroway Road, dekat dengan Sydney Olympic Park, perjalanan sekitar 1 jam. Agenda tur terakhir adalah menaiki Kapal Capten Cook. Sepanjang perjalanan pemandangan luar biasa Teluk Sydney akan memanjakan mata kita hingga sampai ke Sydney Harbour.

 

Pemandangan dari atas Kapal Capten Cook

 

 

INFO

-          Kingsford Smith Airport di Sydney adalah salah satu bandara tertua di dunia dan merupakan bandara tersibuk di Australia. Ada 47 penerbangan domestik dari dan ke bandara ini. Sedangkan dari Jakarta ada beberapa pilihan maskapai di antaranya Qantas, Garuda Indonesia, Singapore Airlines.

-          Naik transportasi umum di Sydney, kalau bus bisa langsung membayar pada waktu naik. Tapi untuk naik kereta atau ferry harus beli tiket (travel pass) di loket stasiun, di mesin tiket atau agen koran yang bertanda khusus. Ada beberapa pilihan travel pass (bisa untuk bus juga) yakni: daily, weekly, travel ten (untuk 10 kali pemakaian). Jadi belilah travel pass sesuai kebutuhan. Informasi lengkap dapat dilihat di www.transport.gov.au

-          Zona waktu: GMT+10 (lebih cepat 3 jam dari WIB).

Teks: Bobby Fuadi & Refika Scorfiani Foto: Bobby Fuadi, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


137

Back to Top