TAM COC, MIRIP RAMANG-RAMANG ATAU HALONG BAY ON LAND?

TAM COC, MIRIP RAMANG-RAMANG ATAU HALONG BAY ON LAND?

Monday, 06-02-2017 | 18:04

 

Ada yang bilang lokasi wisata di Vietnam ini mirip Ramang-Ramang, ada juga yang menyebutnya  Halong Bay versi sungai. Tam Coc nama tempatnya, yang memang dikenal juga dengan julukan “Halong Bay on Land” atau “Halong Bay on The River”.

 

WISATA SUNGAI DI VIETNAM BAGIAN UTARA

Tam Coc terletak di Provinsi Ninh Binh di Vietnam bagian utara, di tenggara Kota Hanoi. Merupakan satu kawasan di mana mengalir Sungai Ngo Dong yang di kiri kanannya terdapat persawahan membentang dan perbukitan karst menjulang. Di beberapa lokasi juga terdapat gua yang jumlahnya ada tiga. Memang Tam Coc sendiri berarti “three caves” (3 gua), yaitu Hang Ca, Hang Hai, Hang Ba.

 

Sungai di kawasan ini bisa disusuri turis dengan naik perahu sambil menikmati pemandangan sawah yang bergradasi warnanya dari hijau sampai kuning di sisi kanan dan kiri. Uniknya, sawah tersebut berbatasan langsung dengan air sungai tanpa adanya pematang sawah. Dengan menaiki perahu besi yang ceper dan agak lebih lebar dari perahu biasa maka seakan-akan kita melayang menyusuri sungai. Jika pandangan dialihkan ke atas maka kita akan melihat bukit-bukit karst menjulang dengan kabut tipis menyelimuti puncak-puncaknya. Pemandangan ini mengingatkan pada Ramang-Ramang di Sulsel. Awesome!

 

Susur sungai dengan perahu

 

Asyiknya lagi, para pendayung perahu sebagian besar adalah ibu-ibu dan cara mereka mendayung juga tidak biasa. Selain dengan kedua tangan, terkadang mereka juga menggunakan kedua kakinya untuk mendayung. Bravo!

 

Satu perahu bisa diisi 3-4 orang termasuk pendayungnya. Sayangnya rata-rata pendayung nggak bisa berbahasa Inggris tapi mereka akan berusaha menjelaskan sebisanya dengan bahasa isyarat atau menunjukkan jika ada sesuatu yang menarik untuk dilihat di sepanjang perjalanan.

 

Perjalanan menyusuri sungai membutuhkan 2-3 jam, dengan melewati 3 gua. Gua pertama yang dilewati (penumpang tetap di atas perahu) adalah Hang Ca, gua terpanjang (+/-100 m), yang kedua Hang Hai (+/-70 m), dan yang terakhir yang terpendek adalah Hang Ba (+/-40 m). Usai melewati 3 gua ini maka perahu akan berputar balik dengan rute yang sama. Setelah melewati jembatan maka perjalanan menyusuri sungai ini berakhir.

 

Melewati gua

 

O ya, hati-hati dengan kondisi gua yang gelap. Lebih bijaksana tidak berdiri di atas perahu dan waspada. Kalau nggak, bisa benjol kena stalaktit.

 

 

GO SHOW ATAU BELI PAKET?

Cara paling mudah, dari Hanoi ambil paket one day trip dari hotel. Biasanya dijual sebagai paket Hoa Lu-Tam Coc dengan harga USD 30-40/orang (pkl.09.00-19.00), sudah termasuk naik mobil van ber-AC, makan siang, tiket masuk, pemandu, plus sewa sepeda berkeliling pedalaman Tam Coc +/-1 jam. Hoa Lu merupakan tempat kerajaan lama Vietnam, yang letaknya memang berdekatan dengan Tam Coc. Tapi kalau nggak minat dengan Hoa Lu, go show saja, pergi sendiri. Beli tiket perahu langsung di Tam Coc.

 

Dermaga perahu

 

BAGAIMANA CARA KE SANA?

-          Dari Jakarta ambil penerbangan ke Hanoi dengan AirAsia, Vietnam Airlines atau Singapore Airlines. Durasi +/-4 jam, nggak termasuk transit.

-          Dari Giap Bat Station di Hanoi naik bus ke arah Ninh Binh (110 km) selama +/- 2,5 jam, dilanjutkan sewa motor (bawa sendiri) atau sepeda ke arah Tam Coc (6 km) selama 15-30 menit. Tiket bus bervariasi antara VND 60.000-140.0000 sekali jalan tergantung tingkat kenyamanan bus. Bus berangkat dengan interval 10-15 menit mulai jam 6 pagi sampai 5 sore. Patokan sewa motor VND 100.000/hari nggak termasuk bahan bakar. Tiket masuk (termasuk perahu) bisa dibeli langsung di dermaga tempat perahu-perahu bersandar di Tam Coc. Jadi bisa pergi go show dan keburu pulang hari ke Hanoi. Kalau nggak bisa mengendarai motor atau sepeda, bisa nego carter mobil atau ojek, tapi harap hati-hati, jangan sampai kena scam.

 

KAPAN WAKTU TERBAIKNYA?

Sekitar Oktober-November, suhu udara 23-27 derajat Celcius. Karena pada saat itu padinya mulai menguning sehingga ada gradasi warna hijau-kuning yang OK banget! Selain itu supaya nggak terlalu panas juga.

 

 

TIPS PENTING

-       Hati-hati dengan scam pendayung yang minta dibelikan minum dengan alasan haus. Jika dituruti maka pendayung akan mengambil sebanyak-banyaknya minuman dan makanan yang bisa dia ambil dan kita yang harus membayar tentunya. Makanan dan minuman tersebut akan diretur kembali nanti ke penjualnya. Jadi lebih baik cukup berikan tip USD 2 setelah selesai.  

-       Jika terlanjur nggak bawa minuman dan terpaksa membelinya dari penjual yang keliling dengan perahu, tanya dulu harganya sebelum membeli. Kalau nggak begitu, jangan heran harga sekaleng minuman bisa 3X lipat harga normal. Jika batal membeli tolaklah dengan tegas. Biarkan saja kalau yang jual marah-marah, itu trik mereka.

-       Sepanjang menyusuri sungai akan ada tukang foto yang mengambil foto-foto turis dari perahu, yang nantinya akan dijual. Kalau nggak minat, acuhkan saja walau mereka memaksa kita untuk membeli foto-foto tersebut.

(Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Teks: Erl Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


799

Back to Top