TIPS & PANDUAN MANDI DI ONSEN

TIPS & PANDUAN MANDI DI ONSEN

Sunday, 08-01-2017 | 10:43

 

Salah satu aktivitas “must do” di Jepang yang sayang banget kalau dilewatkan adalah berendam di onsen. Onsen berarti hot spring atau air panas alami. Karena Jepang adalah negeri yang sarat gunung berapi, nggak heran kalau banyak onsen di mana-mana. Dan onsen telah menjadi bagian penting atau atraksi utama pariwisata Jepang.

Tapi mungkin sebagian dari Trippers ragu untuk berendam di onsen. Takut kikuk, takut jadi bahan tertawaan, karena nggak ngerti tata caranya. Nih, MyTrip kasih tips dan panduannya ya...

 

PERLU TAHU:

Aktivitas ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang nggak malu (bukan nggak tahu malu ya...) karena mandi atau berendam di onsen harus telanjang. Jangan takut, setelah beberapa kali mencoba, dijamin Anda akan cuek. Lagipula, onsen pada umumnya memisahkan ruang untuk pria dan wanita.

 

 

Tempat pemandian biasanya dibagi menjadi beberapa area: ruang ganti, tempat membersihkan badan dan kolam onsen sendiri (bisa di dalam atau di luar ruangan).

 

ETIKA MANDI:

  1. Tanggalkan baju di ruang ganti. Letakkan baju di keranjang yang tersedia.  Barang berharga disimpan di loker. 
  2. Anda wajib mandi sebelum berendam di onsen. Sabun dan sampo biasanya disediakan. Tempat mandi tidak ada penyekat, jadi waktu mandi pun bersebelahan dengan orang lain.
  3. Selesai berendam di onsen, bilas tubuh Anda dengan air bersih dan  keringkan badan dengan handuk kecil (supaya air tidak menetes) sebelum kembali ke ruang ganti.
  4. Di ruang ganti, keringkan badan dan berpakaianlah kembali. Sisir dan hair dryer biasanya disediakan.

 

 

JANGAN:

  • Jangan lupa bawa handuk besar (untuk mengeringkan badan di ruang ganti) dan handuk kecil (untuk mengeringkan badan sebelum kembali ke ruang ganti; juga bisa digunakan untuk menutupi bagian sensitif bagi yang masih malu-malu).
  • Jangan memakai baju renang di kolam onsen.
  • Jangan melompat ke kolam onsen. Masuklah pelan-pelan.
  • Jangan menatap orang lain lama-lama. Nggak sopan.
  • Dilarang berbicara keras-keras selama berendam.
  • Jangan berenang di kolam onsen.
  • Jangan bersabun di kolam onsen.
  • Jangan membawa kamera atau alat foto lainnya.

 

 

Sudah siap mandi di onsen? Yuuk... Eh, beli tiket ke Jepangnya dulu.

Teks: Zuriah Saibun Foto: Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


461

Back to Top