ONE DAY TOUR DI SEKITAR PERTH: CAVERSHAM, CERVANTES, PINNACLES, LANCELIN 2017-02-18 00:00

Pinnacles

 

Datang berkunjung ke Perth kurang afdol kalau nggak sekalian mampir ke kota-kota kecil di dekatnya. Cukup one day tour, yang bisa diambil paketnya dari Perth, kita sudah bisa keliling Caversham yang berada di daerah Swan Valley, Cervantes, lanjut ke Pinnacles, lalu mampir ke Lancelin saat arah pulang ke Perth. Harus ambil paket day tour karena nggak ada transportasi umum ke sana.

Coba ambil paket tur melalui Adam Tour (www.australianpinnacletours.com.au) yang merupakan operator pertama yang mengadakan tur ke Pinnacles dan sudah berpengalaman 30 tahun . Biaya tur memang mahal, AUD 215 per orang, tapi cukup impas untuk perjalanan yang mencapai 600 km. Apalagi daerah yang dilewati adalah jalanan yang sepi dikelilingi padang rumput, serta atraksi petualangan dengan 4WD (mobil yang digunakan selama tur) di padang pasir Lancelin yang curam.

 

CAVERSHAM

Foto bersama wombat

 

Di sini kita bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan binatang-binatang khas Australia yaitu kanguru, koala dan wombat. Wombat bentuknya unik. Sekilas seperti tikus raksaksa tapi wajahnya bulat. Binatang  berkaki empat dan pendek ini panjangnya bisa mencapai 1 m. Kita juga bisa berfoto bersama dengan koala di sini.

 

CERVANTES

Lobster Shack

 

Cervantes adalah kota pelabuhan kecil dengan penduduk 600 orang yang terletak 245 km dari Perth dan merupakan gerbang ke Kota Pinnacles. Cervantes terletak di pinggir benua sehingga Samudera Hindia terlihat jelas dari sini. Saat perjalanan ke sini terlihat  kincir-kincir angin sumber tenaga listrik. Angin di lokasi ini sangat  besar sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga. Aktivitas utama di kota Cervantes, mengunjungi lokasi Lobster Shack dan sekaligus makan lobster. Lobster-lobster di sini ditangkap dari Samudera Hindia dalam keadaan hidup, kemudian dipelihara di tempat penampungan sampai ada pembeli atau  diekspor. Katanya lobster  di sini dapat bertahan hidup 30 jam di tempat penyimpanan khusus sebelum diekspor via Perth Airport.

 

PINNACLES

 

 

 

Merupakan bagian dari Namburg National Park, lokasi Pinnacles ditemukan tahun 1960 dan menarik banyak pengunjung, karena banyak batuan unik yang terbentuk secara alami yang diperkirakan terjadi ribuan tahun yang lalu.

 

LANCELIN

 

Lancelin juga kota kecil di pinggir Samudera Hindia yang terletak 127 km dari Perth. Sebelum tahun 1953 kota ini bernama Wangaree, yang dalam bahasa Aborigin artinya ikan. Di sini ada pantai yang di depannya berjejer kapal laut. Yang unik di kota ini adalah sand dunes, gunung-gunung pasir bagaikan Gurun Sahara tapi berwarna putih susu. Karena angin super kencang, pasir beterbangan ke mana-mana. Peserta tur diajak sedikit adventure di mana mobil yang ditumpangi naik turun tumpukan pasir yang curam. Cukup seru walau sedikit ngeri. Mau lebih memacu adrenalin? Cobalah sand boarding, meluncur di pasir dengan papan seluncur.

 

Tentang objek-objek wisata di Perth baca di sini.

Tentang panduan keliling Perth baca di sini.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Dok. Adams Tour, Kumala Budiyanto
Comment