INI DIA KOTA BERBIAYA MURAH DI EROPA: KUTNA HORA! 2017-04-25 00:00

Gereja St. Barbara dari kejauhan

 

Sering ada pertanyaan, kota mana di Eropa yang bisa dieksplor dengan biaya murah? Ada cukup banyak, salah satunya Kutna Hora di Ceko. Dari ibu kota Praha naik kereta ke sini hanya butuh 1 jam.

Kutna Hora merupakan kota tambang perak terbesar di Eropa Tengah pada Abad Pertengahan. Bahkan pernah akan dijadikan ibu kota Kerajaan Bohemia. Namun karena terlalu dieksplorasi akhirnya tambang-tambang di Kutna Hora dipenuhi air yang berasal dari dalam tanah. Karenanya saat ini Kutna Hora disangga oleh air yang memenuhi lorong-lorong tambang! Pusat kota Kutna Hora menjadi Preserved Area of UNESCO! Tak hanya itu, kota kecil ini bahkan memiliki dua Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

CARA KE KUTNA HORA

Naik kereta dari Stasiun Utama Praha ke Stasiun Utama Kutna Hora hanya 1 jam dengan biaya CZK 107 (sekitar Rp 50 ribu saja). Sementara cara ke Praha dari Jakarta bisa dibaca di sini.

Catatan: Mata uang Ceko adalah Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 500.

 

CARA MENGEKSPLOR

Pertama tiba datangilah Tourist Information Center di dekat Ossuary di Sedlec di mana kita bisa mendapatkan peta gratis dan informasi tempat wisata. Dari Stasiun Utama Kutna Hora ke Sedlec naik kereta lokal atau bus lokal No.1 dan 7, biaya CZK 24, durasi 20 menit.

 

Cara keliling kota:

  • Hampir seluruh tempat wisata di Sedlec, Kutna Hora berdekatan satu sama lain. Jadi cukup berjalan kaki. Jadi murah ‘kan?
  • Naik bus turis yang parkir di dekat Information Center dengan biaya CZK 35. Bus ini baru jalan jika sudah terisi minimal 3 orang.

 

Combined Discounted Ticket Kutna Hora

Ada tiga jenis tiket kombinasi untuk masuk ke tempat-tempat wisata utama di Kutna Hora sehingga bisa lebih ekonomis! Tiket ini bisa diperoleh di Information Center di Sedlec.

  1. Combined discounted ticket ke Sedlec Ossuary + Cathedral of Assumption of Our Lady + Saint John the Baptist: CZK 110.
  2. Combined discounted ticket ke Sedlec Ossuary + Cathedral of Assumption of Our Lady + Saint John the Baptist dan Church of St. Barbara: CZK 185.
  3. Combined discounted ticket ke Sedlec Ossuary + Cathedral of Assumption of Our Lady + Saint John the Baptist + Church of St. Barbara dan GASK (The Gallery of Central Bohemia): CZK 305.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

CHURCH OF St. BARBARA

Tampak bagian depan Gereja St.Barbara di waktu senja

 

Gereja bergaya Gotik ini dibangun untuk menghormati Santa Barbara yang dipercaya sebagai pelindung para penambang. Walaupun arsitekturnya didominasi gaya Gotik, namun beberapa dindingnya dihiasi fresco bergaya Barok sehingga pada abad ke-17 rakyat jelata yang tidak bisa membaca Injil bisa tetap memahami ajaran Kristiani melalui gambar-gambar itu. Gereja yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1995 ini dibangun dari sumbangan warga, sehingga di bagian langit-langit kita bisa melihat beberapa simbol dari berbagai pihak yang ikut menyumbang, dari para bangsawan sampai tukang daging.

 

Di bagian langit-langit banyak simbol para penyumbang

 

Jam buka:

April–Oktober: 09.00–18.00

November–Maret: 10.00–16.00

Harga tiket:  CZK 60

 

ITALIAN COURT

Pengunjung bisa ikut mencetak koin di Italian Court

 

Dulunya Italian Court merupakan Bank Negara Bohemia dan menjadi salah satu tempat yang paling penting berkenaan dengan pencetakan uang di Abad Pertengahan. Di sini kita bisa melihat bagian museum yang berisi beberapa koin kuno dan mendapatkan pengalaman sebagai pencetak koin. Setelah koin tercetak, kita bisa membawanya pulang sebagai kenang-kenangan. Selain itu juga terdapat kapel yang memiliki patung Jesus yang bagian perutnya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang berharga. Sebagai figur yang sangat suci, tentu saja para pencuri tidak akan berani menyentuhnya.

Jam buka:

Januari–Februari, November–Desember: 10.00–16.00

Maret dan Oktober: 10.00–17.00             

April–September: 09.00–18.00

Tutup: 24 Desember

Harga tiket: CZK 85

 

CZECH MUSEUM OF SILVER

 

Museum ini jangan sampai dilewatkan karena kita nggak cuma bisa melihat berbagai alat tambang yang dipakai di Abad Pertengahan, tetapi juga masuk ke gua tambang yang dibanjiri air sampai ketinggian 50 m.  Masuk ke sini harus mengenakan pakaian khusus “perkytle” yang dipakai penambang pada masa tersebut dan helmet berlampu. Disarankan juga memakai sepatu kets atau boot.

Jam buka:

April–Oktober: 09.00–17.00

Mei–Juni, September: 09.00–18.00

Juli–Agustus: 10.00–18.00

November: 10.00–16.00

Tutup: Desember–Maret dan setiap Senin

Tiket Czech Museum of Silver: CZK 120  

Tiket Italian Court + Czech Museum of Silver: CZK 140

 

CATHEDRAL OF ASSUMPTION OF OUR LADY AND SAINT JOHN THE BAPTIST

Salah satu dari 10 montrans Gotik tertua di dunia

 

Yuk nonton film animasi tentang tempat-tempat bersejarah di Kutna Hora di Cathedral of Assumption of Our Lady! Lucu ya, menonton di dalam tempat ibadah? Selain itu, katedral ini juga menyimpan salah satu dari 10 montrans Gotik tertua di dunia (boleh berfoto di depannya lho!). Oh ya, katedral dengan gaya campuran antara Barok dan Gotik ini sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1995.

Jam buka:

April-Oktober: 09.00–17.00

Setiap Minggu: 12.00–17.00

November-Maret: 10.00–16.00

Tutup: Jumat Agung, Sabtu Suci, dan 24–25 Desember (saat misa)

 

CEMETERY CHURCH OF ALL SAINTS WITH THE OSSUARY

Ossuary tampak luar

 

Sejarahnya, Kapel Katolik Roman ini dulunya dibangun di atas “tanah suci” yang dibawa dari Yerussalem. Banyak orang yang percaya bahwa jika dikubur di sini, raga mereka akan lebih cepat sampai ke surga. Tak mengherankan jika lebih dari 40.000 orang dari seluruh daratan Eropa ingin dimakamkan di kawasan sekitar gereja. Namun seiring waktu, kuburan-kuburan tersebut harus digusur dan Frantisek Rint, seorang pengrajin kayu dipekerjakan oleh Keluarga Schwarzenberg untuk membuat hiasan dari kerangka-kerangka manusia yang ada agar tidak pergi dari “tanah suci”. Dia membuat piramida dan lampu gantung dari susunan kerangka yang kini menjadi interior gereja. Jadi, bayangkan rasanya masuk ke sebuah bangunan yang interior di dalamnya semua terbuat dari kerangka manusia yang usianya paling muda aja kira-kira 500 tahun! Ssst, hormati tempat ini layaknya sebagai pemakaman ya, bukan sekadar objek wisata biasa. Jangan berisik dan berfoto narsis terlalu heboh.

 

Piramida dan lampu gantung dari kerangka manusia

 

Jam buka:

November-Februari: 09.00–16.00

Oktober-Maret: 09 00–17.00

April-September: 08.00–18.00

Setiap Minggu: 09.00–18.00

Tutup: 24 Desember

Harga tiket: CZK 60

 

More to know:

- Selain ke tempat-tempat di atas, disarankan untuk berkeliling di sekitar historic town center, terutama di sekitar Palacky Square yang memiliki lebih dari 316 bangunan dan monumen yang terdaftar di UNESCO sebagai peninggalan Abad Pertengahan, seperti Tyl House, Stone House, Stone Fountain dan Plague Column.

 

Stone Fountain

 

- Keliling Kutna Hora bisa day trip dari Praha, namun jika ingin menginap terdapat banyak pension (semacam bed & breakfast) di kawasan Old Town yang memasang harga dari EUR 13 (nggak sampe Rp 200.000!)

 

- Satu restoran yang wajib coba adalah Dacický di pusat kota yang menyajikan keaslian suasana dan masakan Ceko dengan harga main course dari CZK 139 (Rp 70.000) saja!

 

Salah satu dessert di Resto Dacický

 

Baca juga "Cesky Krumlov: Salah Satu Desa Terindah di Dunia" dan "Spa Sehat dengan Bir di Karlovy Vary"

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Town Kutna Hora
Comment