YA AURORA, YA FJORD, YA TROLLTUNGA, ITULAH YANG DICARI TURIS DI NORWEGIA

YA AURORA, YA FJORD, YA TROLLTUNGA, ITULAH YANG DICARI TURIS DI NORWEGIA

Thursday, 09-02-2017 | 13:52

Aurora Borealis di Lofoten Islands

 

Menonton Aurora Borealis di ujung utara bumi menjadi impian banyak orang. Namun sayang, biayanya mahal selangit, dan belum tentu juga si aurora nongol di depan kita walaupun sudah ditunggu berhari-hari. Faktor luck sangat berperan. Salah satu negara yang disinggahi sang aurora menari adalah Norwegia. Negeri di ujung utara Benua Eropa yang menghadap Laut Artik (bagian dari Samudera Atlantik) ini tak hanya menawarkan aurora tapi juga wisata winter lainnya. Lofoten Islands, Tromsø dan Svalbard adalah tempat-tempat di Norwegia yang biasa dituju turis demi aurora.

 

INFORMASI UMUM

Letak: Norwegia berada di bagian barat Semenanjung Skandinavia di Eropa Utara, yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia dan Rusia.

Ibu kota: Oslo, dengan bandara internasionalnya, Gardermoen.

Luas: 385.525 km2 (lebih kecil dari Sumatera). Dengan garis pantai >25.000 km dan banyak sekali pulau di sekitarnya. Terbagi menjadi 19 county dan 2 wilayah teritori yaitu Jan Mayen dan Svalbard.

Zona waktu:  GMT+1 saat musim dingin (6 jam lebih lambat dari WIB), GMT+2 di musim lainnya. Sama dengan negara-negara Eropa lainnya.

Bahasa: Bahasa Norwegia (Bahasa Norsk), dan di bagian utara >20.000 penduduk berbahasa Sami. Tapi rata rata orang Norwegia lancar berbahasa Inggris.

Mata uang: Norwegian Krone (NKR atau NOK). NKR 1= +/- Rp 1.600.

Di Indonesia hampir tidak ada money changer yang menyediakan NKR. Jadi cukup siapkan USD atau EUR dan tukarkan saat tiba di Gardermoen Airport, Oslo. Kursnya juga cukup bagus.

Kode telepon: +47

Plug: Colokan dua kaki sama dengan Indonesia.

Tipping: Biasanya service dan tip sudah termasuk dalam bon di restoran. Untuk taksi tidak perlu tip tapi kebiasaan di sana adalah pembulatan ke atas.

Wifi: Banyak tersedia di tempat umum, hanya saja nggak selalu gratis. Tarif biasanya NKR 60/jam.

Air minum: Tap water di kota-kota besar boleh diminum. Pastikan selalu membawa tempat minum karena minuman di Norwegia sangat mahal.

Toilet: Banyak tersedia di tempat umum tapi sebagian harus bayar NKR 10.

Mengemudi: Kebalikan dari Indonesia, setirnya di sebelah kiri, dan kendaraan berjalan di bagian kanan jalan. Sebagai turis kita bisa memakai SIM internasional untuk nyetir di sana.

 

VISA

Visa yang dibutuhkan adalah Visa Schengen. Untuk mengurusnya harus melalui perwakilan yaitu VFS Global. Silakan masuk ke link berikut untuk info lebih jelas: http://www.vfsglobal.com/Norway/Indonesia/index.html

Ingat! Minta multiple entry kalau berencana mengunjungi Svalbard.

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

Untuk melihat aurora harus musim dingin, terutama Oktober-Desember. Januari-Februari juga masih ada aurora tapi terlalu dingin bagi kita. Tapi kalau bukan untuk aurora tentunya musim panas, Mei-Juli, paling pas.

 

CARA KE SANA

Beberapa maskapai seperti Qatar, Emirates, Turkish dan KLM melayani penerbangan Jakarta-Oslo.

Harga tiket PP normal sekitar USD 1.200-1.500.

Total perjalanan +/-17 jam termasuk sekali transit.

 

BUJET YANG HARUS DISIAPKAN

Untuk perjalanan total 13 hari eksplor Lofoten Islands, Tromsø dan Svalbard, bujet yang harus dibobol dari tabungan +/-USD 7.000. Itu sudah termasuk tiket pesawat PP dari Jakarta, tiket pesawat domestik di Norwegia, sewa mobil untuk keliling, hotel yang bagus (bukan kemping), trip berburu aurora berkali-kali, aktivitas winter lainnya, dan makan.

 

APA ITU AURORA BOREALIS?

Aurora Borealis di Tromso

 

Aurora adalah fenomena alam yang berupa pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnet yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan matahari. Cahaya yang menyala-nyala itu terdiri dari warna merah, hijau, kuning, pink dan biru. Aurora baru bisa dilihat saat langit sangat cerah dan di tempat dengan tingkat polusi cahaya nol. Aurora terlihat di sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan. Aurora di daerah utara dikenal dengan nama Aurora Borealis ,sedangkan yang  di selatan dikenal dengan Aurora Australis.

 

APA ITU FJORD?

Fjord itu semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau glacier (bongkahan es yang sangat besar). Karenanya fjord bisa sangat dalam dan panjang; membentuk kontur maha dahsyat yang bikin napas berhenti demi melihatnya. Fjord banyak ditemukan di negara-negara Skandinavia dan Amerika Utara. Salah satu fjord paling terkenal di Norwegia adalah Sognefjord yang panjangnya 203 km –salah satu fjord terpanjang di dunia.

 

APA ITU TROLLTUNGA?

Trolltunga

 

Trolltunga adalah salah satu tebing paling spektakuler di Norwegia yang foto-fotonya banyak dipakai untuk mewakili Norwegia. Lidah batu yang menjorok di tepi tebing itu berada di ketinggian 1.100 mdpl, dan menggantung 700 m di atas Danau Ringedalsvatnet di  Skjeggedal. Trekking ke sini butuh 8-10 jam total untuk bolak-balik dan ketinggian yang didaki 900 m. Dimungkinkan trekking ke sini antara mid Juni, saat salju di gunung sudah meleleh, sampai mid September.

 

Tentang Lofoten Islands, Tromsø dan Svalbard akan dibahas dalam tulisan terpisah. Ikuti terus ya...

Teks: Jetty Mardona Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


328

Back to Top