SIAPA MAU KELILING PERTH DENGAN BUS GRATIS?

SIAPA MAU KELILING PERTH DENGAN BUS GRATIS?

Friday, 17-02-2017 | 17:03


Perth di Australia Barat bisa dikelilingi tuntas dalam dua hari penuh dengan menggunakan bus gratis. Ya, di Perth tersedia bus gratis keliling kota setiap hari kecuali saat Natal, Good Friday/Jumat Agung & ANZAC Day (25 April, hari untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di medan perang). Nama busnya CAT (Central Area Transit) Bus. Ada 4 zona CAT Bus yakni red, blue, yellow dan green (khusus green hanya beroperasi di weekdays). Frekuensinya cukup banyak, ada yang 5 menit sekali. Jika ke luar kota bisa menggunakan bus Transperth.

Objek-objek wisata berikut ini bisa dicapai dengan CAT Bus gratis. Siapa mau ikut?

 

WESTERN AUSTRALIAN MUSEUM

Kerangka dinosaurus di Western Australian Museum

 

Lokasi: Perth Cultural Centre, James Street

Halte bus: Cat Bus blue, Museum station

Jam buka: Pkl 09.30-17.00

Tiket: Gratis

Ini museum sejarah Australia khususnya Western Australia mulai dari zaman prasejarah di mana ditampilkan batu-batuan alam dan kerangka dinosaurus sampai kondisi alam saat ini. Yang paling menarik buat dikunjungi "Katta Djonoog, First People of West Australia", tentang bangsa  Aborigin, penduduk pertama Benua Australia yang mirip orang Papua. Bangsa Aborigin sekarang sudah banyak yang berasimilasi dengan pendatang dan populasi mereka saat ini hanya sekitar 1,5% dari seluruh penduduk Australia.

 

SWAN BELL

 

Lokasi: Barack Square

Halte bus: Cat Bus blue, Barack Square station

Jam buka (untuk masuk ruangan): Pkl. 10.00 -16.00

Tiket: AUD 18

 

Sebanyak 12 bel atau lonceng dari 18 bel yang ada di lokasi ini asli dari London, yang pernah dipakai di Gereja St. Martin, Trafalgar Square, London. Cuma, interactive demo membunyikan bel tidak setiap hari, hanya ada di hari Rabu dan Jumat pkl.11.30-12.30. Di lantai 6 terdapat open air deck yang biasanya digunakan untuk pemberkatan pernikahan. Dari tempat ini, pemandangan sekeliling kota tampak terlihat jelas. Di depan pintu Swan Bell terdapat deretan gembok-gembok cinta yang berbeda dengan gembok cinta di Dermaga Hati Ancol, Namsan Tower Seoul, maupun gembok cinta di Hohenzollern Bridge Jerman. Di sini semua gemboknya seragam dan nama pasangan yang memasang digrafir di gembok dan pembuatan gembok ini dipesan di Swan Bell.

 

PERTH MINT

 

Lokasi: 310 Hay St, East Perth WA 6004, Australia

Halte bus: Cat Bus red, Perth Mint station

Jam buka: Pkl. 09.00-17.00

Tiket: AUD 15

 

Bangunan Perth Mint bergaya Eropa, konon dibangun selama 3 tahun dengan beberapa material yang diiimpor dari Italia. Ada 3 cabang Royal Mint of London (perusahaan pemerintah Inggris yang membuat koin dan medali) didirikan di Australia yang merupakan negara koloni Inggris ini, karena menyimpan banyak sumber emas. Yakni The Sydney Mint, The Melbourne Mint dan The Perth Mint. Saat ini The Sydney Mint dan The Melbourne Mint sudah tidak lagi beroperasi, sehingga The Perth Mint adalah mint tertua di Australia. Di depan Perth Mint terdapat patung Arthur Bayley dan William Ford, dua orang prospector emas yang 120 tahun lalu menemukan lokasi emas di Fly Flat, Coolgardie (550 km di sebelah timur Perth). Di sini kita dapat melihat koin raksaksa seberat 1 ton dan emas batangan senilai AUD 700.000 serta demo pembuatan emas batangan.

 

LONDON COURT

 

Lokasi: Hay Street

Halte bus: Cat Bus blue atau red, Hay Street station

Jam buka: Toko-toko buka umumnya pkl. 10.00-17.00, kecuali Jumat sampai pkl. 21.00.

 

London Court diresmikan tahun 1937 dan merupakan shopping arcade bergaya Eropa yang menghubungkan Hay Street dan St. George Terrace Street. Di depan shopping arcade yang menghadap Hay Street terdapat jam yang diimpor dari London yang masih berfungsi sampai saat ini.  Mendengarkan bunyinya dan hiasan boneka yang bergerak-gerak setiap jam memberikan hiburan tersendiri. Di sekitar tempat ini juga terdapat banyak pertokoan termasuk toserba besar Myer. Nggak jauh dari London Court terdapat gereja tua yang masih digunakan sampai sekarang yaitu Wesley Church yang terletak di persimpangan jalan Hay Street dan William Street.
 

HIS MAJESTY’S THEATRE

 

Lokasi: 825 Hay Street

Halte bus: Cat Bus red, His Majesty station

 

Selain menonton pertunjukan tari, komedi  atau lainnya (tergantung jadwal), di His Majesty Theater ini kita dapat mengikuti beberapa tur yang diadakan seperti Grand Historical Tours tiap Selasa-Kamis pkl.10.30 dengan biaya AUD 25 per orang, tentang sejarah teater dan melihat area teater. Behind The Scenes & School Education Tours tiap Selasa-Kamis pkl.10.00-16.00 dengan biaya AUD 18,5 per orang, tentang aktivitas di belakang layar sampai kostum-kostum koleksi teater ini, serta Technical Tours tiap Selasa-Kamis pkl.13.00-16.00 dengan biaya AUD 180 per kelompok, tentang teknik panggung dan pencahayaan. Untuk mengikuti semua tur ini kita perlu melakukan reservasi terlebih dahulu melalui web (ptt.wa.gov.au)

 

KINGS PARK

 

Lokasi: Fraser Avenue, West Perth

Halte bus: Cat Bus red atau green, Haverloc station

Jam buka: Pkl. 09.00-17.00

Tiket:  Gratis

 

Taman seluas 406 hektar ini merupakan taman kota terbesar di dunia dan dibuka sejak 10 Agustus 1895 dengan nama Perth Park. Pada tahun 1901 berganti nama menjadi Kings Park. Karena sangat luas, kita dapat memilih mengunjungi beberapa lokasi utama saja seperti  taman di sepanjang Swan River yang menampilkan pemandangan kota, sungai, pohon, serta sebuah tugu untuk mengenang tentara Australia yang gugur dalam perang.  Di taman ini banyak keluarga yang piknik, bersantai duduk di rumput sambil ngobrol dengan pasangan atau sambil mengajak anak-anaknya main.

 

Baca juga "Panduan Cerdas Eksplor Perth"

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto & Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


248

Back to Top