‘MISBAR’ JUGA ADA DI MELBOURNE LHO! 2017-03-11 00:00

Moonlight Cinema

 

Buat yang masa kecil atau remajanya berlangsung tahun ’80-an pasti nggak asing dengan istilah misbar alias gerimis bubar. Sebutan lainnya adalah layar tancep. Eh ternyata kegiatan menonton film berjamaah di arena terbuka ini ngetop juga lho di Melbourne, ibu kota negara bagian Victoria, Australia.

 

Penduduk kota yang terkenal dengan kopi enaknya ini senang melakukan aktivitas di alam terbuka saat cuaca cerah, salah satunya dengan menonton film di luar ruangan. Kita pun sebagai wisatawan pastinya bisa ikutan nimbrung. Selain dapat menonton sejumlah koleksi film terbaru dan sekumpulan film nostalgia, kita juga dapat menikmati indahnya panorama Kota Melbourne.

 

Berikut adalah berbagai lokasi di Melbourne yang menawarkan pemutaran film di ruang terbuka:

 

THE BACKLOT ROOFTOP DRIVE-IN

Open air cinema yang berlokasi di Melbourne Dockland ini dapat menampung hingga 65 kendaraan dan memiliki layar dengan sudut pandang 360 derajat. The Backlot Rooftop Drive-in menawarkan film-film blockbuster seperti Leon dan The Godfather. Bagi yang datang tanpa membawa mobil, tersedia area duduk khusus di ‘blue-deck’ yang hangat serta dilengkapi dengan headphone. Bioskop ini buka mulai pukul 20.00 setiap harinya dan mengenakan biaya masuk sebesar AUD 40/mobil atau 10/orang bagi yang tidak membawa mobil.

 

CAMEO OUTDOOR CINEMA

Dengan latar belakang Dandenong Ranges yang cantik, Cameo Outdoor Cinema menayangkan film-film yang baru dirilis seperti Moonlight (film terbaik Piala Oscar), Logan, dan Beauty and the Beast yang dibintangi Emma Watson. Bioskop ini juga menyelenggarakan kegiatan menarik, yaitu ‘Bring Your Pet Nights’—di mana kita boleh membawa hewan peliharaan, dan juga diperbolehkan membawa bekal piknik sendiri. Tempat pemutaran film ini sudah beroperasi selama 10 tahun. Untuk tahun 2016/2017 bioskop ini beroperasi dari November 2016 hingga April 2017. Masih keburu cuss yuk!

 

DROMANA DRIVE-IN

Lokasi ini mengingatkan kita pada suasana drive-in era ’60-an. Ya, Dromana Drive-in merupakan tempat yang cocok untuk menonton film sambil bernostalgia. Layar yang digunakan merupakan layar bioskop tertua di Victoria, Australia, yang berasal dari tahun 1961. Bioskop luar ruang ini juga menampilkan Shel’s Diner, yang terinspirasi dari Mel’s Diner di Universal Studios di California.

 

LUNAR DRIVE-IN

Terletak di Dandenong dan berdiri sejak 4 Mei 1956 dengan layar tunggal dari kayu dan ruang yang dapat menampung 650 mobil. Bioskop terbuka ini merupakan bioskop kendaraan yang paling luas di Australia dengan empat layar yang menayangkan seluruh film blockbuster terbaru. Di lokasi sinema ini juga terdapat Lunar Cafe yang menawarkan kuliner klasik Australia.

 

MOONLIGHT CINEMA

Terletak di ketinggian bukit di tengah Kebun Raya Royal Botanic Gardens dengan pemandangan yang dramatis, Moonlight Cinema menawarkan pengalaman menonton film klasik di ruang terbuka. Food truck tersedia bagi siapa saja yang membutuhkan makanan, dan bantal besar juga tersedia untuk disewakan. Sebagai alternatif, kita juga dapat membawa peralatan piknik dan bantal sendiri. Atau yang mau lebih nyaman bayar sedikit biaya tambahan untuk menikmati ‘Gold Grass’. Pintu sinema ini dibuka pukul 7 malam dan film dimulai begitu matahari terbenam.

 

ROOFTOP CINEMA

Ini adalah salah satu bar favorit di Melbourne yang terletak di atap gedung yang disulap menjadi bioskop luar ruang selama musim panas. Rooftop Cinema mulai menayangkan film dari pukul 21.30 sejak 3 Desember 2016 hingga 27 April 2017. Sedangkan bar di atap gedung buka setiap hari dengan jam operasional dari tengah hari hingga pukul 1 dini hari, sehingga kita dapat tinggal lebih lama setelah film usai. Kalau lapar ada Mesa Verde, hanya satu lantai di bawah Curtin House lantai 6, yang menyajikan makanan yang terinspirasi kuliner Meksiko. 

 

Baca juga tentang wisata Melbourne di sini dan di sini.

Teks: Mayawati NH Foto: Visit Victoria
Comment