MARI BERKUNJUNG KE TEMPAT NENEK MOYANG KITA BERASAL: YUNNAN!

MARI BERKUNJUNG KE TEMPAT NENEK MOYANG KITA BERASAL: YUNNAN!

Tuesday, 24-01-2017 | 16:48

Tanah merah di Kunming

 

Bicara tentang China, tak cukup hanya menyebutkan Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Guilin. Lupakan sejenak nama-nama beken itu, dan bayangkan sebuah musim semi di tengah danau dengan latar belakang gunung es bermandikan sinar matahari. Lansekap berkontur dengan tanah mineral berundak-undak. Teras sawah bak cermin abadi bagi sang surya. Berbagai jenis dan ukuran batu dengan pahatan kekar berdiri gagah mengawal kejayaan sejarah. Belum lagi puncak gunung yang menjulang nyaris bersalaman dengan awan. Dan lekuk ngarai berotot gagah yang mengawal lekukan sensual Sungai Yangtze yang tersohor itu. Itulah Yunnan! Tempat nenek moyang Bangsa Indonesia berasal.

 

DI MANA LETAK YUNNAN?
Yunnan adalah salah satu provinsi di China yang terletak di barat daya Daratan China, dengan
ibu kota Kunming. Luasnya 394.000 km² (masih lebih kecil sedikit dari Sumatera). Di sebelah barat berbatasan dengan Tibet, di utara dengan Provinsi Sichuan, di timur dengan Provinsi Guangxi dan Guizhou. Dan sepanjang 4.060 km di sisi barat dan selatan berbatasan langsung dengan tiga negara yaitu Myanmar, Laos dan Vietnam.

Kota-kota wisata utamanya selain Kunming yaitu Dongchuan (Hong Tu Di), Jianshui, Yuanyang, Dali, Shaxi, Lijiang, Shangrila.

 

VISA

Untuk memasuki China kita harus memiliki Visa China yang umumnya berlaku 3 bulan. Syaratnya, selain menyerahkan paspor asli, cukup melengkapi pasfoto berwarna dengan latar belakang putih (ingat, harus putih bersih ya!) ukuran 4x6 sebanyak dua lembar, fotokopi KTP dan Kartu Keluarga, salinan tiket dan pemesanan hotel serta jadwal perjalanan lengkap.

 

ZONA WAKTU

China yang demikian luas hanya memberlakukan satu zona waktu, GMT+8 (sama dengan WITA).

 

MATA UANG

RMB (Renminbi) atau CNY (Chinese Yuan). RMB 1 =+/- Rp 2.000.

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Tiger Leaping Gorge, cuaca cerah

 

Cuaca yang bersahabat membuat Yunnan menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi sepanjang tahun. Tapi setiap tempat memiliki saat terbaiknya. Yuanyang ideal di musim hujan ketika sawah-sawah penuh terisi air. Dongchuan paling cantik di awal musim gugur. Trekking di Tiger Leaping Gorge lebih nyaman di bulan April ketika sinar matahari cukup hangat dan tidak hujan. Desa-desa di kaki gunung Jade Dragon Snow Mountain memiliki waktu berbunganya masing-masing sesuai dengan perubahan iklim di sana.

 

CARA KE YUNNAN

Dari Jakarta:

Belum ada penerbangan langsung Jakarta-Kunming. Dua pilihan maskapai yang ramah di kantong:

  • AirAsia. Tidak ada fly through Jakarta-Kunming, jadi harus membeli 2 sektor penerbangan, Jakarta-Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur-Kunming. Durasi Jakarta-KL 2 jam, KL-Kunming 4 jam.
  • China Southern. Jakarta-Kunming transit di Guangzhou. Memang enak connecting, tapi dengan waktu transit 3-7 jam, total durasi perjalanan mencapai 11-14 jam.

Dari Beijing: Dengan Sichuan Airlines ke Kunming. Durasi +/-3,5 jam.  Nggak disarankan naik kereta karena >30 jam dan lebih mahal dari pesawat.

Dari Shanghai: Dengan Sichuan Airlines ke Kunming. Durasi: 3 jam 20 menit.
 

 

 

TRANSPORTASI ANTARKOTA

1. Bus Antarkota

Ini alternatif paling populer serta murah meriah yang menghubungkan hampir semua kota di Yunnan. Untuk jadwal dan harga tiket bisa dicek di www.chinabusguide.com. Perhatikan stasiun bus pemberangkatan dan pemberhentian akhir karena satu kota bisa memiliki lebih dari satu stasiun bus antarkota.

2. Kereta Api

Alternatif ini hanya bisa dilakukan antara 3 kota yang memiliki stasiun kereta api: Kunming, Dali dan Lijiang. Untuk jadwal dan harga tiket terkini sebaiknya selalu cek di www.chinatrainguide.com.

3. Pesawat

Pemesanan tiket pesawat domestik bisa dilakukan melalui situs english.ctrip.com untuk kota-kota yang memiliki bandara: Kunming, Dali, Lijiang dan Shangrila.

4. Mobil Carter

Opsi paling praktis dan nyaman (sekaligus hemat kalau pergi minimal 3 orang) adalah menyewa kendaraan pribadi jenis MPV. Sangat menguntungkan bagi yang suka blusukan dan bawa banyak barang. Harga sewa biasanya sudah all-in, bervariasi dari RMB 500-900/hari, tergantung jenis kendaraan, jarak dan kesulitan medan. Untuk makan, umumnya supir diajak makan bersama (sekaligus bantu memilihkan menu dan rekomendasi makanan).

 

Referensi Supir:

MyTrip punya dua referensi, keduanya menyewakan kendaraan dengan kualitas layanan baik sekaligus bisa bertindak sebagai komunikator dengan supir, bahkan bisa jadi pemandu pribadi.

  1. Ebenezer Hui (untuk Dali, Lijiang, Shangrila): ebenezerhui@163.com . HP: +86 15987948933
  2. John Xie (untuk Kunming, Jianshui, Yuanyang): johnxie@189.cn. HP: +86 13354949490

 

OBYEK-OBYEK WISATANYA

KUNMING: Stone Forest (Shi Lin), Green Lake (Cui Hu), Wangfujing Shopping Centre.

 

Stone Forest

 

JIANSHUI: Jianshui Ancient Town, Chaoyang Tower, Confucious Temple (Wenmiao), Zhu Garden, Tuanshan Village, Double Dragon Bridge.

YUANYANG: persawahan berundak-undak terutama di Laohuzhui, Bada dan Duoyishu; desa adat Hani.

 

Persawahan spektakuler

 

DALI: Dali Old Town, The Three Pagoda, Erhai Lake (rute-rutenya:  Panxi, Xizhou, Zhouzheng, Shuanglang, Wan Se dan Hai Dong.

 

The Three Pagoda

 

SHAXI: Sideng Friday Market, Shibaoshan (Baoxiang Temple dan Shizhong Temple).

LIJIANG: Jade Dragon Snow Mountain (Yulong Mountain), Yuhu Village, Lashi Lake, Shuhe Old Town, Tiger Leaping Gorge (Hu Tiao Xia).

SHANGRILA: Dukezong, Potatso National Park, Songzanlin Monastery.

Teks: Christina Wibisono Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


158

Back to Top