PANDUAN CERDAS EKSPLOR KOREA SELATAN (Bagian 1) 2017-03-29 00:00

 

Negeri yang satu ini tak pernah gagal memikat wisatawan dari Indonesia. Mungkin serial drama Korea yang mengharu-biru yang tak lupa menyelipkan keindahan alamnya, juga kelezatan kulinernya, menjadi sebab Korea jadi destinasi favorit. Berawal dari Winter Sonata tahun 2002 sampai Descendants of The Sun dan Goblin. Aktor dan aktrisnya yang cakep-cakep menumbuhkan harapan, siapa tahu jalan-jalan ke Korea ketemu mereka, asli maupun KW-nya, haha... Supaya nggak gagap, sebelum memutuskan ke sana, coba baca dulu panduan cerdasnya berikut ini.  

 

INFO UMUM

Letak: Korea Selatan berada di Semenanjung Korea di Asia Timur Laut, yang berbatasan darat dengan Korea Utara. Semenanjung Korea dikelilingi Laut Jepang di sebelah timur, Selat Korea di selatan/tenggara yang memisahkannya dengan Jepang, dan Laut Kuning di barat yang memisahkannya dengan daratan China.

Luas: 100.033 km2 (masih lebih kecil sedikit dari Pulau Jawa yang luasnya 126.700 km2). Terdiri dari 1 kota khusus (Seoul), 6 kota metropolitan (Busan, Daegu, Incheon, Gwangju, Daejeon, Ulsan), dan 9 provinsi (Gyeonggi, Gangwon, Chungcheong Utara, Chungcheong Selatan, Jeolla Utara, Jeolla Selatan, Gyeongsang Utara, Gyeongsang Selatan, Jeju). Korea Selatan juga memiliki banyak pulau, salah satu yang terbesar Pulau Jeju, 100 km di selatan Semenanjung Korea.

Bentuk negara: Republik

Ibu kota:  Seoul

Zona waktu: GMT+9 (lebih cepat 2 jam dari WIB atau sama dengan WIT)

Bahasa: Bahasa Korea dengan aksara Hangeul, yang diperkenalkan tahun 1443 oleh Raja Sejong dari Dinasti Joseon. FYI, banyak warga Korea tidak bisa bahasa Inggris.

Mata uang: Won Korea (KRW). 1 won= +/-Rp 12

Kode telepon: +82

Stop kontak: Dua lubang bundar, sama dengan di Indonesia.

Internet/Wi-Fi: Wi-Fi gratis ada di subway. Tempat wisata, kafe/resto, hotel/hostel juga banyak yang menyediakan Wi-Fi gratis ber-password. Rental modem (pocket Wi-Fi) bisa ditemukan di bandara.

Toilet: Toilet umum bahkan di stasiun subway pun bersih dan menyediakan tisu.

ATM: ATM dengan logo “Global Service” bisa dipakai untuk menarik uang dengan ATM kita. Fee +/-Rp 30.000.

Kebiasaan tipping: Nggak perlu ngasih tip baik di restoran, hotel maupun kepada supir taksi.

Air minum: Air keran sebenarnya aman diminum tapi jarang yang minum langsung dari keran. Hotel dan hostel menyediakan air minum. Begitu juga semua restoran menyediakan air putih gratis.

Menyetir: Posisi setir di kiri, kendaraan jalan di kanan jalan. Beda dengan di Indonesia.

 

Namsan Tower

 

BUTUH VISAKAH KE KOREA?

Iya WNI masih butuh visa untuk masuk ke Korea Selatan. Ajukan permohonan visa ke Kedutaan Korea di Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav.57 Jakarta Selatan, telp: 021-29672555. Untuk lebih jelasnya silakan klik http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

Musim semi (Maret-Mei) paling pas untuk melihat bunga sakura bermekaran dan ini musim paling rame. Iya, di Korea juga bisa melihat sakura, bukan cuma di Jepang. Tapi sakura mekar nggak sama di tiap tempat. Di Busan dan Jeju mekar di minggu ketiga sampai keempat Maret. Di Seoul sekitar awal April.

 

Musim gugur (mid September-November) juga waktu yang pas karena cuacanya belum terlalu dingin, juga nggak panas. Tapi kalau mau merasakan salju atau main ski ya kudu datang pas winter (mid Desember-Februari atau pertengahan Maret). Sedangkan musim panas (Juni-awal September) di sebagian besar Korea sangat panas, lembab dan turun hujan (cuma sekitar 1-2 minggu).

 

Setiap tahun di minggu pertama Oktober (maksimal tanggal 10) digelar Seoul International Fireworks Festival. Festival yang dimulai sejak tahun 2000ini layak dinanti karena kembang apinya bagus-bagus, dari berbagai negara. Untuk tahun 2017 belum ditentukan lokasi dan tanggal persisnya. Silakan cek update di https://www.everfest.com/e/seoul-international-fireworks-festival-yeongdeungpo-south-korea.

 

CARA KE KOREA

Dari Jakarta ke Seoul:

Penerbangan langsung dilayani Garuda Indonesia, Korean Air dan Asiana Airlines dengan durasi terbang selama 7 jam. Harga tiket PP normal mulai Rp 7 juta. Sedangkan untuk non direct bisa dengan Cathay Pacific, Singapore Airlines, AirAsia, Thai Airways.

 

Bandara untuk penerbangan internasional ada di Kota Incheon, tetangga Seoul, namanya Incheon International Airport. Di Kota Seoul sendiri ada Bandara Gimpo, hanya untuk penerbangan domestik, juga ke China dan Jepang.

 

Bandara Incheon

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA INCHEON

Dari Bandara Incheon ke Seoul bisa naik Airport Railroad Express/AREX (kereta), Seoul Metropolitan Subway, bus bandara, taksi (ada taksi jumbo juga). Durasi dengan bus ke pusat kota1-1,5 jam, dengan subway hanya 40-50 menit, dengan AREX lebih cepat lagi.

 

TRANSPORTASI DI SEOUL & KOTA-KOTA BESAR LAIN

Kendaraan umum di Seoul ada beberapa pilihan antara lain subway (metro), bus kota, taksi. Subway merupakan moda transportasi tercepat, termurah, dan ternyaman, menjangkau hampir seluruh tempat wisata dan pusat keramaian dengan biaya bervariasi mulai 1.350 won (atau 1.250 won dengan T-money). Total ada 21 jalur subway di Seoul (termasuk yang sampai ke provinsi sebelah). Waktu operasionalnya pukul 05.30-24.00. O ya, kendaraan umum di Seoul sangat on time.

 

Bus kota dibedakan berdasarkan warna, dan ada yang milik pemerintah, ada juga swasta. Bus biru paling banyak rutenya dan panjang, termasuk ke area pinggir kota. Bus hijau rutenya pendek-pendek, menghubungkan stasiun-stasiun utama subway dan juga terminal bus. Bus merah bus ekspres yang rutenya ke kota-kota satelit Seoul (untuk para komuter). Bus kuning rutenya juga pendek, banyak melewati area bisnis, turis, belanja, dan juga menghubungkan stasiun-stasiun metro, juga jadi feeder buat bus biru dan hijau.

 

Tips: Untuk naik kendaraan umum di Seoul sebaiknya beli T-money dengan harga basic kartu 2.500 won. Selain praktis, tinggal tap ke mesin setiap kali naik dan turun, juga lebih hemat karena dapat potongan dibanding kalau bayar tunai. Lebih detil tentang T-money silakan klik https://english.visitkorea.or.kr/enu/TRP/TP_ENG_8_1_1.jsp

 

Kartu T-money

 

Argo taksi dimulai dari 3.000 won dan lebih mahal 20% dari harga normal pada pukul 00.00-04.00. Jangan salah pilih, taksi berwarna hitam atau bertuliskan international taxi tarifnya lebih mahal dari taksi reguler yang berwarna putih. Tarif taksi di Seoul termasuk tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan Tokyo. Kalau pergi berempat naik taksi termasuk cukup efisien dari segi harga.

 

City tour bus (hop on hop off) di Seoul juga ada tapi nggak gratis. Audio guide-nya tersedia dalam bahasa Inggris, Korea, China dan Jepang. Tiket bus dengan rute City Circulation Course harganya 10.000 won. Lebih lengkapnya klik http://koreatourinformation.com/blog/2013/12/06/seoul-city-tour-bus-hop-onhop-off/

 

Di Busan, Daejeon, Daegu dan Gwangju juga ada subway, dan tentunya bus kota dan taksi.

 

TRANSPORTASI ANTARKOTA

Kereta (KTX, GTX, ITX), bus (ada yang ekspres untuk jarak yang lebih jauh, ada yang reguler, ada midnight bus yang harganya lebih murah). Semuanya nyaman dan ongkos terjangkau. Atau kalau ada bujet lebih, asyik juga sewa mobil (pasti ada GPS-nya) untuk perjalanan antarkota. Untuk jarak yang jauh tentu ada pilihan naik pesawat domestik.

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH, Riswanto Tan Foto: Istimewa
Comment
masteradmin123456

Maksudnya jet washer yg utk bilas usai buang air ya? Seingat kami sih mostly nggak ada ya

2017-08-27
Titi

maaf nanya Mas or mbak....Di toilet nya ad air kan...?

2017-08-23
masteradmin123456

Maksudnya jet washer yg utk bilas usai buang air ya? Seingat kami sih mostly nggak ada ya

2017-08-27