“PARIS” YANG LEBIH RAMAH DI KANTONG

“PARIS” YANG LEBIH RAMAH DI KANTONG

Thursday, 31-03-2016 | 10:08

Charles Bridge dan Prague Castle di kejauhan

 

 

Kalau ke Republik Ceko, pastinya kita akan menjejakkan kaki di kota terbesar sekaligus ibu kotanya, Praha atau Prague. Kotanya cantik eksotis, dan banyak turis yang bilang, Praha adalah “Little Paris”.  Memang ada beberapa tempat yang mengingatkan kita pada Paris, seperti cantiknya Sungai Vltava yang membelah Praha yang mirip dengan romantisme Sungai Seine. Atau Menara Petrin yang nggak kalah ikonik dengan Menara Eiffel. Di Praha juga banyak toko produk fashion branded. Dan berita bagusnya, biaya jalan-jalan di Praha jauh lebih murah dari Paris!.

 

Cara Ke Praha

        - Dari Jakarta ke Praha naik Emitares, Turkish, KLM. Lama penerbangan di luar transit +/-15 jam.

        - Dari kota besar lain di Eropa naik Euro Rail, kereta, bus ataupun low cost airlines.

 

Cara Keliling Praha

  • Ikut walking tour Rutenya biasanya: Republic Square, Old Town, Charles Bridge, hingga ke Prague Castle.
  • Naik segway. Harga sewanya mulai CZK 1.090.
  • Naik sepeda. Harga sewa per jamnya CZK 100.
  • Ikut minibus tour atau short river course. Harga mulai CZK 300.
  • Naik kendaraan umum seperti bus, tram, metro, atau funicular (CZK 24 hingga CZK 310.
  • Berlayar di Sungai Vltava. Harga tiketnya sekitar CZK 1.390.

 

Mata Uang

Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 500 dan EUR 1= +/-CZK 26.

 

Obyek-obyek Wajib Kunjung:

Prague Castle

 

 “The largest ancient castle in the world” ini merupakan rumah bagi Presiden Republik Ceko. Bagian-bagian yang wajib dikunjungi adalah Old Royal Palace, St. Vitus Cathedral, St. George Basilica, dan Golden Lane atau Zlata Ulicka. Jangan lupa mengabadikan momen pergantian penjaga di gerbang Prague Castle ya!

Jam buka: Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur (05.00-24.00)

                Musim Dingin (06.00-23.00)

Tiket: Long Tour CZK 350

         Short Tour CZK 250

 

Lobkowicz Palace

 

Konser musik klasik di Lobkowicz Palace

 

Berada di kawasan Prague Castle, istana ini dikelola keluarga bangsawan Lobkowicz. Ada banyak koleksi pribadi yang dipajang di museum seperti lukisan, artileri, dan manuskrip karya komposer dunia. Harga tiket museumnya CZK 275 sudah termasuk audioguide dan diskon 10% di Lobkowicz Palace Café yang tak hanya menyajikan makanan tapi juga pemandangan Praha. Kita juga bisa menonton konser musik klasik tanpa harus berpakaian formal dengan harga CZK 390.

Jam buka: Setiap hari pukul 10.00-18.00

 

Charles Bridge

 

 

Jembatan batu bergaya Barok ini merupakan landmark Praha. Di sepanjang jembatan ini berdiri 30 patung di kedua sisinya. Oh ya, salah satu patungnya, patung St. John Nepomuk, punya cerita unik lho! Konon katanya, siapa yang menyentuh salah satu bagiannya maka permohonannya dapat terkabul. Jembatan ini memiliki museum dan look-out tower dengan harga tiket CZK 150 dan CZK 90.

 

Old Town dan Mala Strana

 

Pintu masuk St. Nicolas Church dan Tyn Church di kejauhan

 

Alun-alun Prague Old Town dikelilingi berbagai bangunan indah dari berbagai zaman, seperti Old Town Hall, Prague Astronomical Clock, Kinsky Palace, dan Tyn Church. Tak salah jika tempat ini diyakini sebagai salah satu tempat terindah di dunia. Kita bisa menaiki Old Town Hall dengan harga CZK 110 dan melihat pergerakan salah satu Astronomical Clock tertua di dunia yang berdentang tiap jamnya. Sedangkan di Mala Strana kita dapat mengunjungi Lesser Town di mana terdapat dua gereja Barok yang paling sering dikunjungi yakni St. Nicolas Church dan Church of Our Lady Victorious.

 

Petrin Hill

 

 

Jika Paris punya Eiffel Tower maka Ceko punya Petrin Tower yang meskipun ukurannya lebih kecil tapi kita tetap bisa melihat panorama Praha dari puncaknya dengan harga CZK 120. Di lantai dasarnya terdapat Mirror Maze yang dengan hanya CZK 90, kita bisa merasakan keseruan bermain di sebuah labirin kaca!

 

Vysehrad

 

Gereja St. Peter and Paul

 

 

Di tempat ini terdapat benteng pertahanan yang berada di sebuah bukit tinggi di atas Sungai Vltava. Karena terletak di atas bukit, it’s worth to visit to see the view! Selain itu kita juga dapat mengunjungi Gereja St. Peter and Paul dan bersantai di tamannya.

 

 

Kuliner                                                     

 

Trdelnik

 

       - Knedliky yaitu dumpling yang terbuat dari tepung dan kentang yang sering ada dalam menu steak dan sejenisnya.

       - Sup goulash (sup daging berkuah kental dan agak pedas)

       - Trdelnik (cinnamon roll bread).

 

Tips murah!

Restoran turistik dengan harga makanan utama CZK 135 (nggak sampe 70 ribu!) banyak di Praha. Kalau mau lebih murah lagi, makanlah di resto lokal, harga satu menu CZK 75 (cuma 37 ribu!), tapi penjual dan menunya nggak pake Bahasa Inggris.

 

Penginapan

  • Banyak youth hostel yang menawarkan harga mulai EUR 8 per malam/orang di dormitory room di sekitar Stasiun Bus Florenc, Old Town, dan Mala Strana.
  • Kalau mau menginap di hotel bintang 3 atau 4, harga yang ditawarkan mulai dari EUR 30.
Teks: Agusmia Putri Haerani & Mayawati NH Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


482

Back to Top