PECINTA KEJU & COKELAT WAJIB SINGGAH DI GRUYERE KALAU KE SWISS

PECINTA KEJU & COKELAT WAJIB SINGGAH DI GRUYERE KALAU KE SWISS

Saturday, 22-04-2017 | 13:08

Pemandangan cantik Gruyere

 

Pernah membayangkan kota Medieval di atas bukit dengan kastil kuno sebagai pajangan alam di sekitarnya? Gruyere, kota kecil yang berada di ketinggian 810 mdpl di bagian barat Swiss –dekat Kota Montreux, menjawab segala bayangan itu. Gruyere juga terkenal sebagai penghasil keju dan dari sini kita juga bisa mengunjungi pabrik cokelat yang mmmm.... begitu menggoda.

 

CARA KE GRUYERE

Sepanjang naik Chocolate Train, pemandangan yang dilihat menyejukkan mata

 

Biasanya turis ke sini naik Chocolate Train dari Kota Montreux ke Broc. Persinggahan pertama di sentra pembuatan keju La Maison de Gruyeres. Kedua di Desa Gruyere. Ketiga di Maison Cailler (baca: Kaiye), yakni tempat pembuatan cokelat dengan merek Cailler di daerah Broc.

 

Tips: Dianjurkan memilih kereta yang berangkat pkl.08.57 dan tur akan selesai pada 15.55. Lalu  kereta akan tiba kembali di Montreux pkl.17.34.

 

Waktu operasional Chocolate Train:

-          Mei-Juni: Senin-Kamis

-          Juli-Agustus: setiap hari.

-          September hingga 12 Oktober: Senin, Rabu dan Kamis.

 

Harga tiket: CHF 99 (dewasa, kelas 1), 69 (anak-anak, dewasa setengah harga yang punya travelcard), 49 (anak-anak dengan junior travelcard), 59 (dewasa dengan Swiss Travel Pass).

 

Cara lain ke Gruyere: Dari Montreux naik kereta GoldenPass Line jurusan Mont Bovon, lalu sambung naik kereta reguler jurusan Gruyere.

 

YANG BISA DIKUNJUNGI:

LA MAISON DE GRUYERES

Melihat proses pembuatan keju

 

Di sini kita bisa melihat proses pembuatan keju; bagaimana susu untuk keju didapat dan cara menyimpan keju. Selain ditunjukkan dengan display foto-foto yang penjelasannya bisa didengar lewat audio guide (dalam 13 bahasa), di area void kita juga bisa melihat langsung susu yang dituangkan dalam wadah berukuran 4.800 liter, ditampung dan diproses hingga menjadi keju. Usai dari ruang pameran, kita bisa masuk ke tokonya yang menjual aneka macam keju. Ngiler deh pasti...

 

Harga tiket: CHF 7 (dewasa), 6 (anak<12 tahun, lansia), 12 (keluarga: 2 dewasa + 1 anak <12 tahun). Tapi kalau naik Chocolate Train harga tiket sudah termasuk.

Jam buka:

- Ruang pamer: pkl.09.00-18.30 (Juni-September, setiap hari); pkl.09.00-18.00 (Oktober-Mei, setiap hari).

- Pembuatan keju: pkl.09.00-11.00, dan pkl.12.30-14.30

 

CHATEAU DE GRUYERES

Suasana Medieval di Desa Gruyere

 

Memasuki Desa Gruyere yang bergaya Medieval, kita akan disambut deretan toko, resto, kafe dan penginapan yang ditata cantik. Jalan terus hingga ke ujung setelah melewati beberapa museum, kita akan melihat Chateau de Gruyeres. Kastil ini awalnya dijual karena salah satu pemiliknya bangkrut tahun 1554. Melalui perjalanan jual beli, kastil ini pada akhirnya dibeli kembali oleh Kanton Fribourg pada tahun 1938 dan dijadikan museum. Di sini kita bisa menikmati peninggalan tempo dulu. Ada multimedia show selama 18 menit yang sudah termasuk dalam harga tiket. Dari halaman luasnya kita juga bisa menikmati pemandangan hamparan hijau royo-royo diselingi pondokan-pondokan kayu cantik. 30-60 menit cukuplah untuk mengelilinginya.

 

Pemandangan dari kastil

 

Pemandangan dari kastil

 

Ke sini kalau tanpa Chocolate Train:

Dari stasiun Gruyere atau juga stasiun Bulle naik bus jurusan Gruyeres ville (Gruyeres town No.263), lalu jalan kaki sekitar 10 menit.

Tiket masuk: CHF 12 (dewasa), 4 (anak-anak 6-15 tahun), 8 (pelajar, lansia), 25 (keluarga: 2 dewasa + 3 anak <16 tahun). Gratis untuk pemegang Swiss Pass dan anak-anak < tahun.

Jam buka:

- April-Oktober: pkl.09.00-18.00 (setiap hari)

- November-Maret: pkl.10.00-17.00 (setiap hari)

 

 

MUSEUM HR GIGER (ALIEN)

Juga berada di Desa Gruyere. Merupakan tempat koleksi impresionis karya seniman surealis Swiss HR Giger yang memenangkan Academy Award sebagai desainer dalam film Alien karya Ridley Scott. Terdiri dari bangunan 3 lantai dengan gambar, patung, kursi, dll karya bertema alien.

 

Tiket: CHF 12,5 (dewasa), 8,5 (pelajar, orang tua), 4 (anak-anak).

Tiket terusan dengan Chateau Gruyere: CHF 17

Gratis untuk pemegang Swiss Pass.

Jam buka:

-          April-Oktober: pkl.10.00-18.00 (setiap hari)

-          November-Maret: pkl.13.00-17.00 (Selasa-Jumat), pkl.10.00-18.00 (Sabtu-Minggu), Senin tutup.

 

MAISON CAILLER

Pabrik cokelat Cailler (Nestlé) ini didirikan 200 tahun lalu dan merupakan pabrik cokelat tertua di Swiss. Di sini kita bisa mengetahui awal mula penemuan buah cokelat, pengolahan hingga pengemasannya. Dari diorama yang ditampilkan di ruangan bersekat-sekat, kita juga bisa melihat sejarah Nestle, perubahan dan perkembangannya hingga saat ini. Dan yang paling menarik tentunya tempat icip-icip cokelat yang bikin kita kenyang hanya dengan mencomot satu potong per jenisnya. Nggak heran… karena ada lebih 30 jenis cokelat. Boleh makan sepuasnya asal tetap dalam ruangan itu. Mantap banget buat para choco-mania!

 

Icip-icip cokelat sepuasnya

 

Keluar dari ruang pencicipan, kita langsung disuguhi aneka ragam cokelat produksi Nestle yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Dan kalau masih belum puas, nggak  jauh dari Maison Cailler, sebelum naik kereta,  ada FACTORY OUTLET CAILLER dan kita bisa membeli cokelat dengan harga diskon yang menarik.

 

Pilih-pilih cokelat buat oleh-oleh

 

Ke sini kalau tidak dengan Chocolate Trian:

Dari Stasiun Gruyere naik kereta reguler dan turun di stasiun Bulles, lalu sambung naik bus jurusan Broc, berhenti di Broc Fabrique.

Tiket: CHF 12 (dewasa), 9 (pelajar, lansia), gratis untuk anak-anak yang bersama orang dewasa dalam 1 keluarga.

Kalau naik Chocolate Train sudah termasuk tiket masuk.

Jam buka:

-          April-Oktober: setiap hari pkl.10.00-18.00  (penjualan tiket terakhir pkl.17.00).

-          November-Maret: setiap hari pkl.10.00-17.00 (penjualan tiket terakhir pkl.16.00)

-          25 Desember dan 1 Januari tutup.

 

Do you know?

Seribuan tahun yang lalu cokelat dipuja oleh Suku Maya sebagai “makanan para dewa”.

 

Baca juga "Ke Swiss Nggak Afdol Kalau Nggak Naik Kereta Cokelat"

Teks: Mayawati NH, Clesia Lay Foto: Mayawati NH

2 COMMENTS


Brenda Mar 11, 2018 Reply

Hallo Ka.. Sy mau tanya, untuk tiket chocolate train yg kita beli di web itu udh include tiket return yah? Terimakasih kak


maya Mar 12, 2018

Harusnya sih udah termasuk return ya. Tp untuk memastikan sebaiknya tanyakan langsung di bagian contact di wesbitenya


450

Back to Top