KENALI AUSTRALIA DENGAN BERLIBUR DI QUEENSLAND! (Bagian 2-tamat)

KENALI AUSTRALIA DENGAN BERLIBUR DI QUEENSLAND! (Bagian 2-tamat)

Sunday, 26-03-2017 | 17:34

Gold Coast dilihat dari atas

 

Bagi Anda yang ingin menjelajahi Australia, cukup dengan berlibur di Queensland dalam waktu singkat! Kenapa Queensland? Karena negara bagian yang beribu kota Brisbane ini punya semuanya, mulai dari kota yang tertata rapi yang masih mempertahankan bangunan khas kolonial Victoria, keindahan alamnya, shopping & dining area di setiap sudut kota yang menawarkan berbagai merek dan produk khas Australia, budaya  Suku Aborigin, taman hiburan kelas dunia yang menantang adrenalin, garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang lembut, hewan khas Australia, petualang di “liarnya” alam Australia dan masih banyak lagi… Queensland memang tidak ada matinya!

 

DINING AREA, LANEWAYS AND SHOPPING AREA

Berbicara tentang gaya hidup di Queensland, tidak lepas dari dining and shopping! Kesan pertama MyTrip ketika tiba di Brisbane adalah makan-makan karena selama perjalanan dari bandara ke kawasan CBD (Central Business District) di tiap sudut blok terlihat dining area. MyTrip berhenti di Fortitude Valley yang berada sekitar 20 menit berjalan kaki dari pusat kota. Di sini kita bisa menikmati masakan Australia, Eropa atau Asia dengan gaya casual atau fine dining. Cobalah bersantap siang di Harveys, restoran yang menyediakan menu dari berbagai benua.

 

Menu di Harveys

 

Untuk santap malam cobalah ke Eat Street Market di Brisbane yang mengingatkan kita pada pasar malam di Indonesia atau kota-kota di Asia. Di sini kita bisa pilih makanan atau belanja di lebih dari 60 vendors yang menjajakan masakan tradisional dari berbagai negara mulai dari AUD 10 untuk seporsi hidangan utama. Untuk masuk ke Eat Street Market yang buka setiap Jumat & Sabtu, pukul 16.00–22.00 kita perlu membayar tiket masuk seharga AUD 2,5. Namun harga ini setimpal karena kita bisa menonton live music performance yang selalu hadir untuk menghibur kita sambil bersantap malam.

 

Eat Street Market

 

Beda cerita kalau kita makan malam di Rick Shore, Pan Asian Restaurant di Gold Coast. Menu kari udangnya memiliki cita rasa gulai ala Jawa yang sedikit manis dan pedas. Rasanya seperti makan hidangan rumahan. Ternyata kokinya menghabiskan beberapa tahun untuk tinggal dan belajar masakan Asia di Thailand.

 

Untuk yang suka belanja, Queensland memang nggak ada matinya! Anak muda di Brisbane biasanya belanja di Laneways yang memiliki koleksi distro dari para desainer muda Australia. Selain distro, di Laneways kita juga bisa menemukan beberapa kafe yang menyediakan makanan besar, kue, es krim atau burger lezat! Sangat direkomendasikan untuk menikmati burger Australia yang tebal, juicy dan kadang diisi fillet steak, bukan hanya ground beef! Kebayang ‘kan puasnya! Harga burger lokal biasanya dibandrol mulai AUD 7 saja.

 

 

Di Jakarta memang sudah banyak mal, tapi saat keliling Gold Coast, sempatkanlah untuk mengunjungi Pacific Fair yang merupakan salah satu mal terbesar di Gold Coast. Di sini banyak toko merek lokal Australia yang belum ada di Jakarta, seperti Country Road, R.M. Williams dan Withcery. Kualitas memang menjadi hal utama dari produk desainer lokal Australia, tetapi tidak menjadikannya sebagai barang super mahal. Untuk blazer, harganya mulai dari AUD 100, bahkan untuk sepatu kets bisa dibawa pulang hanya dengan AUD 69 saja. Sedangkan kalau kita mau membelikan oleh-oleh sepatu boots pria dari kulit kanguru, harganya mulai dari AUD 399.

 

Pacific Fair

 

 

CHALLENGE YOUR ADRENALINE WITH WORLD CLASS THEME PARKS!

Yang tidak boleh dilewatkan saat kita berkunjung ke Gold Coast, selain pantainya yang panjang dengan pasir putih lembut dan ombak yang menantang, adalah taman rekreasi seperti Dreamworld dan Sea World yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

 

Dreamworld sendiri merupakan taman rekreasi terbesar di Australia dengan 40 wahana yang menantang adrenalin untuk pengunjung anak-anak dan dewasa. The Big 9 Thrill Rides merupakan 9 wahana yang paling tinggi, cepat dan membuat jantung kita berdetak super kencang. Tiga dari 9 wahana yang paling menantang tersebut, yaitu The Giant Drop, Tower of Terror II dan BuzzSaw dan semuanya pasti berhasil membuat nyawa Anda serasa lepas selama beberapa detik! Anak-anak pasti senang diajak untuk bertemu figur kartun kesukaan mereka, seperti Madagaskar dan Kung Fu Panda di area Dreamworks. Bulan September 2016 mereka baru membuka kembali Tiger Island setelah renovasi lebih dari AUD 7 juta.

 

Selain itu, MyTrip merekomendasikan untuk berkunjung ke area Corroborre guna menonton beberapa pertunjukan hewan seperti “Sheer a Sheep” serta belajar tentang budaya Suku Aborigin yang menarik. Kita juga bisa memberi makan puluhan kanguru yang jinak dan berkeliaran bebas di area ini serta berfoto bersama koala sebagai suvenir wajib apabila berkunjung ke Australia!

 

Sheer a Sheep di Dreamworld

 

Jika masih punya waktu lebih, kita bisa lanjut main air di WhiteWater World atau melihat keindahan kota Gold Coast dari SkyPoint Observation Deck Q1 Building yang menjadi gedung tertinggi di Gold Coast. Agar lebih hemat, kita bisa membeli 3 day pass seharga AUD 99 untuk dewasa dan AUD 320 untuk keluarga yang berlaku untuk 3 taman rekreasi, yaitu Dreamworld, WhiteWater World dan SkyPoint Observation Deck.   

 

Taman rekreasi kedua yang nggak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Gold Coast adalah Sea World karena memberikan kita kegiatan dengan tema kehidupan laut yang memukau. SeaWorld & Water Park sendiri dinobatkan sebagai “Best Family Resort in Australia 2016” menurut Trip Advisor. Pada musim liburan, disarankan untuk mengecek website SeaWorld Australia karena terdapat banyak promo yang menggabungkan tiket masuk dan akomodasi di SeaWorld Resort.

 

Penguin Point di Sea Wolrd

 

Sangat menarik masuk ke Penguin Point di mana kita bisa melihat beberapa jenis penguin seperti Macaroni dan Emperor Penguin dari Antartika, atau menonton bermacam jenis hiu, ikan pari dan terumbu karang di Shark Lagoon dan Tropical Reef Lagoon. Jangan lewatkan juga pertunjukan lumba-lumba yang pastinya memukau baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sea World juga punya beberapa wahana menantang seperti Viking Revenge Flume dan Storm Coaster. Anak-anak bisa berlatih untuk menjajal keberanian untuk naik wahana di Nickelodeon area. Tiket masuk Sea World seharga AUD 69,99 untuk anak dan AUD 79,99 untuk dewasa.

Atraksi lumba-lumba di Sea Wolrd

 

Kegiatan lainnya yang disarankan untuk dicoba adalah SeaWorld Scenic Helicopter selama 10 menit seharga AUD 99. Kita bisa melihat indahnya kontur kota Gold Coast yang seperti kepulauan dan indahnya pantai Gold Coast yang super panjang dari atas helikopter. Apabila Anda berkunjung selama periode awal Juni hingga awal November, Sea World Whale Watching Tour, seharga AUD 77 untuk anak dan AUD 99 untuk dewasa, sangat sayang dilewatkan.

 

Gold Coast tampak seperti kepulauan dilihat dari helikopter

 

Terima kasih kepada Tourism Australia dan Tourism and Events Queensland atas undangannya untuk mengunjungi Brisbane, Moreton Bay dan Gold Coast. Info lebih lengkap tentang Queensland ada di Majalah MyTrip vol 29.

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH, Paul Manias

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


807

Back to Top