KENALI AUSTRALIA DENGAN BERLIBUR DI QUEENSLAND! (Bagian 1)

KENALI AUSTRALIA DENGAN BERLIBUR DI QUEENSLAND! (Bagian 1)

Saturday, 25-03-2017 | 17:10

 

Bagi Anda yang ingin menjelajahi Australia, cukup dengan berlibur di Queensland dalam waktu singkat! Kenapa Queensland? Karena negara bagian yang beribu kota Brisbane ini punya semuanya, mulai dari kota yang tertata rapi yang masih mempertahankan bangunan khas kolonial Victoria, keindahan alamnya, shopping & dining area di setiap sudut kota yang menawarkan berbagai merek dan produk khas Australia, budaya  Suku Aborigin, taman hiburan kelas dunia yang menantang adrenalin, garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang lembut, hewan khas Australia, petualang di “liarnya” alam Australia dan masih banyak lagi… Queensland memang tidak ada matinya!

 

GET CLOSER WITH KOALA, KANGAROO, WOMBAT & EMU!

Untuk Anda yang berpergian bersama keluarga, salah satu kegiatan yang paling dinanti adalah bermain dan berdekatan dengan hewan khas Australia, seperti koala, kanguru dan burung emu! Di setiap kota besar di Queensland, misalnya Brisbane dan Gold Coast, kita bisa pergi ke kebun binatang atau cagar alam di mana puluhan kanguru dan rainbow loriiket (sejenis burung nuri dengan bulu berwarna pelangi) berkeliaran dengan bebas dan menyatu bersama pengunjung.

 

Berpose menggendong koala

 

Masih ingat mendiang Steve Irwin, The Crocodile Hunter? Sejak 1980 dia mendirikan kebun binatang keluarga Queensland Reptile and Fauna Park yang saat ini dikenal sebagai Australia Zoo yang terletak di Steve Irwin Way, Beerwah. Dengan tiket masuk sebesar AUD 59 untuk dewasa, atau AUD 172 untuk keluarga (2 dewasa + 2 anak), kita sudah bisa berpetualang di kebun binatang terbesar dan terbaik di Queensland dengan koleksi beberapa hewan yang sudah terancam punah. Untuk bertemu dan berfoto bersama koala, wombat hingga cheetah, kita cukup membayar biaya tambahan mulai AUD 19 saja.

 

Apabila kita sangat suka dengan koala, sangat direkomendasikan Lone Pine Koala Sanctuary yang masih berada di Brisbane. The Guinness Book of World Records menetapkannya sebagai cagar alam koala pertama dan terbesar di dunia dengan koleksi lebih dari 130 koala. Kita juga bisa bertemu hewan khas Australia lainnya dengan tiket masuk mulai AUD 22 untuk dewasa dan AUD 85 untuk keluarga. (Baca tentang koala di sini)

 

Saat mengunjungi Gold Coast, sempatkanlah berkunjung ke Currumbin Wildlife Sanctuary. Konservasi ini lebih fokus pada hewan khas Australia, salah satunya burung emu yang bebas berkeliaran. Binatang yang menjadi logo Australia ini dapat mengejar kita hingga 70 km/jam apabila merasa terganggu. Walaupun begitu, para penjaga binatang di Currumbin Wildlife meyakinkan bahwa semua hewan di sini sudah sangat jinak dan terbiasa dengan keberadaan manusia di sekelilingnya. Untuk masuk ke sini cukup membayar AUD 49,95 untuk dewasa dan AUD 137 untuk keluarga.

 

Burung emu berkeliaran bebas di Currumbin Wildlife Sanctuary

 

MERASAKAN SERUNYA ALAM AUSTRALIA

Australia memang dikenal sebagai negara di mana kita bisa menemukan tumbuhan dan hewan yang paling beracun. Namun bukan berarti kita tidak bisa menikmati alam Australia. Dengan berbagai tur 4WD, entah menggunakan mobil, mini bus bahkan bus sekalipun, kita akan dibawa untuk berpetualang ke hutan hujan atau taman nasional. 

 

Tur 4WD dengan minivan

 

Salah satu tur 4WD yang patut dicoba ada di Moreton Island, yang terletak hanya 90 menit naik kapal feri dari Brisbane, tepatnya ke Moreton Island National Park. Para peserta diajak menggunakan 4WD bus yang rodanya berdiameter rentang tangan orang dewasa Asia. Kami diminta untuk menggunakan sabuk pengaman karena jalanan yang bumpy.

 

Setelah 20 menit perjalanan, kita akan tiba di bukit pasir! Pasirnya sangat lembut dan menempel di muka, terutama kalau kita pakai sun screen. Alhasil, setelah asyik melakukan sand toboggan, wajah kita pasti cemongan! Alih-alih bedak, pasir menjadi make-up Anda di alam Australia yang unik ini!

 

Sand toboggan

 

Lain lagi kalau Anda ikut 4WD tour ke Mt. Tamborine National Park di Gold Coast. Tur ini menggunakan mini bus yang sudah dimodifikasi menjadi 4WD vehicle dengan roda yang sedikit lebih kecil dari 4WD bus. Walaupun begitu, roda ini sangat membantu ketika kendaraan ini mulai memasuki jalan setapak di Hutan Eukaliptus Mt. Tamborine. Kalau cuaca sedang cerah, kita bisa melihat koala yang sedang tidur sambil bergelantungan di pohon atau sedang mengunyah daun eukaliptus.

 

Sebelum diajak ke alam liar, kendaraan berhenti di suatu paviliun di mana para peserta diajak untuk menikmati sarapan berupa fresh from the oven Scone. Setelah perut kenyang, petualangan pun dimulai di Joalah Section.

 

Pemandu menunjukkan beberapa sarang burung turki hutan yang mirip seperti tumpukan dedaunan kering. Berbicara tentang dedaunan, kita harus berhati-hati apabila ada daun yang gugur karena mungkin saja daun tersebut beracun dan membuat kulit kita iritasi. Apabila kita masuk ke hutan saat temperatur sedikit tinggi, kita bisa bertemu ular hujan tropis Australia yang melingkar di pepohonan dengan bonggol dan akar raksasa karena usianya yang mencapai ratusan tahun. Selain itu, kita bisa melihat berbagai jenis burung khas Australia yang sedang mencari makan atau menjaga sarangnya. Eksplorasi di hutan ini berakhir di Air Terjun Curtis. O ya, di hutan ini ada lintah. Jadi disarankan untuk menggunakan celana panjang atau jeans apabila mengikuti tur ke dalam hutan liar Australia!

 

 

(Bersambung)

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH, Paul Manias

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


771

Back to Top