MENYETIR SENDIRI, CARA TERHEMAT BERBURU AURORA DI LOFOTEN NORWEGIA 2017-02-10 00:00

Hamnoy, desa nelayan di Lofoten Islands

 

Lofoten merupakan kepulauan di Norwegia Utara yang terdiri dari beberapa pulau utama di antaranya Austvågøy, Vestvågøy, Flakstadøy dan Moskenesøy. Karena Lofoten terletak di dalam lingkar aurora (Lingkar Artik), jadi hampir di semua tempat di sana saat cerah bisa terlihat aurora.

Pulau-pulau di Lofoten terhubung satu sama lain dengan jembatan atau tunnel-tunnel sehingga transportasi dari ujung pulau yang satu ke ujung pulau lainnya sangat mudah, terutama dengan menyetir sendiri. Di setiap pulau terdapat desa-desa nelayan dengan rorbu (semacam pondokan atau kabin tradisional) khas berwarna merah. Saat musim dingin bau amis tercium dari ikan cod yang tergantung di mana-mana, yang disebut stockfish.

Kepulauan Lofoten memiliki banyak bandara tapi yang paling banyak dituju turis adalah bandara di Kota Svolvvær (ibu kota Lofoten yang berada di Pulau Austvågøy) atau bandara di Kota Leknes (di Pulau Vestvågøy).

Kota-kota atau desa wisata utama di Lofoten antara lain Kabelvåg, Svolvær, Å, Ramberg, Nusfjord, Leknes, Reine.

Informasi umum dan cara ke Norwegia silakan baca di sini.

 

CARA KE LOFOTEN

Dari Oslo kita harus terbang dulu ke Kota Bodø, kota yang masih berada di daratan Norwegia (tepatnya di Nordland County), sebagai gerbang masuk ke Lofoten. Dari  Bandara Gardermoen di Oslo ke Bodø terbang +/-1,5 jam.

Dari Bodø untuk ke kota-kota wisata di Lofoten ada 3 pilihan moda transportasi:

  • Dengan pesawat

Dari Kota Bodø dianjutkan dengan pesawat kecil ke Kota Leknes +/-30 menit, atau bisa juga ke Kota Svolvær 30 menit juga. Harga tiket mulai NKR 1.500 sekali jalan. Perlu dicatat: sesampainya di bandara nggak ada airport express bus. Jadi pilihannya naik taksi atau sewa mobil. 

  • Dengan helikopter

Dari Bodø menuju Kota Værøy, 25 menit. Tiket dapat dibeli online melalui www.lufttransport.no. Harga tiket sekali jalan NKR 845.

  • Dengan kapal ferry atau express boat

Dari Bodø sekitar 3-4 jam menuju Kota Svolvær. Tiket dapat dibeli di www.torghatten-nord.no.

Tiket sekali jalan mulai NKR 366.

 

Marina di Svolvær

 

CARA MENGEKSPLOR LOFOTEN

  • Dengan bus umum

Beroperasi setiap hari dari Kota Narvik (sama dengan Bodø, kota ini berada di daratan Norwegia, di Nordland County) sampai kota Å.

  • Dengan mobil

Menyewa mobil dan menyetirnya sendiri adalah cara termudah untuk mengeksplor Lofoten. Jarak dari ujung ke ujung tanpa berhenti kira-kira 2-2,5 jam dan jalanannya juga bagus dengan hanya 1 jalan utama. Jadi dijamin nggak bakal nyasar. Sepanjang jalan banyak pemandangan yang sangattttt bagus!  Rekomendasi penyewaan mobil: http://www.europcar.no/ dan https://www.hertz.no. Tarif sewa mobil mulai NKR 850/hari (tergantung jenis mobil) dan nggak termasuk bensin.

  • Sepeda

Cocok bersepeda terutama di musim panas. Tarif sewa sepeda mulai NKR 200/hari.

 

AKTIVITAS SELAIN KELILING PULAU

Musim Dingin

  • Berburu Aurora Borealis

Pada September hingga April Aurora Borealis dapat dilihat di Lofoten. Kita hanya perlu menyetir ke tempat gelap yang tanpa polusi cahaya dan duduk menunggu dia datang. Kalau langit cerah, pasti dia menunjukkan diri, antara jam 8 malam sampai jam 2 dinihari. Karena Lofoten terletak di dalam lingkar aurora (Lingkar Artik), jadi hampir di semua tempat di sana saat cerah bisa terlihat aurora. Tapi biasanya tempat yang lebih sepi yang jadi favorit seperti Kota Å dan Reine. Selain pergi sendiri, bisa juga ikut trip khusus berburu aurora. Durasi 1 kali trip sekitar 3-4 jam dengan biaya NKR 570/orang. Setiap penginapan biasanya menawarkan trip berburu aurora.

 

Aurora Borealis di dekat Kota Leknes

 

  • Memancing

Waktu terbaik untuk memancing Januari hingga April saat gerombolan ikan cod berpindah tempat menuju pesisir Norwegia.

 

  • Main Ski

Banyaknya gunung salju di Lofoten membuat aktivitas ini populer di musim dingin. Bisa untuk level pemula sampai yang sudah ahli. Harga mulai NKR 625 hingga 5.800. Dari durasi sekian jam, sekian hari, bahkan mingguan. Rekomendasi operator ski: http://www.nordnorskklatreskole.no/ dan http://www.alpineguides.no/

 

  • Sea Safari

Menyusuri Trollfjorden, salah satu fjord spektakuler di Norwegia dengan kapal.

 

  • Hiking, Gowes, Caving

Dilakukan saat musim panas.

 

OBYEK-OBYEK YANG MENARIK DIKUNJUNGI

Vågan Kirke di Kabelvåg

Merupakan gereja kayu kedua terbesar di Norwegia. Tiket masuk NKR 30, yang digunakan sebagai biaya pemeliharaan gereja. Buka pkl.10.00-18.00 (Senin–Sabtu) dan pkl.12.00-18.00 (Minggu bulan Juni–Agustus).

 

Marina kecil di Kabelvåg

 

 

Berjarak hanya 5 km barat daya Svolvær. Bisa berfoto-foto dan duduk santai aja di sekitar marina.

 

Lofotr Viking Museum

 

Berada di Vestvågøya, hanya berjarak 14 km dari Kota Leknes. Museum ini berisi tentang gambaran kehidupan Bangsa Viking zaman dulu. Buka sepanjang tahun. Tiket masuk: NKR 120 (dewasa) dan NKR 60 (anak-anak).

 

Nusfjord

 

Salah satu desa nelayan tertua di Norwegia. Desa ini dikelilingi oleh rorbu di sekeliling pelabuhan kecilnya. Tiket masuk NKR 30.

 

Flakstad Beach

 

Pantai berpasit putih yang terletak di Desa Ramberg. Di musim dingin pun ada orang yang surfing lho!

 

 

Å (dibaca “Oh”)

 

Desa nelayan ini erletak di paling selatan Pulau Moskenesøya. Sangat terkenal dengan stockfishnya, bahkan di sini ada Lofoten Stockfish Museum.

 

Reine

 

Sering disebut sebagai desa nelayan terindah di Norwegia. Cukup dilihat dari jalan raya, desa ini sudah memberikan lansekap yang sangat indah dengan laguna dan latar belakang gunung batu Reinebringen.

 

Hamnøy

Desa nelayan yang indah ini berjarak hanya 1,5 km dari Reine.

 

PENGINAPAN

 Selain hotel, penginapan di Lofoten pada umumnya berbentuk rorbu (kabin tradisional nelayan berwarna merah) yang sudah dibuat versi modern dengan berbagai fasilitas. Harga bervariasi mulai NKR 1.000/malam. Untuk versi murahnya, hostel sangat jarang di sini. Lebih banyak camping ground yang biasa ramai pada musim panas. Harga mulai NKR 150/orang/malam.  

Rekomendasi penginapan:

  • Svinøya Rorbuer (svinoya.no)

Terletak di sebelah Pelabuhan Svolvær. View-nya sangat menarik: laut dan gunung. Di sini juga ada sebuah restoran terkenal yaitu Børsen Spiseri Restaurant. Menyajikan menu khas Artik. Harga menu utama mulai NKR 250.

 

 

  • Eliassen Rorbuer (www.rorbuer.no)

Berada di pulau kecil Hamnøy, sangat dekat ke Reine. Terdiri dari 26 fisherman cabin dengan view berbeda-beda: laut, gunung dan fjord. Harga kamar: NKR 890–1.290 (low season), NKR 990-1.590 (summer), NKR 1.190–1.790 (winter).

Catatan penting:

Di musim dingin sangat sedikit restoran yang buka pada siang hari. Jadi sebaiknya pilihlah penginapan yang ada dapurnya sehingga bisa masak untuk makan pagi dan siang.

 

Tips hemat eksplor Lofoten: Pergilah berempat sehingga bisa sharing kabin dan juga mobil.

 

Semua harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Teks: Jetty Mardona Foto: Jetty Mardona, Shutterstock
Comment
rini

halo, salam kenal pak .. sy juga rencana berangkat ke norway ber2 dengan teman tgl 29 jan sampe 12 feb start dr oslo, bergen, sampe tromso balik dr finlad, bisa sharing2 itinerary nih

2019-09-25
Mayawati

SIM internasional yg dikeluarkan Kepolisian RI berlaku di Norway dan di negara mana pun. Jangan lupa bawa SIM aslinya

2019-04-20
devin

Hi, salam kenal saya berencana road trip ke norway dengan istri dan 1 anak saya yang berusia 2 tahun. Kami berencana mengeksplor norway dengan road trip. Dan berencana juga mengunjungi sewdia di febuari musim dingin 2019. Pertanyaan saya, Mw menanyakan apakah sim kita sim indonesia atau international driving permit yg dikekuarin indo berlaku untuk menyetir di norway? Terima kasih

2019-04-19
rini

halo, salam kenal pak .. sy juga rencana berangkat ke norway ber2 dengan teman tgl 29 jan sampe 12 feb start dr oslo, bergen, sampe tromso balik dr finlad, bisa sharing2 itinerary nih

2019-09-25